Cara Kredit Mobil di Bank BRI

Selain lewat leasing, Kamu juga bisa mendapatkan mobil dengan mudah melalui cara kredit mobil di bank BRI. Apalagi dengan adanya layanan KKB alias Kredit Kendaraan Bermotor melalui 3 produk berbeda. Dimana ketiga produk tersebut terdiri atas KKB baru dan bekas, refinancingi dan motor premium. Penggunaan layanan kredit bank BRI tersebut ditujukan untuk meningkatkan para pelaku bisnis di kalangan masyarakat. Terutama untuk memberikan peningkatan kesejahteraan bagi UKM khususnya.

Cara Kredit Mobil di Bank BRI

Cara Kredit Mobil di Bank BRI
Bagaimana Cara Beli Mobil Kredit di BRI?

Prosedur Kredit Mobil di Bank BRI

Dalam cara kredit mobil di bank BRI, Kamu bisa memilih layanan KKB mobil baru dan bekas. Layanan ini bisa memudahkan Kamu untuk mendapatkan mobil impianmu. Di samping itu, pengajuan kreditnya juga sangat cepat serta mudah.

Syarat Pengajuan Kredit Mobil di BRI

Sebelum Kamu mengajukan kredit Kendaraan Bermotor atau KKB di bank BRI, Kamu harrus tahu persyaratan cara kredit mobil di bank BRI terlebih dulu. Di bawah ini ada beberapa dokumen dan persyaratan yang harus Kamu penuhi, agar dipersiapkan terlebih dahulu sebelum pergi ke kantor cabang BRI. Ini dia ulasannya :

  • Silahkan lengkapi formulir Kredit Kendaraan Bermotor.
  • Harus Warga Negara Indonesia dan tinggal di Indonesia.
  • Mempunyai rekening BRItama.
  • Minimal harus berumur 21 tahun.
  • Fotokopi KTP, KK dan NPWP.
  • Slip gaji.
  • Foto suami/istri atau pemohon.

Jika sudah melengkapi persyaratan dokumen di atas, Kamu barus bisa mengunjungi kantor cabang bank BRI. Sementara untuk pengajuan permohonan Kredit Kendaraan Bermotor, biasanya bagi kendaraan baru diberikan tenor hingga 5 tahun. Sedangkan kendaraan bekas hanya diberikan tenor 4 tahun.

Pilih Mobil yang Kamu Inginkan

Jika Kamu ingin mengajukan KKB di bank BRI, maka Kamu bisa memulainya dengan cara mencari unit kendaraan sesuai keinginan. Baik itu lewat showroom mobil, perorangan atau dealer kendaraan bekas. Apabila Kamu memutuskan melakukan pembelian mobil lewat showroom atau dealer mobil, sebaiknya tanyakan dulu apakah showroom tersebut melayani KKB lewat BRI ataukah tidak. Sebab tidak semua showroom menerima layanan KKB.

Pengajuan KKB ke BRI

Pengajuan kredit mobil di BRI dapat dijadikan sebagai solusi ideal bagi yang ingin mempunyai mobil impian dengan segera. Oleh karena itu, jika Kamu sudah melengkapi persyaratan dan dokumen pengajuan kredit yang diperlukan, Kamu bisa langsung mengajukan kredit mobil di bank BRI.

Berikut ada beberapa tahapan cara kredit mobil di bank BRI, diantaranya :

1. Datang ke Cabang Bank BRI

Cara yang dapat Kamu lakukan pertama kali diantaranya ialah datang ke cabang BRI. Silahkan datangi customer service BRI dan konfirmasikan tujuan Kamu datang ke BRI untuk mengajukan kredit KKB.

2. Mengajukan Kredit KKB

Silahkan lakukan pengajuan kredit KKB dan Kamu akan diminta melakukan beberapa instruksi dan persyaratan yang harus dipenuhi agar pengajuan kredit mobilmu diterima.

3. Download Aplikasi KKB BRI

Cara kredit mobil di bank BRI selanjutnya ialah unduh apikasi KKB BRI. Aplikasi ini nantinya digunakan untuk mempermudah proses pengajuan kredit mobil yang Kamu lakukan.

4. Instal dan Buka Aplikasinya

Jika aplikasi KKB BRI sudah terpasang di  HPmu, langkah selanjutnya buka aplikasi KKB BRI di Hpmu. Kamu akan menemukan berbagai macam pilihan menu. Aplikasi ini bisa dibilang cukup user friendly karena menawarkan tampilan yang mudah digunakan.

