Cara Klaim Asuransi Tokopedia

  • Whatsapp

Bagaimana cara klaim asuransi Tokopedia? Namun sebelumnya, tahukah Kamu apa itu asuransi Tokopedia? Asuransi Tokopedia ialah proteksi ekspedisi atau pengiriman barang dari perusahaan Tokopedia itu sendiri atas kerjasamanya dengan pihak PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia. Produk asuransi pengiriman tersebut menawarkan manfaat berupa ganti rugi apabila terjadi kehilangan, kerusakan hingga penipuan saat nasabah berbelanja secara online di e-commerce Tokopedia.

Tentang PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia

Bagi yang belum pernah mendengar nama Tokio Marine Indonesia, mari kita simak pembahasannya di sini. PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia adalah perusahaan asuransi hasil dari patungan antara PT. Asuransi Jasa Indonesia bersama Tokio Marine Asia Pte.Ltd. yang sudah menjalankan usahanya di Indonesia dari tahun 1975 silam. Kini Perusahaan ini memiliki 4 kantor perwakilan dengan 8 unit kantor cabang.

Bisa dikatakan bahwa Asuransi Tokio Marine Indonesia termasuk asuransi umum terkemuka di Indonesia. Belum lagi, perusahaan asuransi ini sudah mendapatkan berbagai penghargaan mengingat kinerja keuangannya sangat baik.

Bagi pengiriman barang menggunakan ekspedisi Wahana, jika harga produk yang dibeli kurang dari Rp. 300 ribu, maka besarnya nilai asuransi yang ditawarkan perusahaan ini lewat Tokopedia adalah 0,2% dari total harga produk. Akan tetapi, jika harga produk sama atau lebih tinggi dari Rp. 300 ribu, pembeli harus memakai asuransi memakai ekspedisi Wahana senilai 0,5% dari total harga barang.

Untuk kasus barang rusak atau hilang, namun pembeli tidak memakai asuransi pengiriman di situs Tokopedia, maka jika tejradi kerusakan atau kehilangan barang, maka user tetap menerima pergantian. Adapun pergantian tersebut dilakukan oleh Partner Logistik dari pihak Tokopedia dengan jumlah maksimal 10 kali biaya ekspedisi atau menyesuaikan ketentuan yang berlaku.

Terkait:  Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Prosedur Untuk Pengajuan Asuransi di Aplikasi/Web Tokopedia

Untuk prosedur pengajuan asuransi di Tokopedia sendiri, ada beberapa langkah yang harus Kamu ikuti berikut :

  • Pertama-tama silahkan kunjungi “Pengajuan Asuransi” di Tokopedia.
  • Silakan pilih beberapa cara berikut untuk mendapatkan asuransi sesuai kebutuhan : memilih jenis program, sesuai kriteria atau cari berdasarkan partner/mitra penyedia. Lalu isi identitas data diri lengkap agar menemukan asuransi yang tepat dan pilih opsi asuransi sesuai keinginan.
  • Isi formulir tentang data diri lengkap, kemudian klik ajukan. Pastikan untuk membaca ketentuan dan syarat yang berlaku.
  • Kamu akan dilanjutkan menuju halaman mitra asuransi terkait hal pengisian form untuk mengajukan asuransi.
  • Partner atau mitra terkait, sebelumnya akan melakukan pengkajian ulang terlebih dahulu tentang pengajuan asuransi beserta data-data pribadi yang sudah dikirimkan.

Mengenai Layanan Asuransi pengiriman

Asuransi pengiriman sebenarnya bukan lagi menjadi tanggung jawab dari tiap-tiap kurir jasa ekspedisi yang dipilih pembeli, tetapi tanggung jawab PT. Asuransi Tikio Marine Indonesia sepenuhnya lewat Tokopedia. Dengan catatan Kamu sudah mendaftar asuransi tersebut sebelumnya.

Semua layanan dan ekspedisi yang telah bekerjasama dengan pihak Tokopedia mempuyai asuransi pengiriman agar bisa dipilih pembeli melalui tambahan premi senilai 0,25% dari harga barang berikut ongkos kirim.

Adapun batas pelaporan awal ke pihak Tokopedia dalam cara klaim asuransi Tokopedia terkait pesanan barang yang rusak atau hilang apabila memakai kurir konvensional berlangsung maksimal 3 x 24 jam sesuai hari kalender apabila memakai kurir instan dari status orderan delivered dan maksimal berlangsung 7 x 24 jam.

Adapun tanggungan yang diberikan pihak asuransi ialah senilai harga produk beserta ongkos retur dan ongkos kirim dengan maksimal Rp. 100 juta per invoice. Jika produk yang diterima oleh Pembeli tak sesuai pesanan, maka asuransi akan bertanggung jawab untuk menanggung ongkos kirim dengan retur sesuai kesepakatan penjual dan pembeli. Adapun pergantian ongkir maksimal yang ditanggung seharga ongkir awal pada invoice.

