Cara Menonaktifkan Akun IG

Bagaimana cara menonaktifkan akun IG? Instagram bisa dikatakan sebagai salah satu platform media sosial populer yang kini memiliki banyak pengguna, terutama kawula muda. Dari beberapa waktu lalu, Instagram sudah dilengkapi oleh fitur yang semakin menarik dan berbeda. Seperti tampilannya berbeda, menu yang ditampilkan berbeda, serta fitur-fitur yang ditawarkannya pun berbeda.

Walaupjn Instagram sangat populer, tentu kadang kala kita ingin berhenti untuk bermain instagram, bahkan ingin menonaktifkan akun IG. Sebenarnya untuk menonaktifkan atau menutup akun IG sangat mudah, sebab Kamu bisa mengakses fitur nonaktifkan akun di Instagram secara langsung.

Fitur yang satu ini sebenarnya menawarkan 2 pilihan. Pilihan pertama ialah Kamu bisa memakainya untuk menonaktifkan akun Instagram sementara. Sementara pilihan kedua ialah menutup akun IG selamanya. Adapun fitur penutupan pada akun IG tersebut adalah Kamu dapat menggunakannya agar Kamu dapat berhenti memainkan akun IG sementara waktu. Atau bisa juga menghapus akun IG selamanya secara permanen.

Sama halnya dengan media sosial lainnya, terkadang kita merasa bosan beraktivitas di media sosial, karena itulah terbesit keinginan untuk menonaktifkan akun media sosial seperti Instagram.

Alasan Menonaktifkan Akun Instagram

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa Kamu ingin menonaktifkan akun Instagram. Ini dia ulasannya :

1. Supaya Lebih Fokus

Secara tanpa sadar, aktivitas yang dilakukan di media sosial dapat memakan waktu banyak. Ada banyak hal menarik yang dapat dilihat via Instagram. Apalagi jika Kamu penggemar akun gosip di IG yang selalu dibuat penasaran untuk diikuti. Apabila Kamu sudah kecantuan tentu saja Kamu bisa mengesampingkan beberapa aktivitas penting yang harusnya dilakukan. Selain itu, Kamu juga cenderung sering menunda-nunda banyak pekerjaan karena bermain Instagram. Sehinga jika akun IG-mu dinonaktikan, sudah tentuk Kamu akan lebih fokus lagi menjalani akitvitas dan pekerjaanmu di dunia nyata.

Terkait:  Cara Mengambil Foto di Instagram

2. Lebih Bersyukur dengan Keadaan

Kenapa saya katakan seperti itu? Sebenarnya dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Instagram sendiri berbeda-beda menurut banyak orang. Tapi, untuk para pengguna IG yang usianya masih di bawah umur tentu bisa menimbulkan masalah besar. Akun Instagram bisa dibilang sebagai etalase penggunanya dalam menampilkan berberapa hal yan dibanggakan, mulai dari prestasi, hubungan pribadi hingga barang mewah. Hal ini seringkali justru menimbulkan rasa iri, bahkan sangat jauh jika dibilang sebagai inspirasi.

Apabila Kamu hanya lebih fokus terhadap postingan-postingan di IG tersebut dan masih belum bisa menyikapinya secara dewasa. Tak menutup kemungkinan akan timbul rasa iri. Hingga akhirnya, Kamu lebih fokus terhadap apa yang dimiliki orang-orang di Instagram dan menyesali keadaanmu. Sebagai solusinya, kita harus sudah menghentikannya dengan menonaktifkan akun IG jika tidak mau timbul rasa iri.

3. Menjadi Lebih Sehat Secara Emosional

Walaupun aktivitas di media sosial begitu menyenangkan, tapi tak sedikit orang yang memakai platform ini untuk hal-hal negatif. Bahkan tak jarang netizen berkomentar buruk dan bahkan cenderung bersifat toxic. Sehingga mau tak mau, ini dapat berpengaruh pada emosimu. Apabila Kamu terus menerus memainkan Instagram, tak menutup kemungkinan Kamu bisa menjadi orang yang memiliki karakter sama seperti netizen. Bisa berkomentar buruk sesuka hati.

4. Lebih Sehat Secara Fisik

Selain menggangu kesehatan mental, sebenarnya kecanduan sosial media juga dapat memberikan dampak bagi kesehatan fisik. Beberapa gangguan yang dapat ditimbulkan dari penggunaan media sosial berlebihan, diantaranya kelelahan, mata rusak dan penyakit lainnya akibat Kamu jarang berolahraga. Mengingat keseharianmu dihabiskan dengan hanya berselancar di internet.

