Cara Live Game di Youtube

Cara Live Game di Youtube

Cara live game di Youtube sebenarnya gampang-gampang susah. Namun sebelum Kamu memulai live streaming di Youtube, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu spesifikasi perangkat laptop atau PC-mu. Apakah spesifikasinya sudah cukup mumpuni untuk live streaming sembari bermain game ataukah tidak. Karena itu, Kamu harus mengetahui spesifikasi perangkat PC yang dapat digunakan untuk live game di Youtube agar berjalan lancar dan mempersiapkan peralatan penting lainnya untuk melakukan live streaming.

Peralatan Untuk Live Game di Youtube

Untuk melakukan live streaming di Youtube, kamu tentu memerlukan 3 alat yang sering digunakan oleh Youtuber Gaming, diantaranya webcam, headset dan microphone.

Read More

1. Webcam Untuk Live Streaming di Youtube

Webcam yang berkualitas ialah webcam yang dapat merekam video beresolusi tinggi. Alat ini biasanya dipakai untuk membuat video chatting sampai pembuatan video Youtube. Keuntungan memakai webam ketika live streaming Youtube ialah karena kepraktisannya, selain itu hasil rekamannya juga akan tersimpan langsung pada penyimpanan laptop atau komputer.

2. Headset Gaming

Dibandingkan memakai speaker biasa, para gamer biasanya lebih memilih memakai headset gaming. Hal tersebut mengingat sensasi yang ditawarkan pada headset gaming itu sendiri yang membuat para gamer merasa sngat nyaman menggunakannya ketika live streaming game. Sebenarnya untuk headset gaming ini tak perlu memilih yang mahal, karena ada headset berkualitas yang dibanderol dengan harga murah.

3. Microphone Untuk Live Streaming Youtube

Ada 2 hal terpenting saat membuat video live streaming di Youtube, diantaranya suara dan video. Biasanya kamera yang sering digunakan untuk pembuatan live streaming video telah dilengkapi microphone internal, namun hasil suaranya seringkali tidak maksimal. Maka dari itu, kamu memerlukan microphone external.

Ada beberapa jenis microphone yang bisa digunakan untuk live streaming video di Yutube, diantaranya :

  • Microphone condenser ialah microphone untuk mengubah suara akustik ke dala sinyal elektromagnetik atau digital melalui media diafragma 2 buah plat bermaterial besi untuk menerima getaran dari hasil suara input.
  • Lavalier Microphone, ialah microphone dengan ribbon diaphragm atau electret yang dijadikan sebagai media untuk input sinyal audio dari luar. Alat ini sering disebut sebagai clip on mic dan biasa dipakai para host di TV.
  • Shotgun Microphone ialah microphone dengan ciri khas hanya dapat menerima sinyal audio/suara hanya dari 1 arah. Mengingat bentuknya silinder, jadi microphone ini memiliki kualitas suara yang sangat baik serta hanya dapat menerima suara pada sumber yang telah diarahkan. Inilah alasan dinamakannya sebagai shotgun.

Spesifikasi PC Untuk Live Game di Youtube

Laptop atau komputer yang sesuai untuk melakukan streaming game di platform Youtube ialah spesifikasi Processor harus dari AMD FX-8350 atau Intel Core i5-4670. Kapasitas RAM 8 GB dan VFA menyesuaikan jenis game yang akan dimainkan.

Spesifikasi tersebut diatas merupakan spesifikasi PC atau komputer yang cukup mumpuni untuk keperluan live streaming untuk game-game GTA V. Selain itu, tidak dapat dijadikan sebagai acuan melakukan live semua jenis game, sebab setiap  game sendiri mempunyai kualifikasi hardware yang berbeda.

Adapun alasan kenapa spesifikasi komputer untuk live streaming harus handal, karena saat melakukan live game, PC yang dipakai tidak hanya menjalankan game saja tetapi juga melakukan encoding process. Adapun proscess encoding itu sendiri ialah proses konversi dari video “mentah ke dalam video yang formatnya kompatibel terhadap web player, dalam hal ini Youtube.

