Cara Menghapus Akun Twitter

  • Whatsapp

Apakah kamu sudah jenuh dengan Twitter? Adakah cara menghapus akun twitter yang mudah dan cepat? Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Twitter dengan mudah dan cepat menggunakan berbagai perangkat.

Perjalanan Twitter

Sebagai situs sosial media, Twitter saat ini termasuk dalam jajaran sosial media teratas di jagad dunia. Pasalnya, pengguna aktif harian Twitter saat ini sudah mencapai angka 160 jutaan. Angka ini tentu merupakan buah hasil dari fitur-fitur yang ditawarkan Twitter kepada penggunanya. User Interface yang simpel dan terfokus pada tulisan yang disebut “tweets” membuat situs ini menjadi situs paling favorit untuk mengeluarkan ocehan. Hampir tak ada pengguna yang berpikir untuk menghapus akun Twitternya saat itu.

Read More

Namun, beberapa fitur yang ditawarkan Twitter kepada penggunanya, kerap disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk kepentingan pribadinya. Tak jarang juga, twitter dijadikan sarana berbagi konten dewasa, mengingat tidak adanya filter yang dilakukan oleh pihak Twitter sendiri. Permasalahan ini, tentu membuat sebagian orang jenuh dan berfikir untuk menghapus akun Twitter miliknya.

Kenapa Seseorang Menghapus Akun Twitternya

Sebenarnya, ada lebih banyak masalah di Twitter yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk menghapus akun Twitternya. Anehnya, beberapa masalah itu justru timbul dari fitur yang ditujukan untuk memudahkan penggunanya. Beberapa masalah tersebut antara lain:

  • Pembatasan karakter tulisan. Salah satu perbedaan Twitter dengan situs sosial media lain adalah Twitter memberikan batasan karakter dalam setiap tweetnya. Setiap pengguna hanya boleh menuliskan tweet kurang dari 280 kata tiap 1 tweetnya. Apabila kamu menulis lebih dari itu, Twitter akan secara otomatis membuat tweet mu menjadi rangkaian thread. Bagi sebagian orang, fitur ini dirasa merepotkan dan membuat mereka mencari cara menghapus akun twitter dan berpindah ke sosial media lain.
  • Tweet yang sudah terkirim tidak bisa diedit. Lagi lagi, fitur yang ditawarkan oleh Twitter guna mempermudah penggunanya, justru menjadi pedang yang menusuk kenyamanan para penggunanya. Tweet yang berisi ocehan, kadang keluar dengan sendirinya dari benak seseorang. Kalimat kasar yang terlanjur dikirimkan tentu berpotensi melahirkan konflik. Tak sedikit juga pengguna Twitter dari kalangan public figure terjerat masalah dari cuitan mereka di situs ini. Masalah ini tentu dapat menjadi faktor seseorang menghapus akun Twitter miliknya.
  • Maraknya akun dengan konten dewasa. Bagi sebagian orang, hadirnya akun yang membagikan konten dewasa di Twitter tentu cukup meresahkan. Pasalnya, sebagai sebuah sosial media yang bersifat universal, Twitter harus bisa menciptakan lingkungan yang positif dengan cara menyaring tweet yang masuk. Apabila masalah ini tidak teratasi, pihak yang terganggu bisa memutuskan untuk melakukan penghapusan akun Twitter miliknya.
  • Akun Twitter disalahgunakan. Sebagai sebuah sosial media yang menyimpan data pribadi milik penggunanya, Twitter pun rawan diserang kejahatan cyber. Pembajakan akun dan penyalahgunaan akun sudah menjadi kasus yang nyata di situs sosial media ini. Apabila kamu mendapati akun twittermu dibajak oleh orang lain, segera lakukan penghapusan akun agar tidak terjadi hal hal yang kamu inginkan.
Terkait:  Cara Download Video Smule

Cara Menghapus Akun Twitter

Cara Menghapus Akun Twitter
Cara Menghapus Akun Twitter

Kamu bisa menghapus akun Twittermu dengan sangat mudah, lewat beragai perangkat. Artikel kali ini akan membagikan cara menghapus akun Twitter dalam 3 perangkat berbeda.

Menghapus Akun Twitter Melalui PC/Laptop

Bagi kamu yang menggunakan PC atau Laptop sebagai perangkat untuk menggunakan Twitter, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus akun Twitter milikmu.

