Cara Kerja Freelance

Apa itu freelance? Definisi freelance ialah mengacu pada sebuah pekerjaan paruh waktu. Sementara pengertian freelancer sendiri ialah orang yang mengerjakan sebuah job atau pekerjaan, dan biasanya pekerjaan tersebut berasal dari beberapa klien yang berbeda tanpa adanya komitmen kontrak kerja yang panjang. Lalu, bagaimana cara kerja freelance itu sendiri?

Tapi sebenarnya freelance bisa bekerja secara paruh waktu (part time) atau penuh (full time). Hanya saja, seorang freelancer tidak dapat dianggap sebagai pegawai atau karyawan tetap, jadi ia lebih bebas menawarkan jasanya ke beberapa klien. Mereka biasanya bebas bekerja sesuai dengan cara tersendiri. Tentu saja selama hasil pekerjaan mereka sesuai tenggat waktu dan spesifikasi yang telah ditetapkan klien.

Menjadi freelancer merupakan cara tercepat, termurah dan termudah untuk bekerja. Bahkan kini ada beberapa platform atau website semacam pasar freelance online, ebut saja seperit Sribulancer, oDesk, Project.co.id, dan lainnya.

Cara Kerja Freelance

Cara Kerja Freelance
Bagaimana Freelance Bekerja

Bagaimana Mekanisme Kerja Freelance?

Ada beberapa tahapan proses cara kerja freelance yang harus Kamu pelajari, berikut ini ulasannya :

1. Tahap Registrasi

Cara kerja freelance yang pertama, sebelum Kamu mendaftar sebagai freelancer alangkah baiknya cari referensi serta rating di berbagai web penyedia freelancer terlebih dahulu. Jika sudah menentukan opsi yang terbaik, setelah itu Kamu akan diminta melakukan registrasi. Adapun cara pendaftarannya sangat mudah, Kamu hanya perlu mendaftarkan akun email, melakukan pengisian data diri serta memilih opsi pembayaran.

Kamu juga dapat memilih bidang yang sesuai keahlianmu. Selain itu, Kamu juga bisa melamar ke orang pertama secara langsung dengan mengirim data diri lengkap dan lamaranmu.

2. Pemilik Bisnis Selaku Klien Akan Mencari Freelancer

Jika Kamu sudah melakukan pendaftaran dan membuat profil di beberapa situs penyedia freelance. Langkah berikutnya pemilik bisnis atau klien akan mencari jasa freelancer di web penyedia freelance berdasarkan kategori yang dibutuhkan. Klien selanjutnya memilih freelancer menurut kriteria tertentu.

Seringkali klien atau pemberi kerja membuat thread mereka di beberapa web marketplace freelance mengenai jenis job yang diperlukan. Kemudian freelancer pu mulai menawarkan jasanya.

3. Mulai Mengerjakan Pekerjaan

Sesudah pemberi kerja atau klien memilih satu pekerja lepas atau freelancer berdasarkan kriteria tertentu. Cara kerja freelance berikutnya, kamu sebagai freelancer harus mulai mengerjakan job sesuai kesepakatan. Umumnya kesepakatan yang telah disetujui pihak freelance dan klien ialah tentang biaya pekerjaan atau lamanya waktu pekerjaan diselesaikan. Baru kemudian freelancer mengerjakan tugas sesuai permintaan.

4. Kerjakan Pekerjaan Sesuai Kesepakatan

Cara kerja freelance berikutnya ialah, Kamu sebagai freelancer harus menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan. Selain itu, pekerjaan juga harus diselesaikan berdasarkan brief atau spesifikasi yang diminta klien. Jangan sampai, Kamu salah mengerjakan job yang diberikan klien.

Jika Kamu masih belum mengerti, Kamu bisa langsung bertanya pada klien. Selain itu, pihak klien juga diharuskan memberikan penjelasan secara detail dan spesifik tentang brief yang diperlukan. Di samping itu, biasanya klien harus memberikan sejumlah deposit pembayaran ke website marketplace yang dipilih kedua belah pihak.

