Cara Mengatasi Memori Penuh

Cara Mengatasi Memori Penuh
Cara Mengatasi Memori Penuh

Memori merupakan tempat penyimpanan sebuah data dalam menjalankan suatu sistem. Jika memori tersebut mulai penuh maka sistem yang dijalankan akan berpengaruh dan mengalami lemot, lalu ada ngga sih cara mengatasi memori penuh? Tentu saja ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan.

Dalam dunia teknologi, memori merupakan hal penting untuk mendukung seluruh sistemnya. Karena tanpa memori maka sistem tidak akan bisa bekerja. Dan dalam perkembangannya sekarang ini, memori sudah mulai banyak dikembangkan terutama dalam batasan kapasitas penyimpanannya.

Read More

Salah satu permasalahan yang sering dialami para pengguna gadget adalah adalah memori yang cepat sekali penuh. Dan tidak jarang juga membuat penggunanya merasa jengkel dan bingung untuk mengatasi penyimpanan yang cepat penuh.

Memori internal di ponsel biasanya digunakan sebagai lokasi penyimpanan data aplikasi dan data sistem lainnya. Maka tidak heran jika gadget yang sering kita pakai tiba-tiba ruang penyimpanannya menjadi penuh karena terlalu banyak file cache di dalamnya.

Yang sering menjadi keluh kesah pengguna gadget adalah ketika memori penuh data atau file yang tidak terlalu penting maka akan mempengaruhi kinerja dan kemampuan perangkat yang digunakan. Beberapa fungsi pada ponsel juga akan terasa sangat berat dan lemot saat dijalankan.

Mengapa Memori Cepat Penuh ?

Nah untuk mengatasi penyimpanan penuh, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa sih yang bikin penyimpanan kita terasa cepat sekali penuh. Ada beberapa hal mendasar yang bisa menjadi penyebab memori internal penuh.

  • Ukuran Aplikasi yang Besar

Untuk kalian yang ingin mengunduh sebuah aplikasi, coba deh kamu lihat dulu ukuran aplikasinya dan juga dengan ruang penyimpanan kamu. Jika terlalu besar dari penyimpananmu sebaiknya kamu urungkan niatmu untuk mengunduhnya apalagi untuk kalian yang menggunakan gadget dengan RAM dan penyimpanan yang kecil. Tapi kamu jangan khawatira karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan memori eksternal.

  • File Cache atau File Sampah Menumpuk

File sampah yang sudah tidak digunakan memang sering menjadi faktor utama dalam bertambahnya ruang penyimpanan gadget kita. Karena jika kita menjalankan sebuah aplikasi secara tidak langsung juga akan memberikan file sampah untuk memori kita.

  • Media yang Tidak Penting

Jika kamu mempunyai banyak file media yang tidak terlalu penting sebaiknya kamu bersihkan saja untuk merawat dan menambah memori kamu.

  • Banyak Aplikasi Bawaan

Secara umum, ada dua tipe aplikasi bawaan dalam hal ini yang mana meliputi bawaan sistem operasi (seperti Google Play Store) dan bloatware yang berasal dari pihak pengembang. Sayangnya, beberapa aplikasi tersebut tak jarang hanya memenuhi ruang penyimpanan karena sama sekali tidak pernah digunakan meskipun sebagian lainnya sangat bermanfaat bagi pengguna.

Cara Mengatasi Memori Penuh

Cara Mengatasi Memori Penuh
Cara Mengatasi Memori Penuh

Memori yang penuh biasanya akan mengakibatkan kinerja gadget kita akan menurun karena sebagian ruang penyimpanan sistem sudah terpakai. Lantas bagaimana cara mengatasi memori penuh?

1. Bersihkan File Cache

File cache merupakan file sampah pada sistem yang tidak terpakai. Jika tidak dibersihkan maka file ini hanya akan membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Karena tidak berfungsi atau hanya menjadi file sampah pada gadgetmu, kamu perlu mengatur jadwal untuk membersihkan file cache ini. Bisa sehari sekali, dua hari sekali, seminggu sekali ataupun bisa juga disaat sudah mulai ada peringatan memori penuh.

