Cara Klaim Hak Cipta di Youtube

Cara Klaim Hak Cipta di Youtube
Mengklaim Hak Cipta di Youtube

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para Youtuber dalam bidang musik khususnya ialah Klaim Hak Cipta. Adapun diantara klaim tersebut yaitu biasanya ada klaim konten ID. Copyright claim tersebut biasanya akan muncul otomatis dari Channel Youtube yang mengunggah video tersebut pertama kali. Lalu, bagaimana sebenarnya cara klaim hak cipta di Youtube?

Cara Klaim Hak Cipta di Youtube

Cara Klaim Hak Cipta di Youtube
Mengklaim Hak Cipta di Youtube

Apa Itu Hak Cipta Youtube?

Sebelum kita membahas cara klaim hak cipta di Youtube, kita harus tahu lebih dahulu tentang hak cipta Youtube. Hak Cipta memiliki arti sebagai sebuah hak eksklusif Pemegang Hak Cipta atau Pencipta untuk mengatur pemakaian hasil penuangan informasi atau gagasan tertentu. Hak cipta adalah hak menyalin sebuah ciptaan atau hasil karya orang lain.

Selain itu, hak cipta bisa memungkinkan pihak pemegang hak membata penggandaan suatu ciptaan atau secara tidak sah. Memakai konten dengan copyright tanpa izin pihak pertama, tentu saja bisa berdampak bagi channel Youtube.

Mengklaim  Hak Cipta Musik di Youtube Untuk Klaim Konten ID

Apabila Kamu mengalami copyright claim, Kamu tak perlu khawatir sebab pihak Youtube biasanya hanya memberikan pemberitahuan jika video yang Kamu unggah mendapatkan klaim konten ID. Meskipun demikian, tidak akan berdampak pada channel Youtube yang Kamu miliki. Sebab jika videot ersebut ternyata benar-benar video milikmu dan atau Kamu mempunyai lisensi memakai dan menggunakan konten yang terdapat pada video tersebut, pastinya kita merasa aneh ada orang yang juga memilikinya.

Biasanya ada beberapa perusahaan atau entitas yang mengklaim jika video musik yang di upload telah dijadikan konten ID dari beberapa perusahaan seperti Adrev Publishing, Sony ATV Publishing, dan Insictech Music Land Sdn Bhd Malaysia.

1. Dampak Pada Video yang Kamu Upload dan Channel Youtube-mu

Jika Kamu mengalami klaim konten ID pada video yang Kamu upload, maka ada beberapa dampak bagi channel Youtube-mu, diantarnaya :

  • Channel Youtube hanya menerima pemberitahuan jika kontenmu mengalami klaim konten ID tanpa berlanjutke teguran channel. Dengan kata lain, sampai di sini channel Youtube-mu masih aman.
  • Sebagian pemilik mengizinkan monetisasi untuk berbagi biasanya disebut sebagai cover musik. Dari sini, Kamu masih akanmeraih pendapatan berdasarkan video yang Kamu upload.
  • Monetisasi atau pencairan sepenuhnya menjadi hak dari pemilik konten ID. Kamu tidak akan mendapatkan apapun, melainkan hanya mendapat pemberitahuan jika Kamu mengalami klaim hak cipta di Youtube.

Untuk poin ketiga sebenarnya bisa sangat merugikan, karena jika video tersebut benar-benar video milikmu atau Kamu memiliki lisensi menyebarkan, Kamu tak akan terkena klaim melainkan merekalah yang akan terkena klaim. Maka dari itu, Kamu harus melakukan dispute atau sengketa pada klaim hak cipta.

2. Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta Musik di Youtube

Ada beberapa cara klaim hak cipta musik di Youtube yang bisa Kamu lakukan berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan masuk ke dalam dashboard Youtube, lalu akses content.
  • Silahkan pilih video Yotube yang bermasalah, kemudian  bawa kursor menuju kolom lalu arahkan pada Klaim Hak Cipta. Selanjutnya akan muncul tampilan pop up kemudian ketuk “Lihat Detail”.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan “Jendela Ringkasan Status dan Hak Cipta”. Ketuk “Pilihan Lain” dan ketuk lagi “Sengketakan”.
  • Selanjutnya ketuk “Centang Sengketa Saya”, lalu ketuk “Lanjut”.
  • Pilih “Lisensi atau Konten Asli”, dan ketuk “Lanjut”.
  • Silahkan ketuk tanda centang.
  • Isi bukti atas kepemilikan melalui keterangan yang benar-benar meyakinkan. Ketuk tanda centang.Lalu isikan bagian tanda tangan, seperti nama lengkap menyesuakan KTP dan ketuk “Kirim”.

