Cara Melacak Hp iPhone

Hal yang paling merepotkan adalah ketika kita harus kehilangan benda yang kita sayangi. Apalagi jika benda itu selain bernilai jual tinggi juga menyimpan sejumlah data-data penting yang tidak boleh orang tahu. Sama halnya ketika Kamu harus kehilangan iPhone-mu. Meskipun mungkin reaksi awal saat kehilangan iphone kesayangan pasti akan shock, namun tentu saja jangan larut dalam penyesalan tanpa memikirkan gimana cara melacak hp iphone kesayanganmu.

Kita tahu bahwa hp iPhone terkenal sebagai hp eksklusif yang terkenal mahal. Akan tetapi tingginya harga jual Apple sendiri tentu saja sebanding dengan spesifikasi, fitur, kualitas dan tingkat kemewahan iPhone. Oleh karena itu, wajar jika harga jual iPhone yang bekas sekalipun tetap stabil.

Cara Melacak Hp iPhone

Cara Melacak Hp iPhone
Melacak Hp iPhone yang Hilang

Melacak Hp iPhone Dengan Mudah

iPhone sebagai hp masa kini, tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja. Melainkan semua data rekening bank, transaksi pribadi, hingga dokumen rahasia telah tersimpan di iPhone. Tidak hanya hardware-nya yang berharga, tetapi juga semua data yang tersimpan pada iPhone pun sangat penting. Jadi jangan sampai semua data yang tersimpan tersebut disalahgunakan. Inilah pentingnya cara melacak hp iPhone, sesaat setelah Kamu kehilangan hp iPhone terbaikmu.

Apalagi minat terhadap hp iPhone yang begitu tinggi tidak sebanding daya belinya. Inilah yang membuat banyak orang semakin berlomba membeli iPhone curian yang harganya miring. Walaupun tidak ada jaminan akan mendapatkan iPhone-mu yang hilang kembali, setidaknya Kamu dapat mencegah perangkat tersebut digunakan atau dijual kembali oleh pihak tak bertanggung jawab.

1. Tutorial Melacak Hp iPhone yang Hilang Dengan Find My iPhone

Cara melacak hp iphone yang pertama ialah Kamu harus sudah mengaktifkan layanan Find My iPhone di layar ponsel. Sebenarnya fitur tersebut sangat wajib diaktifkan. Fitur ini selain berguna untuk melacak ipHone yang hilang saja, melainkan juga memungkinkanmu untuk melakukan share lokasi bersama teman, keluarga atau orang terdekat.

Misalnya saja, Kmau memakai iPhone dengan versi iOS 13. Jika belum update ke versi iOS 13, caranya bisa saja berbeda. Ini dia cara melacak hp iPhone memakai Find My iPhone :

  • Pertama-tama silahkan buka “Find my iPhone” di perangkat lain. Akses fitur ini lewat Hp secara langsung atau bisa juga dengan mengunjungi https://www.icloud.com/find melalui web browser.
  • Masuk memakai Apple ID yang sudah kamu daftarkan sebelumnya di iPhone yang hilang. Jika kamu memakai iPhone milik temanmu, pastikan untuk langsung sign out akun Apple ID tersebut sesudah digunakan.
  • Jika sudah masuk di Apple ID, Kamu bisa melihat perangkat iPhone milikmu yang sudah terdaftar memakai Apple ID. Silahkan pilih iPhone-mu yang dicuri atau hilang.
  • iPhone yang hilang ini bisa terdeteksi lewat peta dan akan terlihat iPhone milikmu menyala. Jika iPhone Kamu dalam kondisi mati, peta akan menunjukkan titik lokasi terakhir perangkat iPhone sebelum mati/dimatikan.
  • Jika lokasi iPhone yang hilang masih disekitarmu, silahkan ketuk Play Sound supaya iPhone mengeluarkan audio dan lebih gampang dicari.
  • Apabila lokasinya jauh dari tempatmu berada dan yakin bahwa iPhone tersebut benar-benar hilang, sebaiknya aktifkan mode hilang. Caranya ialah klik “Lost Mode”.
  • Mode ini akan mengunci perangkat iPhone, kemudian menampilkan nomor Hp dan pesan yang dimasukkan di pilihan Find My iPhone.
  • Jika misalnya, yakin perangkat iPhone-hilang bahkan tidak ada harapan lagi untuk kembali, sebaiknya aplikasikan fitur bertuliskan Erase iPhone. Tujuannya agar data-data yang Kamu miliki tidak disalahgunakan.
  • Seluruh data pada iPhone tersebut bisa langsung terhapus. Namun Kamu sudah tidak bisa memakai Find My iPhone kembali.