5. Lakukan Pengisian Formulir Pengajuan KKB BRI

Cara kredit mobil  di bank BRi selanjutnya, lakukan pengisian formulir pengajuan KKB BRI. Pastikan Kamu melengkapi data-data yang diminta dengan lengkap dan jangan ada kekeliruan.

6. Buka Rekening BRITama

Kamu bisa mengajukan pembukaan rekening tabungan BRItama dari BRI. Ini untuk mempermudah proses transfer pinjaman.

7. Menunggu Proses dari Teller

Setelah itu, Kamu tinggal menunggu proses pengajuan kredit dari teller bank BRI.

Jika sudah berhasil melakukan pengajuan permohonan KKB, maka pihak BRI akan memberikan berbagai fasilitas bagi para nasabahnya. Adapun diantaranya ialah pembayaran dapat dilakukan lewat Automatic Fund Transfer atau AFT. Selanjutnya pelanggan akan mendapatkan asuransi kerugian bagi semua resiko.

Pembayaran Uang Muka dan Penandatanganan Kesepakatan

Apabila aplikasi kredit mobil yang Kamu ajukan sudah disetujui, selanjutnya Kamu diminta untuk melakukan pembayaran DP atau uang muka ke pihak dealer berdasarkan ketentuan. Bagi kredit mobil second sendiri menyediakan persyaratan uang muka minimal 30% dari total harga kendaraan. Tapi meskipun demikian, apabila Kamu mempunyai cukup banyak dana yang dapat dialokasikan untuk DP sebaiknya pilih DP lebih dari 30% supaya proses cicilannya lebih ringan.

Jika sudah membayarkan DP, selanjutnya Kamu akan diminta menandatangani perjanjian kesepakatan kredit bersama pihak BRI. Jika sudah, bank BRI dan penjual atau dealer mobil pun melakukan proses jual beli kendaraan yang Kamu inginkan.

Keunggulan Kredit Mobil KKB di Bank BRI

Ada beberapa keunggulan cara kredit mobil di bank BRI yang bisa Kamu manfaatkan, diantaranya sebagai berikut :

1. Angsuran Lebih Mudah

Jika Kamu mengajukan kredit di bank, maka pembayaran menjadi lebih mudah. Biaya cicilan di bank lebih ringan dibandingkan angsuran di lembaga pembiayaan lainnya. Jadi, Kamu tak perlu khawatir lagi gaji bulananmu tak mencukupi. Namun pastikan bahwa Kamu telah mengatur finansialmu sedemikian rupa.

2. Tidak Perlu Bayar Tunai

Saat kreditmu diterima bank BRI, Kamu pun tak perlu lagi harus membayar cash. Kamu cukup melakukan pembayaran uang muka 25% dari total harga kendaraan yang akan dibeli. Terlebih apabila Kamu memiliki keperluan mendesak, sehinga tak perlu lagi harus menunggu dana mencukupi untuk membeli mobil.

3. Kredit Jangka Panjang

Jika Kamu membeli mobil  secara tunai dengan menabung hingga 5 tahun lamanya, tentu saja Kamu masih belum bisa mempunyai kendaraan tersebut. Lain halnya dengan proses kredit yang dapat dilakukan dengan sistem cicilan  sampai 5 tahun lamanya, tapi Kamu sudah bisa membawa pulang mobil impianmu.

4. Bunga Rendah

Dengan bunga kredit yang rentah, tentu saja berguna untuk meminimalisir pengeluaran sehingga menjadi lebih hemat ketika mencicil. Oleh karena itu, saat presentase bunga cicilan rendah, pembayaran pun menjadi lebih ringan.

5. Perputaran Modal

Jika memiliki bisnis yang membutuhkan sebuah armada roda empat untuk menduung bisnismu, mengambil skema kredit tentunya dapat membantu modal bisnis lebih hemat untuk dijadikan sebagai anggaran operasional lainnya.

Melalui proses kredit untuk pembelian mobil, Kamu dapat mencicilnya setiap bulan dalam waktu yang lama.

Pilih KKB Sebagai Solusi Kredit Mobil Mudah

Layanan KKB dari bank BRI memang sangat memudahkan proses kredit nasabah bank BRI lebih mudah. Kamu bisa membeli mobil baru dan bekas tanpa memikirkan modal yang besar untuk memilikinya.

Cukup dengan cara kredit mobil di bank BRI saja, maka Kamu sudah bisa membawa pulang kendaraan impianmu. Sementara untuk biaya DP-nya sendiri hanya diperlukan DP 30% saja.

Meskipun menawarkan banyak kemudahan untuk mendapatkan barang impian, tetap saja pertimbangkan plus minus kredit agar Kamu bisa tetap mengendalikan pengeluaranmu.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019