  • Masuk ke akun Twitter milikmu.
  • Klik Foto Profil pada pojok kanan atas, lalu klik Pengaturan.
  • Pilih Privasi dan pengaturan.
  • Masuk ke menu Akun dan pilih Nonaktifkan Akun.
  • Masukkan Password akun Twitter milikmu.

Menghapus Akun Twitter Melalui HP Android

Bagi kamu yang menggunakan HP Android sebagai perangkat yang tersambung dengan Twitter, tak ada salahnya bagi kamu untuk menghapus akunn Twittermu melalui HP Android. Menghapus akun dapat dilakukan dengan mudah mengikuti langkah langkah sebagai berikut :

  • Masuk ke aplikasi Twitter di perangkat androidmu.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  • Pilih menu Akun, kemudian pilih Nonaktifkan Akun.
  • Masukkan Password akun Twitter milikmu.

Menghapus Akun Twitter Melalui HP IOS

Bagi kamu pengguna IOS, tak usah khawatir. Mekanisme penghapusan akun Twitter melalui HP IOS sama persis dengan cara menghapus akun Twitter melalui HP Android

  • Masuk ke aplikasi Twitter di perangkat androidmu.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  • Pilih menu Akun, kemudian pilih Nonaktifkan Akun.
  • Masukkan Password akun Twitter milikmu.

Hal Penting Saat Melakukan Penghapusan Akun

Melakukan penghapusan akun tidak membuat akunmu langsung terhapus begitu saja. Diperlukan waktu 30 hari hingga akhirnya Twitter menghapus akunmu secara permanen. Pastikan dalam selang waktu 30 hari tersebut kamu tidak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan akun Twittermu, seperti melakukan login, menggunakan twitter untuk masuk ke dalam sebuah situs, atau hal lainnya.

Terkait:  Cara Mengunci Akun Twitter

Kesalahan Pengguna Saat Penghapusan Akun

Beberapa kesalahan wajar dilakukan oleh seseorang ketika sedang menghapus akun Twitter miliknya. Beberapa kesalahan tersebut terjadi karena kurangnya informasi atau juga karena kelalaian pengguna itu sendiri. Adapun beberapa kesalahan yang dilakukan pengguna saat menghapus akun Twitter miliknya antara lain :

  • Lupa password akun Twitter. Menghapus akun Twitter membutuhkan password sebagai alat verifikasi terakhir. Apabila kamu melupakan password akun Twittermu, segera lakukan permintaan email pengaturan sandi baru.
  • Melakukan login dalam interval 30 hari. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melakukan login dalam interval 30 hari akan mengakibatkan Twitter menganggap akun milikmu masih aktif. Itu artinya, kamu harus memulai proses penghapusan akun Twitter milikmu dari awal lagi.
  • Menggunakan akun Twitter untuk masuk ke dalam sebuah situs. Di era modern saat ini, keamananan berinternet semakin ditingkatkan. Salah satunya adalah kamu diminta menautkan akun sosial mediamu untuk memasuki sebuah situs atau mendapatkan akses dari sana. Apabila secara tidak sengaja kamu menautkan akun Twitter yang sedang kamu hapus saat itu, Twitter akan menganggap akun Twittermu masih aktif dan proses penghapusan dinyatakan gagal.
  • Salah memasukkan password akun Twitter. Hal ini tentu wajar terjadi bagi kamu yang sudah lama tidak melakukan perubahan password akun dan membiarkan akunmu tetap masuk di perangkatmu. Salah memasukkan password akan membuatmu gagal melakukan penghapusan akun. Segera lakukan permintaan email pengaturan sandi baru untuk mengatasi masalah ini.
  • Melakukan uninstall aplikasi. Langkah ini bukanlah langkah yang tepat apabila kamu ingin menghapus akun Twitter milikmu. Uninstall aplikasi Twitter dari perangkatmu hanya akan membersihkan data data aplikasi dari perangkatmu. Hal tersebut tidak akan berdampak apapun pada akunmu. Justru, melakukan uninstall aplikasi akan membuatmu lalai dengan akun Twittermu dan rawan mendapat serangan cyber dari para pelaku pembajakan akun. Akan sangat berbahaya bila akunmu disalahgunakan untuk hal yang tidak baik.
Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Berhati Hati Saat Menghapus Akun Twitter

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus akun Twitter. Menghapus akun Twitter akan memerlukan waktu 30 hari, jadi pastikan untuk tidak melakuka aktivitas apapun selama durasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Related posts