2. Uninstall Aplikasi yang Tak Diperlukan

Semakin banyak aplikasi yang kamu unduh maka semakin banyak data sistem aplikasi yang akan masuk di sistem androidmu dan akan memenuhi ruang penyimpanan di gadgetmu. Maka kamu perlu sekali untuk memilah antara aplikasi yang penting dan juga aplikasi yang tidak terlalu penting buat kamu. Jika tidak penting sebaiknya di uninstall untuk menambah ruang penyimpanan.

3. Gunakan SD Card

Menggunakan SD Card atau penyimpanan eksternal bisa menjadi salah satu alternatif kamu untuk menambah ruang penyimpanan internal. Kamu bisa memindahkan file yang berukuran besar ke penyimpanan eksternal terutama file media. Jika kamu adalah penggemar selfie, sebaiknya atur penyimpanan media kamu di eksternal agar penyimpanan internal tidak cepat penuh.

4. Backup Data Whatsapp ke Google Drive

Data dari aplikasi whatsapp biasanya memiliki ukuran yang cukup besar. Cukup untuk membuat ruang penyimpananmu menjerit. Dan kamu bisa membackup data dari aplikasi whatsapp ke akun Google Drive kalian untuk membuat ruang penyimpanan menjadi lega.

5. Matikan Auto Download Whatsapp

Jika settingan whatsappmu untuk media downloader tidak dimatikan maka semua media yang dikirim atau diterima di whatsappmu akan ikut masuk ke dalam penyimpanan kamu. Dan jelas sekali akan membuat ruang penyimpanan penuh. Maka untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mematikan settingan Auto Download untuk media whatsapp.

6. Reset HP

Gadget yang sudah berusia lama biasanya akan memiliki file cache yang sudah terlalu menumpuk. Susah untuk menghapus atau membersihkannya secara manual ataupun menggunakan aplikasi tambahan. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan cara Reset HP. Karena kamu akan menghapus semua data internal termasuk semua data aplikasi kamu juga. Namun, sebelum kamu melakukan reset HP alangkah baiknya untuk membackup terlebih dahulu untuk data-data yang menurutmu penting.

7. Gunakan Cloud Storage

Menggunakan cloud storage tentunya bakal menguras kuota internet kamu lebih besar dari biasanya. Namun, cloud storage terbukti sangat mampun mengurangi beban di smartphone. Selain itu, file kamu pun bisa diakses kapan saja, bahkan lewat komputer.

8. Gunakan Aplikasi Pembersih

Sebelum menggunakan aplikasi pembersih, pastikan dahulu bahwa penyimpanan kamu masih cukup ruang untuk menambah satu aplikasi pembersih. Jika tidak cukup maka kamu perlu membersihkan beberapa file terlebih dahulu. Menggunakan aplikasi pembersih juga bisa sangat membantu kamu dalam membersihkan file cache atau file yang sudah tidak diperlukan lagi.

9. Hapus Media yang Tak Penting

Jika kamu mempunyai banyak file media entah itu foto atau video. Kamu perlu memilih file media yang perlu atau pun yang sudah tidak perlu. Dan kamu perlu menghapus sebagian file mediamu terutama jika file tersebut tidak bersifat penting. Daripada hanya membuat ruang penyimpananmu penuh sebaiknya dibersihkan saja.

10. Matikan Update Aplikasi

Cara yang terakhir adalah kamu bisa mematikan settingan Auto Update pada Google Playstore kalian. Karena tanpa kalian sadari tiba-tiba play store kalian akan melakukan proses download untuk update sebuah aplikasi dan akan secara langsung menambah ruang penyimpanan kamu. Lakukan update secara manual jika kamu memerlukannya saja agar menghindari penambahan ruang yang tak perlu.

Berikut adalah beberapa trik cara mengatasi memori penuh yang bisa kalian coba untuk menghindari penambahan ruang penyimpanan kalian karena beberapa hal. Dan yang pasti untuk menghindari kinerja ponsel yang menurun akibat ruang penyimpanan yang penuh. Lakukanlah pengechekan secara rutin untuk kinerja gadget yang optimal.

Related posts