Terkait:  Cara Klaim Gratis Ongkir Lazada

Cara Klaim Asuransi Tokopedia

Cara Klaim Asuransi Tokopedia
Mengklaim Asuransi Tokopedia

Syarat dan Cara Mengklaim Asuransi Tokopedia

Adapun syarat dan cara klaim asuransi Tokopedia yang harus Kamu perhatikan, ialah sebagai berikut :

1. Polis Dalam Keadaan Aktif dan Tidak Lapse

Biasanya polis lapse bisa terjadi jika Kamu tak membayar prem tepat waktu saat jatuh tempo. Oleh karena itu, pastikan toppers membayar premi tepat waktu supaya asuransimu tidak berhenti dan terus berjalan. Jika Kamu mempunyai asuransi jiwa melalui unitlink, maka polis lapse akan terjadi jika alokas investasi berkurang akibat kondisi pasar. Sebagai solusinya, toppers harus top up.

2. Tidak Sedang Dalam Masa Tunggu

Sama halnya dengan cara klaim asuransi Prudential atau lainnya pada umumnya, kebijakan ini juga berlaku dalam cara klaim asuransi tokopedia. Masa tunggu untuk asuransi biasanya hanya berlangsung mulai dari 30 hari sampai 60 hari sejak pengajuan polismu disetujui.

Dengan kata lain, Kamu tak akan bisa mengklaim asuransi Tokopedia sebelum berakhir masa tunggu. Polismu bisa saja disetujui, namun prosesnya cenderung memerlukan waktu cukup lama. Meskipun disetujui, Kamu masih belum langsung dapat melakukanklaim. Jadi, pastikan untuk mengajukan polis secepatnya.

3. Pengajuan Klaim Tepat Waktu

Sebelum kamu mengajukan dokumen, pastikan sudah menghubungi layanan asuransi terlebih dahulu. Adapun hal yang harus Kamu perhatikan dalam cara klaim asuransi Tokopedia ialah setiap asuransi mempunyai jangka waktu tertentu untukbisa menentukan pengajuan klaimmu, apakah ditolak atau diterima.

Bagi yang hendak mengajukanklaim kendaraan, maka Kamu wajib menghubungi asuransi dengan maksimal jangka waktu 3 x 24 jam. Sehingga jika lewat masa waktu tersebut, maka klaim asuransimu akan ditolak. Apabila Kamu mengajukan klaim untuk kesehatan, sebaiknya ajukan setidaknya 30 hari, sedangkan klaim asuransi jiwa biasanya maksimal selama 60 hari. Adapun seluruh ketentuan tersebut berbeda untuk tiap asuransi. Oleh karenanya, pastikan melakukan riset lebih dulu.

Terkait:  Cara Klaim Kuota Tri

4. Persyaratan Dokumen Lengkap

Cara klaim asuransi Tokopedia selanjutnya, dalam pengajuan dokumen, Kamu harus pastikan semua dokumen yang diminta sesuai prosedur dan lengkap. Jika Kamu melewatkan satu saja dokumen, klaim asuransimu bisa saja ditolak. Apabila masih kebingungan apa yang mesti dilakukan ketika mengajukan klaim asuransi, ada beberapa langkah penting berikut yang harus dilakukan :

  • Nasabah wajib menyerahkan dokumen pengajuan klaim baik ke kantor pusat perusahaan asuransi atau lewat kurir, pos, maupun ekspedisi.
  • Biasanya pihak asuransi melakukan pengecekan data-data atau dokumen.
  • Selanjutnya Kamu akan langsung dikabari pihak asuransi tentang hasil keputusan pengajuan klaimmu. Selanjutnya mereka akan langsung menghubungimu lewat SMS, email, surat atau telepon.
  • Setelah itu, pembayaran klaimmu akan disetujui.
  • Harus diingat, jika dokumen pengajuan klaim yang diajukan setiap asuransi sendiri berbeda-beda. Apabila Kamu hendak mengajukan dokumen, sebaiknya Kamu bertanya langsung ke pihak asuransi tentang dokumen yang mesti dipersiapkan.
  • Biasanya, dokumen yang pasti harus dipersiapkan ialah buku polis, nomor rekening bank, dan fotokopi KTP.
  • Di samping itu, berbagai prosedur dokumen biasanya tergantung apda jenis asuransi maupun perusahaan asuransinya itu sendiri.

Itulah beberapa syarat dan cara klaim asuransi Tokopedia. Mengingat asuransi pengiriman adalah tanggung jawab langsung dari PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia lewat Tokopedia, maka penjual tak perlu lagi melakukan pembayaran premi asuransi ke pihak ekspedisi. Jadi penjual tak akan menerima premi asuransi sesuai yang tertera saat transaksi selesai dilakukan.

 

 

Related posts