Cara Jadi Youtubers

Jika Kamu ingin mendapatkan uang banyak dari channel Youtube, maka harus tahu bagaimana cara memonetisasi akun Youtube milikmu. Akun yang sudah dimonetisasi, akan mendapatkan keuntungan besar yang biasanya dihitung berdasarkan jumlah viewers atau penonton. Ada beberapa cara jadi Youtubers sukses yang mampu meraup banyak pundi pundi rupiah.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memonetisasi akun Youtube. Tidak hanya melalui iklan, melainkan juga melalui cara lainnya, mulai dari merchandise, mitra, dan sebagainya. Oleh karena itu, Kamu dapat memperoleh penghasilan dari akun Youtube.

Apa Itu Monetisasi Youtube?

Monetisasi youtuber merupakan metode untuk mendapatkan penghasilan berdasarkan video yang diunggah dari Youtube dengan cara mengaktifkan berbagai macam fitur iklan di video tersebut. Namun tentu saja, hanya beberapa video saja yang dapat disisipkan iklan mengingat hanya video terpopuler yang akan menerime pemasukan monetisasi yang terbesar berdasarkan iklan di Youtube.

Adapun tujuan dari pengiklan menyimpan modalnya dengan cara beriklan di akun Youtube-mu ialah guna menjangkau audiens lebih banyak atau memperoleh popularitas lebih tinggi. Maka dari itu, pihak Youtube akan menyisipkan iklan pada video yang jumlah viewers atau subscriber-nya lebih banyak dan pada akun yang mengunggah konten video secara rutin.

Akun yang jumlah penontonnya membludak dengan jam tayang tinggi tentu sangat menguntungkan bagi bisnis Youtube itu sendiri. Melalui cara jadi Youtubers inilah, mereka tidak akan segan-segan memonetisasi keuntungan yang diperoleh dari iklan menuju akun Youtuber populer tersebut.

Oleh karena itu, beberapa cara serta persyaratan memonetisasi Youtube wajib dipenuhi sebuah channel Youtube dapat diizinkan demi mendapatkan keuntungan.

Persyaratan Monetisasi Akun Youtube

Sebelum kita membahas cara jadi Youtubers untuk memonetisasi akun Youtube, maka Kamu harus mengetahui berbagai persyaratan yang diminta. Tentu saja Youtube akan menerima permintaan melakukan monetisasi akun populer sebagaimana pegaruhnya akan signifikan untuk bisnis tertentu.

Adapun indikator signifikan tersebut bisa dilihat berdasarkan popularitasnya dalam menarik perhatian penonton lebih banyak sekaligus isi konten video itu sendiri.

Channel Youtube yang sudah sukses dimonetisasi disebut juga sebagai Youtube Partner. Maka dari itu, sudah dibuat syarat dan ketentuan dalam monetisasi Youtube itu sendiri diantaranya :

  • Harus mengikuti semua kebijakan dan aturan monetisasi Youtube. Sebenarnya kebijakannya bervariasi, seperti pembatasan konten Youtube yang tak diperbolehkan berisi pornografi, kekerasan, hingga memastikan jika konten Youtube yang diunggah tak melakukan pelanggaran hak cipta.
  • Tinggal di wilayah atau negara tempat keberadaan Youtube Partner. Salah satunya adalah negara Indonesia.
  • Memiliki 1.000 lebih subscribers.
  • Terkoneksi pada akun Adsense.
  • Mempunyai 4.000 lebih jam tayang hingga 12 bulan terakhir. Ini artinya total jam tayang kontenmu harus sudah 4.000 jam.

Walaupun sudah memenuhi persyaratan di atas, tetap saja tidak menjamin jika monetisasi channel Youtube-mu akan diterima Youtube.

Aktikan Monetisasi di Google Adsense

Hal terpenting ialah Kamu perlu mengaktifkan monetisasi terlebih dahulu atau mengaktifkan layanan Google adsense. Ini dia beberapa tahapan untuk mengaktifkan Adsense, diantaranya :

  • Silahkan ketuk akun Youtube di bagian kanan atas.
  • Masuk ke dalam opsi “Creator Studio”.
  • Pada bagian kiri, Kamu bisa memilih menu “Channel”.
  • Kemudian tekan “Status and Features”.
  • Tekan enable pada menu “Monetization”.
  • Mengikuti instruksi yang tertera pada halaman tersebut.

Adapun alasan konten Youtube milikmu ditolak ialah karena tak memenuhi syarat dan kebijakan. Namun tenang saja, apabila kontenmu ditolak, maka Kamu tetap dapat melakukan registrasi kembali selama rentang waktu 1 bulan allias 30 hari sesudahnya.

