Cara Membuat Website Business

  • Whatsapp

Bagaimana sih cara membuat website business? WhatsApp business ialah sebuah aplikasi chat khusus bagi pemilik bisnis. WhatsApp sendiri telah meluncurkan aplikasi ini sejak tahun 2018 dan langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia. Dengan adanya WA business, dapat dijadikan sebagai alternatif aplikasi perpesanan yang bermanfaat untuk para owner bisnis. Apalagi bagi pemilik usaha online.

Selain itu, aplikasi WhatsApp Business juga membantu para calon pembeli berkomunikasi bersama penjual. Pasalnya mereka dapat bertanya-tanya terlebih dulu sebelum membeli suatu produk. WA Business dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk berbisnis. Karena kita tahu pengguna WhatsApp di Indonesia sendiri sangat banyak. Sehingga Kamu tak perlu lagi meminta kepada calon konsumen untuk menginstal aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi.

Mengenal WhatsApp Business?

WhatsApp Business ialah sebuah aplikasi yang dirancang secara khusus  bagi pemilik bisnis online yang dapat didownload secara gratis. Aplikasiini khusus dibuat oleh pemilik UKM. WhatsApp Business menghadirkan berbagai macam fitur untuk mempermudahmu berkomunikasi bersama pelanggan. Kamu bisa membalas pesan dengan cara otomatis, menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat dan menyortir pesan.

Di samping itu, Kamu juga dapat mendownload WhatsApp Business baik lewat iOS ataupun android. Sejak diluncurkan pertama kali, Indonesia bisa berbangga sebab telah menjadi pionir negara Asia yang dapat memakai aplikasi ini. Lalu diikuti oleh negara lainnya, semisal Mexico, Italia, Amerika Serikat dan Britania Raya.

Cara Membuat WhatsApp Business

Cara Membuat WhatsApp Business
Membuat WhatsApp Business

Tutorial Membuat WhatsApp Business

Untuk membuat WA bisnis sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, langkah-langkahnya akan berbeda dari Kamu membuat akun WA Messenger. Berikut cara membuat WhatsApp Business, diantaranya :

Terkait:  Cara Melacak Nomor WhatsApp

1. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Langkah yang perlu dilakukan ialah unduh aplikasi WA Business terlebih dahulu. Selain itu, Kamu juga harus tahu bahwa aplikasinya berbeda dari WhatsApp biasa. Unduh WhatsApp Business di App Store atau Google Play Store. Aplikasi ini dapat Kamu unduh secara gratis.

2. Melakukan Verifikasi Lewat Nomor Hp

Jika sudah diunduh, selanjutnya Kamu akan diminta memasukkan nomor hp. Selain itu, pastikan Kamu memakai WhatsApp Business dengan nomor hp berbeda. Karena ini akan mempermudahmu saat melakukan verifikasi.

3. Membuat Akun Business

Apabila kedua tahapan cara membuat WhatsApp Business di atas telah berhasil, selanjutnya Kamu dapat membuat akun WhatsApp Bisnismu dengan mudah. Cukup buka opsi Settings, Kemudian masuk ke Business Settings dan Profile. Dari sana, masukkan informasi detail terkait bisnismu, mulai dari detail kontak, nama, serta alamat.

Tutorial Membuat WhatsApp Business API

WhatsApp Business API sendiri merupakan layanan berbayar. Meskipun demikian, Kamu akan menikmati lebih banyak keunggulan dan kecanggihan lewat aplikasi ini. Selain itu, jika dibandingkan cara membuat WhatsApp Business di atas, pembuatan WA Business API sendiri lebih rumit dan lebih lama. Selain itu, Kamu memerlukan persetujuan WhatsApp untuk membangun akun bisnismu. Adapun langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Membuat Akun FB Business Manager

Adapun salah satu ketentuan cara membuat WA Business API ialah buat akun khusus pada Facebook Business Manager terlebih dahulu. Dari sana, Kamu bisa mengisi formulir berdasarkan bisnismu dan data dirimu lengkap/

2. Memverifikasi Akun Bisnis

Langkah cara membuat akun WhatsApp Business berikutnya ialah memverifikasi akun bisnis. Disini Kamu diminta melakukan pengisian data-data detail terkait bisnismu. Berdasarkan jawabanmu, pihak WhatsApp nantinya akan melihat dan mengecek apakah akunmu sesuai persyaratan mereka atau tidak. Oleh karena itu, pastikan isi seluruh datanya dengan lengkap dan benar.

Terkait:  Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

3. Buka WA Developer API

Sesudah WhatsApp menyetujui proses pendaftaran akun bisnismu, selanjutnya Kamu akan mendapatkan kode otentikasi. Selanjutnya langsung saja install lalu ubah setelan pada akunmu.

