Cara Kredit Mobil Bekas

  • Whatsapp

Cara kredit mobil bekas biasanya dapat dilakukan baik oleh pihak leasing atau bank. Membeli mobil secara kredit adalah metode yang dinilai paling banyak dipakai masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan cara ini memberikan kemudahan untuk mendapatkan kendaraan roda empat sesuai keinginan. Namun membeli kendaraan roda empat secara kredit tidak selalu harus memilih mobil baru. Karena mobil bekas pun masih dapat dibeli secara kredit.

Skema mobil bekas sendiri terdiri dari 2 metode yang dapat dipilih. Cara kredit mobil bekas pertama ialah dengan membeli mobil ke penjualnya secara langsung, sedangkan yang kedua melalui showroom penjualan mobil bekas.

Read More

Cara Kredit Mobil Bekas

Cara Kredit Mobil Bekas
Bagaimana Cara Beli Mobil Bekas Kredit?

Bagaimana Kredit Mobil Bekas?

Cara kredit mobil bekas berharga murah dengan kondisi masih prima memerlukan trik tersendiri. Tapi sebenarnya Kamu juga bisa mencobanya, asalkan mengikuti beberapa panduan kredit mobil seken di bawah ini :

1. Cari dan Pilih Mobil yang Kamu Inginkan

Penjual mobil seken atau Showroom umumnya mencari selisih antara harga beli kendaraan dengan harga jualnya. Kamu dapat memotong selisih tersebut dengan cara mencari mobil bekas sendiri dengan langsung mencari atau membelinya ke pengguna mobil yang akan menjual mobilnya. Dengan kata lain, Kamu bisa membeli mobil bekas secara kredit tanpa perantara, dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga pasaran pada mobil seken. Silahkan hubungi kerabat atau teman yang sering atau pernah membeli mobil secara kredt.

Terkait:  Cara Kunci Aplikasi di Samsung A51

Dalam cara kredit mobil bekas, sebelum fix membeli mobil bekas sebaiknya teliti terlebih dahulu kondisi dan kelayakan mobil tersebut.

2. Pilih Leasing atau Bank Terpercaya

Cara kredit mobil bekas selanjutnya ialah tentukan mobil yang ingin dibeli. Jika sudah, Kamu tinggal memilih leasing atau bank yang sangat terpercaya. Untuk pemilihan lembaga pembiayaan tersebut, Kamu bisa memilih leasing yang telah diawasi oleh OJK dan tentu saja menawarkan bunga cicilan yang ringan. Cari informasi yang sebanyak-banyaknya tentang sistem cicilan mobil bekas di setiap lembaga pembiayaan maupun bank.

3. Pilih Asuransi

Setelah itu, Kamu tinggal menentukan produk asuransi yang bisa dipilih. Silahkan pilih asuransi yang jangka waktunya sama seperti lamanya waktu kredit. Ada 2 jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan, diantaranya Total Loss Only (TLO) dan all risk. Sebisa mungkin Kamu bisa memilihnya sesuai karakteristik sendiri.

4. Ajukan Kredit Mobil Bekas ke Leasing atau Bank

Jika sudah mendapatkan kendaraan roda empat yang Kamu inginkan dan sudah menentukan asuransi, maka langkah berikutnya ialah tinggal mengajukan kesepakatan proses kredit mobil di kantor leasing atau bank bersama penjual.

Pastikan penjual membawa semua berkas/dokumen yang diperlukan. Sementara pembeli harus membawa serta Kartu Keluarga, KTP, fotokopi rekening tabungan, NPWP, slip gaji, nomor listrik rumah dan rekening telepon. Dokumen tersebut sangat diperlukan untuk melanjutkan proses berikutnya oleh pihak leasing maupun bank.

5. Survey Kendaraan yang Dibeli

Setelah semua persyaratan dipersiapkan, maka cara kredit mobil bekas selanjutnya ialah pemberi kredit melakukan survey mobil yang ingin dibeli terlebih dahulu. Mereka nantinya akan mengecek apakah kendaraan yang ingin dibeli dapat dicicil ataukah tidak. Sebagai pembeli, tentu saja Kamu harustahu bahwa mobil paling tua yang bisa dicicil ialah mobil yang maksimal telah berusia selama 10 tahun.

Terkait:  Cara Cicilan Emas di Pegadaian

Dengan melihat usia kendaraan tersebut, tenor kredit yang diberikan umumnya hanya berlangsung 4 tahun. Jadi jika kini ada di tahun 2021, maka mobil paling tua yang bisa dikredit ialah mobil keluaran tahun 2012.