Cara Jadi Youtubers

Cara Jadi Youtubers
Menjadi Youtubers

Menjadi Youtubers Sukses

Setiap orang tentu berkesempatan menjadi Youtubers sukses. Asalkan kamu mempunyai isi konten berkualitas dan menarik, sehingga bisa menjadi Youtubers populer di Youtuber. Apabila Kamu ingin mencoba cara jadi Youtubers dan masih bingung memilih konten yang harus diunsung. Kamu bisa mencoba hal-hal menarik agar dapat memikat penonton dan pengunjung.

Terlebih lagi saat ini sedang musim-musimnya menjadi vlogger, yang isinya tak hanya berupa konten biasa. Apabila travelling sehari-hari dirasa kurang menarik, Kamu dapat mencari berbagai macam hal menarik lainnya yang dapat dibahas dalam channel Youtube yang Kamu miliki.

1. Parodi

Channel Youtube yang berisi parode seringkali memang banyak disukai para pengunjung. Adapun yang dimaksud dengan parodi di sini ialah menirukan berbagai macam adegan, seperti drama, lagu, film atau anime.

Lalu setiap adegan biasanya dibuat lebih lucu, sebagai bahan guyonan atau candaan yang nantinya membuat pengunjung tertawa. Konten komedi ini tetap menjadi pilihan jika Kamu ingin menciptakan sebuah channel Youtube.

2. Teen Life

Bahasan ini merupakan sesuatu yang cocok dan fresh untuk dikupas/dibahas. Walaupun ada banyak akun membahas hal yang satu ini, tetap saja banyak dicari dan tak pernah mai.

Kamu dapat membuat berbagai macam video berkaitan dengan permasalahan anak-anak muda yang ada di zaman sekarang. Konten video yang kamu buat untuk niche ini dibuat lebih menarik.

3. Review

Salah satu konten yang dapat menarik minat para penonton lainnya dalam cara jadi Youtubers populer ialah konten review. Kamu bisa me-review berbagai macam hal seperti film, teknologi, lagu, kartun atau apapun memang menjadi hal menarik. Jika dibandingkan membaca, tentu banyak orang lebih memilih mencari video review yang membahas berbagai macam ulasan topik sesuai yang dicari.

4. Masakan

Baik itu untuk blogger maupun menjadi Youtubers, konten kuliner tetap menjadi pilihan dan banyak disukai para penonton. Bagi Kamu yang gemar memasak atau food travelling juga dapat dituangkan di platform Youtube. Berbagai eksperimen baru serta beberapa tempat rekomendasi menari bisa menjadi hal paling disukai para pelanggan atau viewer.

Selain konten di atas, Kamu juga bisa mencoba cara jadi Youtuber gaming yang kini sedang digeluti oleh banyak Youtubers.

Trik Jadi Youtubers Singkat

Youtube sendiri mempunyai banyak youtuber atau pengguna yang sudah berhasil melakukan cara jadi Youtubers dari nol. Sekarang ini, persaingan dalam dunia Youtube sendiri sudah semakin ketat mengingat Youtuber baru yang bermunculan semakin banyak. Selain itu, tak semua Youtuber bisa menjadi sukses.

Bagi Kamu yang ingin sukses menjadi Youtubers, ada beberapa tahapan cara jadi Youtubers diantaranya sebagia berikut :

  • Buat konten video yang bisa ditampilkan kepada penonton atau audience. Untuk menentukan audience sendiri, Kamu harus melihat viewers yang menonton platform Youtube itu sendiri. Sebab biasanya terdapat 2 tujuan, dari hiburan atau entertainment serta edukasi.
  • Membangun subsciber akun Youtube secara natural. Jika ingin mendapatkan banyak subscriber dengan cepat, harus membuat video berkualitas, menampilkan sesuatu yang bersifat relevan bagi penonton dan optimasi gambar serta judul dengan sebaik mungkin.
  • Penyebarannya bisa dilakukan mulai dari area lingkungan sosial sendiri, hindari pemakaian metode black-hat. Kamu bisa mencoba collabs bersama Youtubers atau teman lainnya, silahkan balas komentar konten video. Tetapi berikan komentar ke video Youtuber yang lainnya.
  • Optimalisasi deskripsi dan tampilan channel Youtube yang dimiliki.
  • Kamu harus memahami alogaritma Youtube dengan baik atau bermain berdasarkan aturan.
  • Melakukan penjadwalan secara otomatis, dan harus menerima saran atau masukan dari penonton.

Itulah beberapa trik dan rahasia cara jadi Youtubers yang sukses memonetisasi akun Youtube mereka dengan mendapatkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan. Bagaimana, tertarik melakukannya?

 

Related posts