4. Melakukan Pembayaran

Selanjutnya lakukan pembayaran. Limit dan harga setiap perusahaan akan berebeda, tergantung dari pemakaian WhatsApp API yang Kamu miliki.

Bagaimana, cara membuat WhatsApp Business dan WhatsApp Business API di atas cukup mudah, bukan?

Apa Saja Sih Fitur yang Terdapat di WhatsApp Business

Walaupun sama-sama termasuk aplikasi chatting, WA Messenger dan WA bisnis tidaklah sama. Sebenarnya ada banyak fitur WA bisnis yang tak akan Kamu jumpai di WhatsApp Messenger. Adapun fitur-fitur WhatsApp bisnis sendiri untuk mempermudah terjadinya interaksi bersama pelanggan. Berikut fitur-fitur yang bisa Kamu nikmati di WhatsApp Business :

1. Username Akun

Hal yang membedakan antara WhatsApp Business dengan akun WA Messenger biasa ialah pengaturan dalam ubah nama akun. Di dalam WA Messenger sendiri, Kamu bisa mengubah “Nama Akun” kapanpun. Bahkan Kamu cukup memasukkan karakter atau emoji apapun di dalam nama akun WA Messenger-mu.

Akan tetapi, pada WhatsApp Business ada beberapa syarat dan ketentuan dalam pembuatan nama akun bisnis secara resmi yang wajib dipatuhi. Berikut ketentuannya :

  • Tidak diperbolehkan menuliskan atau membuat nama akun WA bisnis menggunakan huruf kapital. Melainkan untuk akronim maupun hanya digunakan pada huruf pertama dalam sebuah kata tertentu yang bisa dikapitalkan.
  • Jangan ada tambahan spasi antara kata. Jika nama bisnis Kamu terdiri atas 2 kata, maka pemisah kata ini hanyalah spasi.
  • Jangan memakai simbol, emoji dan karakter apapun.
  • Tidak diperbolehkan menambahkan tand abaja.
  • Tak menambahkan karakter yang bersifat non alfanumerik, yakni karakter bukan berbentuk huruf atau angka.
  • Tulis merk WhatsApp yang sesuai dengan benar. Dan bukan whats app, whatsApp, atau semacamnya.
Terkait:  Cara Membuat Voucher Shopee

2. Fitur Pesan Otomatis

Pada aplikasi WhatsApp Business terdapat 2 fitur balasan secara otomatis yang tak terdapat dalam WA Messenger. Dimana ketiga fitur ini diantaranya :

  • Greeting Message, adalah fitur otomatis balas pesan yang dapat dikirimkan ketika konsumen menghubungimu pertama kali.
  • Away Message, ialah layanan balas pesan secara otomatis saat ada chat masuk yang dikirimkan konsumen di luar jam kerja maupun ketika bisnismu sedang tak beroperasi. Kamu bisa membuat isi terkait balasan pesan secara otomatis yang tepa sesuai preferensimu.
  • Quick Replies, merupakan fitur yang bisa dipakai untuk membuat pesan balasan untuk beberapa hal yang kerap ditanyakan pelanggan. Sebenarnya cukup mudah, Kamu tinggal membuat beberapa teks balasan yang pasti akan ditanyakan pelanggan terkait bisnismu.

Jadi, saat ada pesan masuk Kamu hanya mengetikkan simbol “/” saja, selanjutnya akan muncul opsi quick replies yang sebelumnya telah dibuat.

3. Katalog

Pada WA Business ada fitur katalog yang berfungsi untuk menampilkan profil dan produk pada WA Bisnismu. Selain itu, fungsi fitur ini ialah sebagai etalase yang bisa dilihat konsumen ketika melihat profilmu. Pada katalog tersebut, pembeli tak hanya dapat melihat foto barang/produk saja, melainkan juga dapat melihat harga dan keterangan produk.

Adapun cara memakai Katalog WA Bisnis ialah dengan cara membuka opsi Pengaturan, lalu masuk ke “Pengaturan Bisnis” dan “Katalog”. Selanjutnya Kamu tinggal tambahkan keterangan, foto, harga dan deskripsi produk. Kamu juga bisa menambahkan link url terkait produk tersebut. Contohnya, Kamu bisa menambahkan link menuju toko onlinemu. Menariknya lagi, fitur ini dapat memuat foto produk sampai 500 foto.

Nah, demikianlah ulasan terkait cara membuat WhatsApp Business dan WhatsApp Business API, serta fitur-fitur yang bisa Kamu nikmati lewat akun WhatsApp Business. Bagaimana, menarik bukan?

 

Related posts