Cara Menonaktifkan Akun IG

Cara Menonaktifkan Akun IG
Tutorial Menonaktifkan Akun IG

Tutorial Menonaktifkan Akun IG Sementara

Apabila Kamu ingin menonaktifkan akun Instagrammu sementara waktu karena bosan, maka Kamu bisa mencoba cara menonaktifkan akun IG sementara. Kamu bisa mencoba metode ini lewat laptop atau di hp, berikut ulasannya :

Terkait:  Cara Mengetahui Password Instagram
  • Pertama-tama silahkan buka web browser yang ada di perangkatmu.
  • Lalu buka situs Instagram.com.
  • Kemudian masuk memakai akun instagram yang akan Kamu nonaktifkan.
  • Di halaman profil, silahkan klik “Edit Profil”.
  • Selanjutnya gulir layar ke bawah lalu ketuk pilihan “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”.
  • Silahkan pilih alasan kenapa Kamu ingin menonaktifkan sementara akunmu.
  • Lalu masukkan password akun IG di kolom yang tersedia.
  • Solahkan klik tombol bertuliskan “Akun Dinonaktifkan Sementara” kemudian tekan “Ya”.

Sesudah Kamu mengikuti cara menonaktifkan akun IG sementara di atas, maka akunmu akan langsung logout otomatis dari akun IG. Namun cara di atas memungkinkanmu untuk menonaktifkan akun IG sementara waktu. Jadi ketika Kamu ingin mengaktifkannya kembali, Kamu bisa melakukannya.

2.  Tutorial Menonaktifkan Akun IG Permanen

Cara menonaktifkan akun IG berikutnya ialah jika Kamu ingin menghapus akun IG-mu secara permanen. Pilihan ini biasanya lebih berguna apabila Kamu ingin menghentikan permainan Instagram atau memakai akun IG selamanya. Sebab dengan cara ini, akan menghapus seluruh data dan aktivitas pada akun IG-mu. Di samping itu, Kamu juga tak bisa menaktifkan akun IG kembali yang sudah dinonaktifkan dengan cara permanen.

Berikut ini beberapa langkah menonaktifkan akun IG secara permanen, diantaranya :

  • Silahkan jalankan aplikasi web browser seperti biasanya di perangkatmu.
  • Lalu masuk ke opsi “Penghapusan Akun IG”.
  • Login memakai akun Instagram yang akan dinonaktifkan.
  • Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman atau pilihan “hapus akun”.
  • Dari sana, silahkan memilih alasan Kamu ingin menonaktifkan bahkan menghapus akun IG-mu.
  • Silahkan ketikkan password IG-mu.
  • Lalu ketuk “Hapus Akun Saya Secara Permanen”.
  • Pilih “Ya” jika setuju.

3. Tutorial Menonaktifkan Akun IG via Aplikasi

Jika cara di atas memungkinkan kita untuk menonaktifkan akun IG melalui browser, maka cara menonaktifkan akun IG di bawah ini langsung dari aplikasi IG di hp. Berikut panduannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi IG di ponselmu, kemudian masuk ke halaman profil Instagram.
  • Selanjutnya pilih ikon tiga garis yang ada di pojok kanan bagian atas. Lalu masuk ke dalam opsi “Settings” terletak di paling bawah dan pilih “Help Centre”.
  • Lalu Kamu akan langsung diarahkan menuju situs web help.instagram.com.
  • Setelah itu, pilih “Mengelola Akun Anda”. Selanjutnya pilih “Hapus Akun Anda”.
  • Kamu juga bisa memilih “Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?” selanjutnya pilih salah satu diantara pilihan yang tersedia. Lalu klik opsi “Halaman Menghapus Akun Anda”.
  • Kamu tinggal memilih alasan mengapa Kamu menonaktifkan akun IG.
  • Langkah terakhir, langsung saja masukkan kata sandi atau password IG dan ketuk “Permanently Delete My Account”.
Terkait:  Cara Repost IG TV

Tutorial Mengembalikan Akun IG

Jika Kamu sebelumnya telah menonaktifkan akun Instagram sementara waktu, saat Kamu ingin menggunakannya kembali bisa mencoba tutorial mengembalikan akun IG. Berikut langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama, silahkan buka web browser di perangkatmu.
  • Lalu kunjungi situs web Instagram.
  • Selanjutnya login memakai akun Instagram.
  • Setelah berhasil masuk, akun IG pun sudah bisa diaktifkan kembali.

Nah, itulah beberapa langkah cara menonaktifkan akun IG baik di browser maupun di aplikasi, untuk nonaktif sementara hingga permanen yang bisa Kamu lakukan.

Related posts