Dari sini proses input untuk sengketa pun selesai dilakukan, berdasarkan aturan Youtube apabila pihak lain yang mengaku memiliki klai konten ID wajib merespon sengketa tersebut dengan maksimal waktu selama 30 hari sejak dilakukannya sengketa. Jika tidak menjawab selama jangka waktu yang ditentukan, klaim hak cipta pun akan hilang sendirinya.

3. Tips Mengajukan Sengketa

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara klaim hak cipta Youtube, diantaranya berikut ini :

  • Ketika mengajukan sengketa, sebaiknya yakini dan pastikan Kamu memiliki bukti dan keyakinan jika Kamu memang benar pemegang lisensi atau pemilik hak cipta.
  • Jangan pernah mengajukan sengketa apabila Kamu tidak mempunyai bukti yang kuat, sebab bisa berdampak pada teguran yang ditujukan pada channel Youtube milikmu. Imbasnya, channel-mu bisa ditutup oleh pihak Youtube.
  • Apabila ada tawaran pencairan atau monetisasi berbagi yang biasa disebut cover, Kamu tidak memiliki kekuatan hukum, sebaiknya pilih saja opsi tersebut.

Itulah beberapa cara klaim hak cipta di Youtube bagi Kamu yang ingin mengajukan sengketa apabila Kamu benar-benar memiliki konten video yang di upload.

Mengatasi Klaim Hak Cipta di Youtube

Berbeda dengan cara klaim hak cipta di Youtube sebelumnya, cara ini bisa dicoba jika posisimu adalah orang atau channel yang mendapat teguran dari Youtube karena konten yang Kamu upload adalah milik orang lain. Maka, ada beberapa hal yang harus Kamu lakukan.

1. Jika Mendapatkan Teguran Atas Hak Cipta di Youtube

Biasanya teguran pertama, pihak Youtube memberikan peringatan bahwa channel Youtube harus mematuhi pedoman dari komunita Youtube. Di samping itu, ada beberapa fitur yang ada di channel Youtube milikmu untuk dinonaktifkan sementara hingga waktu teguran selesai. Salah satunya ialah tidak dapat memakai layanan live streaming.

Apabila Kamu menerima teguran hingga 3 kali, channel Youtube milikmu secara otomatis akan langsung dihapus Youtube. Seluruh video yang telah di uploadi pun akan dihapus. Bahkan fatalnya, Kamu tidak bisa mendaftarkan akun Youtube kembali.

2. Apa yang Terjadi Pada Video yang Terkena Klaim Hak Cipta Youtube?

Jika hal ini terjadi, Kamu bisa menghubungi pihak atau orang yang mengklaim hak cipta videonya yang sudah Kamu unggah. Bisa juga dengan meminta mereka mencabut klaim yang terdapat pada video tersebut. Apabila Kamu merasa bahwa konten tersebut memang benar milikmu bisa mengajukan banding.

3. Lakukan Hal Berikut Jika Kamu Mendapatkan Klaim Hak Cipta

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan apabila Kamu mendapatkan klaim atas hak cipta, diantaranya :

  • Membiarkannya, biasanya klaim konten memperbolehkan Kamu memakai kontennya tapi videomu akan dimonetize pencipta atau orang yang memiliki hak cipta. Apabila Kamu menyetujuinya, tinggal biarkan saja.
  • Menghapus kontennya, jika Kamu memakai sebagian pada cuplikan konten dengan hak cipta vide0-mu seperti video atau lagu misalnya, maka Kamu dapat menghilangkan lagunya. Setelah itu, ganti musiknya dengan musik yang terdapat pada audio library Youtube. Bisa juga menghapus bagian pada video yang mempunyai hak cipta.
  • Bagi hasl bersama penciptanya atau pemilik hak cipta. Apabila Kamu termasuk ke dalam program Mitra Youtube, kemudian Kamu sudah menyertakan musik pada video yang Kamu upload, Kamu mungkin bisa berbagi penghasilan. Penghasilan tersebut nantinya bisa dibagi bersama pemilik atau pencipta musik.

Itulah beberapa hal cara klaim hak cipta di Youtube yang dapat Kamu coba agar tidak sembarang orang mendapatkan hak cipta video yang Kamu unggah. Selain itu, jika Kamu mendapat teguran hak cipta dari Youtube, maka Kamu tinggal melakukan langkah-langkah di atas!

Baru Diulas:

Related posts