Cara Kerja Kredivo

  • Whatsapp

Kredivo adalah aplikas pinjaman online yang sudah terkenal di Indonesia. Aplikasi yang satu ini memungkinkanmu untuk membeli barang dan melakukan pembayaran nanti dengan jangka waktu selama 30 hari bebas bunga. Selain itu, juga bisa dengan metode cicilan baik 3-12 bulan dengan jumlah bunga sebesar 2,95% per bulan. Bagaimana cara kerja kredivo?

Sebelum membahas cara kerjanya, Kamu harus mengetahui aplikas kredivo terlebih dahulu. Bisa dibilang bahwa kredivo ialah kartu kredit digital yang digunakan untuk berbelanja secara online lewat aplikasi via HP melalui besaran bunga sebesar 0%-4% per bulan. Kamu dapat menggunakan Kredivo untuk melakukan pembelian produk di merchant online Kredivo. Sehingga Kredivo sangat cocok bagi Kamu yang tidak memiliki kartu kredit.

Read More

Pembelian barang Kredivo dengan melayani sistem kredit cepat ini memiliki 2 jadwal atau skema pembayaran, diantaranya Kredivo dengan cicilan selama 12 bulan atau Kredivo 30 hari. Jika sudah berhasil menerima fasilita kredit langsung di Kredivo Indonesia satu kali, statusmu di Kredivo menjadi naik kelas. Oleh karena itu, kamu bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan jenis Kredivo Pinjaman Tunai.

Cara Kerja Kredivo

Cara Kerja Kredivo
Bagaimana Cara Kredivo Bekerja?

Mendaftar Kredivo Supaya Disetujui

Cara kerja kredivo sebenarnya sangat mudah, asalkan Kamu sudah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Hanya saja, jika Kamu ingin mendaftar akun premium cukup sulit melakukannya. Penting untuk diketahui bahwa Kredivo bukan aplikas abal-abal yang langsung menerima pendaftaran bagi para penggunanya. Biasanya Kredivo hanya menerima member atau pengguna yang mempunyai penghasilan tetap saja setiap bulannya. Hal tersebut juga harus dibarengi dengan bukti yang Kamu tunjukkan ke Kredivo.

Terkait:  Cara Kerja IP Address

Sebenarnya tidak ada keterangan apapun yang menyebutkan pengguna harus buruh pabrik, karyawan, maupun direktur. Ini artinya, siapapun dapat mendaftar aplikasi Kredivo, baik kuli bangunan, asongan maupun pedagang. Hal terpenting ialah Kamu harus mempunyai penghasilan sebagai bukti yang dapat ditunjukkanke Kredivo.

Jenis Pengguna Kredivo

Ada 2 jenis pengguna Kredivo yang berbeda, diantaranya tipe basic dan tipe pengguna Premium. Dimana akun basic Kredivo hanya dapat mencicil 30 hari lamanya dengan saldo minimal yang akan diberikan sebesar Rp. 3 juta. Sementara dengan memakai akun premium, maka Kamu dapat mencicil kredit dengan pilihan 1 bulan atau 30 hari, kemudian ada yang 3, 6 hingga 12 bulan. Adapun limit saldo pinjaman yang diberikan Kredivo juga lebih besar, yakni senilai Rp. 30 juta.

1. Syarat Pendaftaran Akun Basic

Registrasi menggunakan akun Basic Kredivo lebih gampang dibandingkan akun Premium. Untuk akun basic, menyediakan persyaratan registrasi yang hampir sama seperti akun Premium. Akan tetapi karena akun basic tidak diminta menunjukkan bukti penghasilan, tidak sedikit pendaftar yang lebih mudah disetujui pendaftarannya di Kredivo.

Adapun persyaratan pendaftaran untuk akun basic Kredivo ini yaitu mempunyai KTP, tinggal di Indonesia dan penghasilan minimal sebesar Rp.  juta per bulan.

2. Syarat Pendaftaran Akun Premium Kredivo

Berbeda dengan akun basic, cara kerja Kredivo untuk pendaftaran akun premium sendiri lebih ketat. Karena Kamu dituntut untuk menunjukkan kelengkapan persyaratan yang diminta.

Berikut syarat pendaftaran untuk akun premium Kredivo, diantaranya :

  • Mempunyai KTP
  • Mempunyai minimal penghasilan Rp. 3 juta per bulan.
  • Tinggal di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Medan, Bali, Malang, Cirebon, Solo, dan Sukabumi.

Tips Agar Akun Premium Kredivo Disetujui

Cara pendaftaran Kredivo sendiri sengat mudah, jadi di sini Kami tidak akan membahasnya. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang diminta oleh pihak Kredivo saja. Hanya saja, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan supaya pendaftaranmu dapat disetujui. Sehingga Kamu bisa melanjutkan cara kerja Kredivo untuk pinjaman atau pembayaran cicilan.