6. Konfirmasi Pengajuan Kredit

Jika sudha lolos survey, maka pihak leasing atau bank selanjutnya akan langsung mengkonfirmasi apakah pengajuan kreditmu diterima atau tidak. Jika pengajuan berjalan baik dan permintaan kreditmu disetujui, biasanyamereka akan menghubungimu langsung lewat telepon. Kamu akan diminta untuk menandatangani dokumen mengenai peraturan pembiayaan, metode pembayaran dan jumlah cicilan.

Cara kredit mobil bekas selanjutnya, jika sudah ditandatangani maka pihak leasing atau bank akan langsung mencairkan uang ke pihak penjual. Jika sudah, Kamu dapat melakukan pembayaran kreedit langsung.

Pilih Leasing atau Bank?

Baik bank atau leasing, keduanya sering dinilai sama bagi sebagian masyarakat, dari fungsinya sendiri memang sama. Adapun yang membedakannya ialah hak kepemilikan serta penyedianya. Bank biasanya menyediakan berbagai macam persyaratan yang harus disetuji lewat berbagai tahapan saat pengajuan kredit. Keunggulan bank umumnya terletak pada hutang pokok pinjaman yang bisa dilunasi sehingga bisa mengurangi bunga kreditmu selanjutnya dan cicila. Sementara pada leasing sendiri tidak bisa.

Leasing lebih diutamakan pada sebuah lembaga pengelola pembayaran, dengan proses yang cenderung lebih mudah dan cepat. Sementara pada leasing sendiri, kepemilikan sepenuhnya milik dari lembaga, jadi Kamu harus membayar sampai waktu tertentu agar Kamu menjadi pemilik kendaraan bekas tersebut. Sedangkan pada cicilan bank, biasanya angsuran kepemilikan sepenuhnyatelah dialihkan ke pemilik mobil dari awal persetujuan.

Biasanya bunga leasing mempunyai pembayaran lebih tinggi. Akan tetapi, biasanya bergantung dari kerjasama antara dealer mobil dengan leasing. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kebutuhan dengan seksama. Jika Kamu sangat membutuhkan mobil dalam waktu cepat dengan keterbatasan modal, sebaiknya pilih lembaga pembiayaan leasing yang bisa menawarkan bunga rendah.

Terkait:  Cara Cicilan Barang di Shopee

Tips Terkait Pembelian Kredit Mobil Bekas

Ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan saat hendak melakukan pembelian mobil bekas secara kredit.

1. Beli Mobil Baru dan Bekas

Pada mobil bekas biasanya leasing dan bank akan melakukan proses tambahan pengecekan, diantaranya :

  • Memastikan kondisi kendaraan bekas sesuai dengan ketentuan. Biasanya proses tersebut dikenal sebagai bentuk appraisal kendaraan.
  • Melakukan perhitungan nilai kendaraan yang dapat dijadikan basis pemberian kredit.
  • Pengeekan kelangkapan dokumen kendaraan.

Proses di atas memang tak perlu dilakukan pada kondisi mobil yang baru. Sebab biasanya kondisi kendaraan baru sudah standar.

2. Melakukan Simulasi Cicilan

Sebaiknya pihak debitur melakukan simulasi kredit sebelum pengajuan. Biasanya simulasi kredit ini disediakan secara gratis baik di kantor cabang milik leasing atau di situsnya.

Adapun tujuan dari simulasi kredit ini,diantaranya :

  • Mengetahui jumlah kredit per bulan senilai plafon kredit yang akan Kamu ambil.
  • Melakukan perhitungan kemampuan finansial untuk pembayaran kredit setiap bulan sesuai hasil simulasi.
  • Mlekaukan berbagai macam simulasi kredit dengan cara mengubah tenor kredit dan uang muka.

3. Legalitas Fidusia

Saat kendaraan roda empat yang dikredit dijadikan sebagai jaminan, maka legalitasnya ialah bank dan leasing akan melakukan Fidusia. Dimana fidusia ini ialah legalitas terhadap pengikatan jaminan. Dimana pembebanan mobil dengan jaminan ini dibuat melalui akta notaris menurut bahasa Indonesia sekaligus sebagai akta jaminan fidusia.

Adapun jaminan fidusia di sini ialah perjanjian ikutan, yang artinya ada perjanjian kredit pokok sebagai induk perjanjian pada jaminan fidusia. Contohnya, pada kredit kendaraan, perjanjian pokoknya ialah perjanjian terkait hutang piutang.

Itulah beberapa panduan cara kredit mobil bekas yang dapat Kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts