Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengatasi memori internal penuh terus? Memori internal yang penuh sering kali mengganggu kinerja gadget. Dan kamu pasti bingung cara mengatasinya. Disini akan kami rangkum untuk kamu beberapa langkah mengatasi memori internal penuh. Dari yang paling sederhana hingga yang sedikit rumit untuk dicoba.

Memori internal atau biasa kita sebuh ROM merupakan penyimpanan yang bisa berfungsi untuk menyimpan data dari sistem operasi gadget kamu. Semakin berkembangnya teknologi, memori internal pun ikut diupdate dan semakin berkembang, terutama dalam kapasitas penyimpanannya. Namun seperti yang kita tahu, semakin canggihnya sebuah sistem akan semakin memakan ruang penyimpanan yang semakin besar pula.

Read More

Jadi tidak sedikit kasus yang sering terjadi adalah semakin penuhnya memori internal pada gadget sebagian orang. Kebanyakan pengguna pasti pernah mengalami permasalahan yang sama, yaitu penuhnya memori internal yang membuat handphone menjadi tidak bisa menyimpan file dan juga memperlambat kinerja dan membuat penggunanya mencari solusi cara mengatasi memori internal penuh.

Dampak jika memori internal HP dibiarkan penuh ada banyak sekali. Mulai dari gadget yang semakin lemot, aplikasi macet, bootlop, sampai HP sering panas. Untuk itu, jika kamu ingin mengatasi memori internal penuh, kamu bisa melakukan pembersihan secara rutin agar memaksimalkan ruang penyimpanan kamu.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Pernah kah kamu mengalami memori internal kamu penuh, dan kamu bigung cara mengatasi memori internal penuh pada gadget kamu? Kami punya beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi memori internal penuh.

Terkait:  Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

Hapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi memori internal penuh yang pertama adalah dengan menghapus cache aplikasi kamu. Cache sendiri merupakan sisa data yang sudah tidak kita gunakan lagi. Dan setiap aplikasi pasti memiliki cache dan akan membuat ruang penyimpanan kamu semakin sekarat jika tidak kamu bersihkan. Cara membersihkan cache ini cukup mudah, beberapa langkah berikut bisa kamu ikuti:

  • Buka dulu Setelan HP Android pada menu Pengaturan.
  • Setelah itu, masuk ke menu Aplikasi.
  • Lanjut cari aplikasi apa saja yang memakan memori paling besar.
  • Setelah ketemu, silahkan kamu buka aplikasinya.
  • Ketuk menu Penyimpanan, lalu ketuk Hapus Cache.
  • Lanjutkan dengan menghapus Cache aplikasi yang lainnya.
  • Jika ingin menghapus data boleh saja, lebih maksimal meskipun data aplikasi seluruhnya akan hilang.
  • Hapus data akan membuat pengguna melakukan login ulang ketika akan menggunakan.

Pindahkan Data Aplikasi ke Memori Eksternal

Selain cara diatas, untuk mengatasi memori internal penuh kamu bisa memindahkan sebagian data aplikasi kamu ke memori eksternal. Hal ini bertujuan agar memori internal kamu tidak makin sekarat karena data aplikasi yang cukup besar. Kamu juga bisa menggunakan memori internal kamu yang lega untuk menyimpan file yang lainnya.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Terlalu banyak aplikasi akan membuat ruang penyimpanan kamu semakin menipis dan berkurang. Untuk itu kamu bisa memilih aplikasi yang benar-benar penting kamu gunakan dengan yang tidak. Jika tidak terlalu kamu pakai alangkah lebih baiknya dihapus atau uninstall saja karena hanya akan menambah ruang penyimpanan kamu. Dengan menghapus atau uninstall sebagian aplikasi yang tidak kamu gunakan bisa membantu kamu mengatasi memori internal penuh.

Penggunaan SD Card atau Memori Eksternal

Cara mengatasi memori internal penuh selanjutnya adalah dengan menggunakan SD Card atau penyimpanan eksternal yang bisa menjadi salah satu alternatif kamu untuk menambah ruang penyimpanan internal. Kamu bisa memindahkan file yang berukuran besar ke penyimpanan eksternal terutama file media. Jika kamu adalah penggemar selfie, sebaiknya atur penyimpanan media kamu di eksternal agar penyimpanan internal tidak cepat penuh.

Terkait:  Cara Download Lagu dari Soundcloud

Matikan Auto Download Media Whatsapp

Jika settingan whatsappmu untuk media downloader tidak dimatikan maka semua media yang dikirim atau diterima di whatsappmu akan ikut masuk ke dalam penyimpanan kamu. Dan jelas sekali akan membuat ruang penyimpanan penuh. Maka untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mematikan settingan Auto Download untuk media whatsapp.

Membersihkan Memori dengan Aplikasi Pembersih

Sebelum menggunakan aplikasi pembersih, pastikan dahulu bahwa penyimpanan kamu masih cukup ruang untuk menambah satu aplikasi pembersih. Jika tidak cukup maka kamu perlu membersihkan beberapa file terlebih dahulu. Menggunakan aplikasi pembersih juga bisa sangat membantu kamu dalam membersihkan file cache atau file yang sudah tidak diperlukan lagi.

Matikan Update Aplikasi Secara Otomatis

Cara mengatasi memori internal penuh yang terakhir adalah kamu bisa mematikan settingan Auto Update pada Google Playstore kalian. Karena tanpa kalian sadari tiba-tiba play store kalian akan melakukan proses download untuk update sebuah aplikasi dan akan secara langsung menambah ruang penyimpanan kamu. Lakukan update secara manual jika kamu memerlukannya saja agar menghindari penambahan ruang yang tak perlu.

Demikian tadi merupakan beberapa cara mengatasi memori internal penuh yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Kamu bisa mempraktekkannya sesuai dengan keinginan kamu. Dan jangan lupa untuk berbagi pengalamanmu kepada kawanmu.

Related posts