2. Tutorial Melacak Hp iPhone yang Hilang Dalam Keadaan Offline

Cara melacak hp iphone yang hilang berikutnya jika perangkat iPhone Kamu dalam keadaan offline. Caranya memang tak jauh berbeda dari cara di atas. Kamu bisa memakai perangkat iPhone lain milik teman atau keluarga. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Find My App, login terlebih dulu jika menggunakan iPhone milik teman.
  • Silahkan buka opsi “Device”.
  • Pilih perangkat iPhone Kamu yang hilang di tampilan pop up, apabila iPhone dalam keadaan mati, maka perangkat biasanya akan diperlihatkan layar hitam.
  • Setelah itu, tekan opsi “Notify When Found” dimana pilihan tersebut dimanfaatkan untuk mengirimkan titik lokasi saat hp menyala.
  • Cara selanjutnya, dapat Kamu ambil sesudah menerima pemberitahuan lokasi hp. Jika khawatir hp tidak juga mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi, Kamu bisa menghubungi polisi dan informasikan IMEI iPhone milikmu.
  • Jika Kamu melakukannya tanpa panik, maka langkah-langkah di atas dapat dilakukan tanpa hambatan.

3. Tutorial Melacak Hp iPhone yang Hilang Dengan Android

Bagi Kamu yang tidak mempunyai gadget iPhone yang lain dan tak ada teman atau keluarga yang dapat dipinjami, tentu bisa mengambil langkah ini.  Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka web browser andorid lalu login ke link iCloud.com memakai Apple ID yang sama seperti iPhone Kamu yang hilang.
  • Silahkan pilih aplikasi Find iPhone dan pilih perangkat Apple yang hilang.
  • Setelah itu, Kamu tinggal mengikuti metode untuk menemukan perangkat iPhone menggunakna opsi Find My App di atas.

4. Tutorial Melacak iPhone yang Hilang Dengan IMEI

Sebenarnya cara melacak hp iPhone yang hilang dengan IMEI tidak segampang jika dibandingkan memakai aplikasi pelcakan seperti Find My iPhone. Salah satu metode pelacakan iPhone dengan memakai nomor IMEI ini bisa dikatakan akurat dengan memanfaatkan triangulasi BTS.

Adapun maksud dari triangulasi BTS sendiri dikarenakan dalam melacak keberadaan iPhone membutuhkan setidaknya 3 unit tower BTS untuk terhubung pada iPhone secara bersamaan.

BTS adalah kependekan dari Base Transceiver Station, dan kita biasanya lebih mengenalnya dengan nama tower signal. Adapun fungsi dari BTS sendiri ialah menghubungkan iPhone milikmu ke dalam operator seluler. BTS biasanya dicat berwarna merah putih.

Selain itu, sebelum melacak keberadaan iPhone. Biasanya pelacak memerlukan beberapa data sensitif berupa LAC, CID dan IMEI yang berfungsi untuk mengidentifikasi hp dan menentukan lokasi penarian. Sehingga pelacakan tak dapat dilakukan jika hanya memakai IMEI.

Setiap Kamu terhubung pada sebuah BTS, perangkat iPhone selanjutnya akan mengirimkan beberapa data sensitif berupa CID dan LAC. Dengan demikian untuk memperoleh data ini, Kamu harus memiliki akses menuju BTS. Tapi dikarenakan data tersebut bersifat rahasia, biasanya operator seluler tertentu tak akan membukanya begitu saja.

Jadi intinya, metode pelacakan hp iPhone dengan IMEI memerlukan proses yang panjang karena melibatkan pihak kepolisian dan operator seluler. Kamu harus mempertimbangkan hal ini sebelum melakukan metode yang satu ini.

Pilih Metode Pelacakan iPhone Paling Mudah

Setelah membahas cara melacak hp iphone di atas, kini Kamu tinggal memilih mana cara yang bisa Kamu gunakan. Pilih cara paling praktis, mudah dan efektif. Meskipun mungkin Kamu sulit menemukan kembali iPhone yang hilang, setidaknya Kamu sudah berusaha mengamankan data-data yang ada di dalamnya. Tujuannya agar tidak disalahgunakan atau dimanipulasi si pencurinya itu sendiri.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019