Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

  • Whatsapp

Bagaimana cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online? BPJS Ketenagakerjaan yang awalnya dikenal sebagai Jamsostek ialah salah satu program perlindungan sosial perekonomian untuk para tenaga kerja. Dimana program tersebut diberikan lewat pemberian sejumlah uang yang bisa dicairkan atau diklaim dengan persyaratan tertentu.

Dengan kata lain, BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik dengan tujuan memberikan perlindungan bagi setiap tenaga kerja di Indonesia teradpa resiko sosial ekonoimi. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga termasuk program layanan jaminan sosial dari negara berdasarkan pada funded social security.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Untuk para peserta JHT (Jaminan Hari Tua), dapat menikmati manfaat proram tersebut berbentuk uang tunai. Biasanya akn diberikan berdasarkan ketentuan yang telah berlaku. Jumlah nilai anfaat bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan ialah senilai jumlah akumulasi dari keseluruhan iuran yang sudah dibayarkan sekaligus ditambah hasil pengembangan dari iuran tersebut.

Biasanya manfaat tersebut akan dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sekaligus jika pekerja bersangkutan mengalami beberapa kondisi, seperti meninggal dunia telah berusia mencapai 56 tahun atau masa pensiun  dan mengalami kondisi cacat total.

Akan tetapi, beberapa kondisi tertentu yang mengkategorikan bahwa peserta tergolong ke dalam masa pensiun, diantaranya :

  • Peserta telah berhenti bekerja.
  • Mengalami PHK di perusahaan tempatnya bekerja dan sudah tak lagi bekerja dimanapun.
  • Tidak tinggal lagi di Indonesia selamanya dan tinggal di luar negeri.
  • Mengundurkan diri, lalu bekerja kembali di perusahaan lain dapat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan sebelum perusahaan yang baru mendaftarkan kepesertaan Jaminan Hari Tua.
Terkait:  Cara Komplain Tokopedia

Manfaat JHT pada prakteknya bisa saja dicairkan sebelum pekerja pensiun atau berumur 56 tahun. Ini dapat dilakukan, asalkan Kamu sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan paling tidak 10 tahun lamanya.

Jenis-jenis Program BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum membahas cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online, Kamu harus tahu dulu apa  saja jenis-jenis program BPJS ketenagakerjaan. Berikut ini ulasannya :

1. Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Program dengan perlindungan dari berbagai macam resiko kecelakaan saat masih terikat hubungan kerja. Meliputi kecelakaan selama di perjalanan, baik dari tempat kerja ke  rumah atau sebaliknya dan penyakit yang dipicu akibat lingkungan pekerjaan.

2. Program Jaminan Hari Tua

Program dengan manfaat berbentuk uang tunai dengan nilai sejumlah akumulasi iuran yang ditambahkan hasil pengembangan sebagai jaminan hidup di masa tua.

3. Program Jaminan Kematian

Program dengan manfaat berbentuk uang tunai untuk diberikan ke pihak ahli waris saat peserta BPJS TK meninggal dunia dengan kepesertaan aktif dan tidak disebabkan kecelakaan kerja.

4. Program Jaminan Pensiun

Program jaminan sosial dengan tujuan mempertahankan derajat hidup melalui pemberian penghasilan saat peserta telah memasuki masa pensiun, meninggal dunia atau cacat total. Manfaat program ini biasanya diberikan berbentuk uang dan dibayarkan per bulan.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online
Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Prosedur dan Tata Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mencairkan dana klaim BPJS bisa dilakukan lewat kantor BPJS TK, sebenarnya cara tersebut sedikit merepotkan jika dibandingkan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online lewat e-klaim. Di samping harus mengantri lama, biasanya beberapa kantor BPJS TK menerapkan beberapa kebijakan yang wajib dipenuhi, semisal legalisir formulir atau yang lainnya.

Belum lagi, kantor BPJS TK juga seringnya mengaplikasikan sistem kuota, karena antrian yang sangat banyak setiap harinya. Oleh karena itu, guna memberikan kemudahan bagi peserta BPJS TK yang ingin mengajukan klaim, ada cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online saat ini. Kamu bisa memanfaatkan cara ini untuk memudahkan proses pencairan tanpa perlu mengantri lama.

Cara Mengklaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara klaim BPJS ketenagakerjaan online atau metode e-klaim ini menawarkan banyak kemudahan. Hal ini dikarenakan, metode ini menawarkan proses yang lebih cepat, bahkan beberapa dokumen juga biasanya bisa diisi di rumah.