Terkait:  Cara Kerja di Korea

1. Berdomisili di Wilayah yang Didukung

Bagi Kamu yang berdomisili di wilayah yang masih belum mendukung layanan Kredivo, maka Kredivo tidak akan menerima pendaftaranmu. Lalu, bagaimana cara kerja Kredivo untuk mengeceknya? Biasanya mereka meminta akses GPS atau lokasi ketika pendaftaran. Nah, dari sinilah tim Kredivo langsung bisa mengecek daerah tempat Kamu mengajukan registrasi.

2. Melengkapi Informasi Pekerjaan Sedetail Mungkin

Sebenarnya hal ini sangat penting bagi pihak Kredivo, karena mengindikasikan seberapa tinggi tingkat kepercayaan Kredivo terhadapmu. Hal ini wajar rasanya, karena Kredivo tidak ingin salah memberikan pinjaman ke orang yang tidak tepat. Anggap saja, misalnya Kamu mengajukan pinjaman senilai Rp. 30 juta.

Melalui pinjaman tersebut, pekerjaan apa yang dapat meyakinkan Kredivo? Misalnya pekerjaan full time dengan pendapatan Rp. 3, juta per bulan serta minimal sudah bekerja selama 2 tahun lebih untuk meyakinkan pihak pemberi pinjaman.

3. Masukkan Data Penghasilan

Untuk menginput data upah yang Kamu terima  per bulannya sebenarnya tak harus akurat, namun tetap proporsional. Dapat dikatakan bahwa besar penghasilan adalah poin terpenting untuk menentukan pendaftaranmu ditolak atau diterima. Jika Kamu pedagang atau pengusaha misalya, maka apabila omsetmu senilai kisaran Rp. 4 juta hingga Rp. 5 juta per bulannya, Kamu tinggal tulis RP. 5 juta.

4. Melakukan Verifikas Alamat

Selanjutnya Kamu akan diminta menghubungkan akunmu yang ada di salah satu marketplace atau ecommerce yang ada. Adapun tujuannya ialah untuk melakukan verifikasi tempat tinggal/alamatmu. Silahkan masukan akun marketpace yang sering digunakan untuk bertransaksi dan mengirimkan produk yang dibeli dengan ditujukan pada alamat di KTP-mu. Apabila Kamu belum pernah bertransaksi sebelumnya, Kamu harus menunda pendaftaranmu untuk melakukan transaksi di akun e-commerce tersebut lebih dulu.

5. Silahkan Kirim Bukti Penghasilan

Sayangnya Kredivo kini telah menghilangkan bukti penghasilan menggunakan internet banking, jadi yang tersisa adalah hanya lewat akun BPJS/DJP dan foto NPWP pribadi. Ini artinya Kamu yang belum mempunyai NPWP tak akan dapat mengisi bagian yang satu ini. Selain itu tidak dapat melanjutkna registrasi. Adapun informas pajak lewat DJP online bisa dijadikan tolak ukur dari besarnya penghasilanmu. Walaupn tak selalu akurat namun inilah yang telah diprosedurkan.

Terkait:  Cara Kerja IUD

6. Inputkan Kode Referral

Walaupun perannya tak sepenting syarat-syarat di atas, menginputkan kode referral terutama bagi pengguna Kredivo dengan track record baik, bisa menambah peluang persetujuan pendaftaranmu.

Silahan Pakai kode referal di atas ketika Kamu mendaftar akun Kredivo. Apabila pendaftaranmu sudah disetujui, maka Kamu akan menerima diskon hingga RP. 100 ribu yang dapat dipakai untuk transaksi yang pertama kali.

Cara Berbelanja Dengan Kredivo

Jika pendaftaranmu sudah disetujui, maka Kamu bisa melakukan cara  kerja Kredivo saat melakukan transaksi belanja online. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama silahkan pilih produk pilihanmu di salah satu partner atau merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo.
  • Ketika melakukan pembayaran, Kamu tinggal pilih Kredivo dan pilih tenor waktu pembayaran sesuai keinginan di sebelah kiri bagian atas. Apabila Kamu memilih cicilan, maka  simulasi pembayarannya tersedia di samping kiri bagian bawah.
  • Setelah itu, login memakai PIN dan nomor HP-mu. Inputkan kode diskon (opsional). Selanjutnya tekan “login.
  • Jika nominal belanjamu melebihi Rp. 200 ribu, Kamu pun akan mendapatkan kode OTP untuk verifikasi yang dikirim langsung ke nomor HP-mu yang sudah terdaftar di akun Kredivo.
  • Silahkan masukkan kode OTP dan ketuk “Konfirmasi OTP”.
  • Selanjutnya transaksi pun akan selesa. Kamu tinggal menunggu pesananmu untuk diantar.

Bagaimana, cara kerja Kredivo mulai dari pendaftaran dan cara menggunakannya untuk berbelanja di merchant, sangat mudah bukan? Selain itu,  Kamu juga bisa mencoba cicilan dengan Kredivoo melalui cara cicilan Kredivo. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Related posts