Cara Mengatur Jam Digital

Kamu punya jam digital tapi bingung bagaimana cara mengatur jam digital yang benar? Disinilah akan kami rangkumkan untuk kamu beberapa metode yang benar untuk mengatur jam digital.

Jam digital adalah jam yang menunjukkan waktu dengan tampilan layar digital. Waktu ditunjukkan bukan dengan jarum penunjuk tapi dengan angka. Angka ini ditentukan dengan mekinaisme digital.

Seiring berjalannya waktu, jam tangan sekarang ini banyak memilik tipe dan model yang bisa kamu beli. Salah satunya adalah jam digital. Saking banyaknya model dan tipe sampai saat ini jam tangan yang biasanya berfungsi sebagai penanda waktu merambah menjadi trend fashion untuk membuat tambilan diri menjadi lebih menarik.

Cara Mengatur Jam Digital

Cara Mengatur Jam Digital
Cara Mengatur Jam Digital

Jika kamu memiliki jam digital dan bingung cara mengatur jam digital kamu? Kami ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mengatur jam kamu.

Ubah ke Time Mode

Nah untuk beralih ke time mode ini kamu harus mengikuti beberapa langkah berikut agar jam digital kamu bisa berfungsi dengan baik.

1. Baca Buku Panduan

Yang pasti setiap produk digital pasti memiliki buku panduan dalam pengoperasiannya. Dan untuk langkah yang pertama kamu bisa membaca buku panduan yang ada. Jika buku panduan kamu hilang dan kamu tidak menemukannya. Kamu bisa menggunakan internet untuk mencari tutorial mengatur jam digital kamu.

Caranya cukup mudah, masukkan saja nama merek dan model jam digital kamu. Dan kamu akan menemukan buku panduan ataupun tutorial dari orang lain untuk mengatur jam kamu. Apalagi di era modern seperti ini, jika manual book atau buku panduan kamu yang berupa kertas hilang. Kamu bisa mencari dan mengunduh ebook di google secara gratis. Dan bisa kamu baca dimanapun dan kapan saja menggunakan gadgetmu.

2. Periksa Tombol Jam Tangan

Keluaran produk jam digital sekarang ini sudah banyak melakukan inovasi desain dan banyak fitur yang disediakan. Umumnya pada jam tangan sederhana biasanya hanya mempunyai 1-2 tombol saja, namun berbeda dengan jam tangan yang lebih canggih dan modern yang sudah mulai dilengkapi dengan banyak tombol pengaturan.

  • Meskipun jarang, beberapa jam tangan biasanya mempunyai tombol pengaturan pada bagian belakang jam atau lebih tepatnya dibalik cover jam. Dimana cover tersebut dapat dilepaskan memakai obeng kecil atau kuku jari.
  • Sebagian jam juga mempunyai tombol label. Adapun tombol yang terdapat pada jam tangan digital biasanya terdiri dari “Start”, “Light”, “Reset”, “Set”, dan “Mode”.
  • Kemungkinan besar Kalian akan menggunakan tombol “Set” dan atau “Mode”. Untuk “Mode” Kalian bisa mengganti modus ke dalam Stopwatch Mode, Time Mode, dan lain sebagainya. Sedangkan mode “Set” sendiri memungkinkan Kalian dapat menyetel waktu melalui Time Mode.

3. Ganti Modus dengan Tombol Tersembunyi

Nah untuk langkah selanjutnya kamu bisa mengganti modus jam digital kamu. Umumnya jam tangan memiliki satu tombol kecil dan tersembunyi untuk mengubah setelan. Dan kamu hanya bisa mengubahnya atau menekannya menggunakan pulpen atau obeng kecil.

  • Ketika berada dalam modus pengaturan waktu, setelan (misalnya menit, jam, tanggal, dll.) akan mulai berkedip.
  • Apabila di jam tangan terdapat tombol tersembunyi dan tombol lainnya, tombol yang tersembunyi berfungsi mengganti modus, sedangkan tombol lainnya berfungsi mengubah setelan.
  • Usahakan tidak memakai pensil untuk menekan tombol tersembunyi. Kalau ujung pensil patah di dalam lubang, tombol bisa tersangkut dan tidak dapat disetel.

4. Ubah ke Modus Time Mode

Jika jam tangan kamu tidak melabeli tombolnya atau tidak ada keterangan pada tombol. Kamu bisa klik secara acak agar tau fungsi tombol yang digunakan untuk mengganti modus. Cara mengetahui jika itu tombol modus adalah ketika menit atau jam yang tampil akan berkedip jika tombolnya kamu pencet. Dan jika sudah kamu bisa menggantinya ke modus Time Mode.

  • Umumnya hanya 1 unit saja yang berkedip (tanggal, jam, menit) setiap kalinya. Selain itu, sebagian produk jam tangan biasanya menunjukkan cara dan opsi yang berbeda, seperti melalui kotak atau garis bawah.
  • Jam tangan digital yang canggih biasanya menawarkan banyak fitur. Kalian bisa membiasakan diri menggunakan fitur-fitur canggih tersebut dengan cara menekan tombol lalu melihat dampaknya di layar jam.
  • Sebagian produk jam tanan bisa tidak mepunyai tombol modus, jadi kalian harus menekan “Set” terlebih dahulu.

5. Tekan “Set” untuk Masuk Time Mode

Jika jam tangan kamu hanya memiliki tombol “Set” saja, kamu bisa dengan mudah menekan sekali untuk masuk ke modus Time Mode. Tanpa perlu menyeting atau menekan tombol-tombol lainnya.

Namun jika jam tangan kamu memiliki banyak tombol, kamu perlu menekan tombol “Set” setelah selesai mengatur jam digital kamu agar jam kamu bisa beroperasi dengan baik.

Mengubah Setelan Jam Digital

Selain cara diatas tadi kamu juga bisa mengatur jam digital kamu dengan mengubah setelannya dan kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Ganti menit lewat tombol “lanjut”, Opsi yang bisa diubah pertama kali biasanya adalah pengaturan menit, dimana tombol ini akan berkedip saat dipilih. Ketika angkanya berkedip, kamu bisa menekan “lanjut” untuk menambah waktu. Lalu tekan tombol dengan perlahan agar kamu tidak melewatkan angka tertentu yang diinginkan.
  • Pengaturan jam, kamu bisa klik modus lagi untuk pemilihan jam. Jika sedang berkedip, itu artinya angka pada jam sedang dipilih. Jika sudah, tekan tombol “lanjut” saat ingin mengatur jam.
  • Ubah pengaturan lain sesuai kebutuhan, pengaturan yang lain yang dimaksut disini adalah jika kamu ingin mengubah setelan jam, tanggal, AM/PM dan juga hari.
  • Keluar modus untuk menyelesaikan pengaturan, saat semua setelan jam sudah tepat, pilih tombol “set” untuk menyelesaikan pegaturan untuk kembali lagi ke modus normal.

Demikian beberapa cara mengatur jam digital yang bisa kamu coba di rumah. Jika kamu memiliki cara tersendiri dengan caramu sendiri bisa dicoba. Sebelum mengatur jam digital alangkah baiknya kamu untuk membaca buku panduan yang disediakan.