Proses encoding tersebut tentu saja sangat membutuhkan resource hardware PC. Apabila komputer yang Kamu pakai untuk live streaming dan bermain game kehabisan tenaga atau resource, dapat dipastikan kualitas videonya kurang bagus. Seperti video yang disajikan menjadi terputus-putus atau lainnya.

Ini artinya, selain dibutuhkan PC yang mempunyai resource hardware mumpuni dalam bermain game, komputer yang dibutuhkan juga harus bisa menampung encoding process video ke dalam Youtube.

Sebagai catatan, VGA sendiri bukan hardware yang berpengaruh terhadap live streaming. Jadi selama graphic card atau VGA yang dipakai sudah cukup dalam  bermain game, maka tak menjadi soal. Kamu juga harus tahu bahwa koneksi internet akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran cara live game di Youtube. Sebaiknya pakai koneksi internet yang kecepatan upload-nya paling tidak 3 Mbps ke atas.

Cara Live Game di Youtube

Cara Live Game di Youtube
Live Streaming Game di Youtube

Melakukan Live Streaming Game di Youtube

Seperti kita ketahui bahwa jenis game yang kita jumpai saat ini ada banyak sekali. Dari game berbasis augmented reality semisal Pokemon G sampai DOTA 2 sebagai game yang populer saat ini. Para gamer sendiri melakukan cara live game di Youtube untuk berbagi pengalaman kepada para gamer lainnya sekaligus menghibur penonton dan bukan untuk pamer performa dan spesifikasi PC yang mereka gunakan. Mereka biasanya berbagi cara untuk melewati battle tertentu yang menantang.

Jika Kamu mengandalkan android untuk live streaminggame, ada 2 tips yang dapat Kamu terapkan. Hal terpenting ialah Kamu harus terkoneksi pada jaringan internet yang stabil karena baik game online maupun offline memerlukan koneksi itenret ketika Kamu melakukan live streaming di Youtube.

1. Siaran Langsung Game di Youtube Bagi Pengguna Android

Cara live game di Youtube yang pertama ialah pastikan Kamu memakai aplikasi untuk live streaming game di aplikasi Youtube resmi besutan Google, yakni Youtube Gaming. Namun ingat, perangkat androidmu minimal harus dibekali oleh sistem operasi versi android dengan OS 5.0 Lolipop. Namun pastikan Kamu mematikan semua pemberitahuan terlebih dahulu dari aplikasi yang lain seperti WA atau Live. Selanjutnya ikuti panduan di bawah ini :

  • Unduh dan pasang Youtube Gaming App di Play Store.
  • Sesudah terinstall, silahkan buka aplikasi Youtube Gaming dan masuk ke channel atau akunmu.
  • Selanjutnya tap panah yang bergambar wifi di bagian bar atas.
  • Setelah itu, tap “Stream” dan pilih format video.
  • Sebaiknya pilih kulitas 750p HD agar video yang ditayangkan kualitasnya lebih jelas. Jika sudah lanjutkan dengan memilih “next”.
  • Setelah itu, pilih jenis game yang ingin Kamu mainkan, tambahkan judul lalu mulailah untuk bermain.
  • Apabila Kamu ingin stop melakukan live streamig game, silahkan tekan lingkaran yang memperlihatkan wajahmu pada kamera depan, selanjutnya akan muncul opsi pengaturan.
  • Langkah terakhir tap “Stop”.

2. Membuat Live Streaming di Youtube Menggunakan Screen Stream Mirroring

Kamu bisa menggunakan aplikasi broadcast seperti Screen Stream Mirroring. Dimana Screen Stream Mirroring merupakan aplikasi multifungsi untuk melakukan broadcast tampilan pada layar perangkat android ke dalam perangkat lainnya, baik itu TV, PC dan live streaming di Twitch dan Youtube. Selain itu, Kamu juga harus dapat merekam game dan menyimpannya pada memori. Dimana aplikasi ini sudah dibekali oleh banyak pengaturan untuk memaksimalkn proses streaming-mu.

Hanya saja untuk menggunakan aplikasi ini, Kamu harus membayar aplikasi terlebih dahulu dan mengunduhnya di Play Store.

Itulah sedikit ulasan tentang cara live game di Youtube dengan menggunakan aplikasi live streaming yang mumpuni agar proses steramig di Youtube berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Related posts