Terkait:  Cara Klaim Voucher Gamemax

Untuk lebih jelasnya, berikut cara klaim BPJS ketenagakerjaan online :

1. Kunjungi Website Untuk Pengisian Data via Formulir Online

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengklaim BPJS Ketenagakerjaan online ialah dengan mengunjungi situs resmi BPJS TK. Silahakn kunjungi link ini, lalu buat akun di situs BPJS ersebut dengan cara mengisi form via online. Adapun data yang diperlukan seperti nama, nomor KTJ aktif, nomor e-KTP, tanggal lahir, dan nomor HP aktif.

Dokumen yang terpenting ialah alamat email. Kamu harus pastikan akun email yang Kamu inputkan masih aktif sebab melalui email ini, Kamu akan menerima kode verifikasi. Silahkan isi beberapa dokumen agar seluruh proses bisa berjalan lancar.

2. Tunggu Email Masuk Berisi Kode Aktivasi

Jika seluruh formulir sudah selesai diisi, maka langkah berikutnya ialah tunggu email dari pihak BPJS TK. Email tersebut biasanya berisikan kode OTP untuk aktivasi. Jika sudah menerima kode tersebut, inputkan dan klik submit.

3. Pilih Menu Sesuai Dengan Tujuan

Langkah cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online berikutnya sesudah Kamu mengklik submit ialah memasuki laman situs BPJS ketenagakerjaan dengan menu Personal Service. Biasanya laman tersebut hanya dapat diakses para pengguna yang sudah terveriaskai. Silahkan masuk ke dalam tab e-klaim jika ingin mencairkan uang BPJS TK.

4. Periksa Lagi Isi Formulir e-Klaim

Pada menu e-klaim biasanya muncul formulir untuk pengajuan klaim secara elektronik. Kamu bisa mengisi dokumen tersebut, dengan cara memilih opsi “Penajuan Klaim” Kamu juga bisa memilih kondisi dengan pilih opsi “mengundurkan diri”. Baru kemudian ketuk Sumit Form. Di menu “Informasi Transaksi” kemudian ketuk “Lanjutkan”.

Seluruh data yang terdapat pada form online wajib diisi lengkap meskipun ada kolom-kolom yang otomatis terisi. Untuk lebih mudahnya, Kamu cukup mengisi bagian kantor cabang BPJS TK sesuai dengan kota tempatmu tinggal.

Terkait:  Cara Klaim Kuota Tri

5. Tunggu Email atau SMS Informasi PIN

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online lainnya, sesudah mengisi seluruh data form, selanjutnya Kamu akan menerima PIN atua kode verifikasi yang masuk lewat SMS atau email. Lakukan pengisian data lengkap di menu “pengajuan klaim elektronik”. Harus diingat bahwa dalam tahapan ini, ada banyak data bersifat pribadi berupa nama bank tempat Kamu transfer data dan nomor rekeningmu.

6. Persiapkan Dokumen e-Klaim yang Ingin di Upload

Biasanya jika Kamu ingin mencairkan BPJS lewat kantor secara offline maka akan diminta menyertakan fotokopi dokumen klaim, sedangkan cara klaim BPJS ketenagakerjaan online sendiri dokumen tersebut mesti di scan. Lalu hasi scan dilampirkan di formulir isian.

Beriut beberapa dokumen yang diperlukan sebelum pengajuan, yaitu KTP asli dan fotokopi, kartu peserta BPJS TK asli dan fotokopi, KK asli dan fotokopi, buku tabungan asli dan fotokopi, serta surat keterangan resign.

7. Tunggu Informasi Persetujuan Klaim dari BPJ]S TK

Apabila semua dokumen yang sudah diisi telah sesuai, selanjutnya Kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email yang mengkonfirmasikan bahwa data sudah direkam. Selanjutnya kantor BPJS Ketenagakerjaan memerlukan waktu 1 x 24 jam untuk validasi data. Apabila Kamu sudah menerima email lanjutan, silahkan print out surat konfirmasi dari BPJS. Biasanya Kamu akan diminta untuk mendatangi kantor BPJS cabang dengan menyerahkan dokumen asli dan fotokopiannya.

8. Proses Pencairan di Kantor BPJS TK

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online berikutnya jika sudah mendatangi kantor BPJS TK, tinggal tunjukkan dokumen dan serahkan print out konfirmas email ke petugas. Klaim BPJS TK secara online tidak membutuhkan waktu lama. Kamu biasanya akan dipanggil oleh BPJS TK untuk dijelaskan mengenai proses transfer pencairan dana BPJS yang memerlukan waktu hingga 10 hari kerja.

Demikianlah 8 cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online yang bisa Kamu coba dan ikuti langkah-langkahnya. Sehingga Kamu mendapatkan gambaran mengenai pengajuan klaim BPJS TK melalui sistem e-klaim.

Related posts