4. Kirimkan File ke Pemberi Kerja (Klien)

Cara kerja freelance berikutnya, jika Kamu sudah selesai mengerjakan pekerjaan yang diminta oleh klien sesuai jangka waktu tertentu, maka Kamu tinggal mengirim file hasil pekerjaan secara langsung pada klien. Biasanya pengiriman file tersebut bisa via email, WhatsApp atau lainnya sesuai permintaan klien selaku pemberi kerja. Jika klien sudah merasa puas dan setuju dengan hasil job yang Kamu selesakan, tugas pun dianggap sudah selesai.

Walaupun demikian, freelancer tetap harus siap jika klien meminta beberapa revisi. Biasanya revisi tugas tersebut dilakukan saat hasil pekerjaan tidak sesuai kesepakatan awal. Jadi Kamu harus menyelesaikan revisi sesegera mungkin sesuai permintaan klien.

5. Dapatkan Upah Atas Hasil Kerjamu

Jika tugas pekerjaan yang diberikan sudah selesai, dan hasilnya sesuai permintaan klien. Kamu akan langsung menerima pembayaran. Pembayaran upah tersebut biasanya dilakukan lewat akun web penyedia freelancer. Adapun jumlah uang yang dihasilkan sesuai kesepakatan awal antara kedua pihak.

Situs Web Penyedia Freelance Online

Jika Kamu tertarik dengan pekerjaan sebagai freelancer, maka ada beberapa situs penyedia freelancer online yang nantinya akan mempertemukanmu dengan pencari kerja atau klien. Berikut beberapa situs marketplace khusus freelancer :

1. Sribulancer

Sribulancer menyedikan lebih banyak pekerjaan untuk para freelancer. Web freelance onlline ini memberikan dukungan pembayaran berbentuk mata uang USD, Kamu bisa saja menerima pekerjaan klien yang berasal dari mancanegara. Pastinya tarif pembayaran yang didapat lebih tinggi.

2. Projects.co.id

Situs ini juga termasuk penyedia freelance Indonesia populer. Kamu dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan secara freelance, seperti jasa desain, penulisan, media sosial, hingga programmer. Selain itu, Kamu juga dapat membeli dan menjual berbagai produk digital di Projects.co.id, seperti template website, ebook, desain aplikasi, maupun yang lainnya.

3. oDesk

oDesk ialah salah satu website marketplace untuk para freelancer terbaik di dunia maya. Sudah berdiri sejak tahun 2004, web penyedia freelance ini telah menghadirkan revolusi bagi dunia freelancer. oDesk menyediakan lowongan pekerjaan dengan cakupan bidang cukup luas. Kamu juga bisa melakukan pendaftaran sebagai freelancer secara gratis di oDesk. Tapi kini sejak odesk berkolaborasi bersama elance, kini namanya berupah menjadi upwork.

4. 99design

99design adalah situs web freelance khusus bagi para desainer. Web penyedia freelancer ini mempunyai cara kerja freelance yang berbeda. Di samping dapat memperoleh project desain langsung, Kamu juga dapat mengikuti kontes yang akan diselenggarakan oleh salah satu klien.

5. Proz

Proz ialah web job listing bagi freelance yang fokus pada bidang penerjemah atau bahasa. Oleh karena itu, bagi yang mahir dan berminat menerjemahkan bahasa asing, maka di sinilah tempatnya. Karena banyak sekali peluang pekerjaan yang dapat Kamu kerjakan dalam bidang penerjemah. Website penyedia freelancer yang ada di Syracuse, New York, di Amerika Serikat tersebut telah tersedia dalam 45 bahasa lebih.

Jika Kamu sudah mendaftar di Proz.com, maka Kamu bisa menjabarkan identitasmu sebagai penerjemah. Ini bisa Kamu jabarkan lewat profil, baru selanjutnya mulai mencari serta menerima penawaran kerja sesuai kemampuan yang Kamu miliki melalui situs web tersebut.

Itulah beberapa situs web penyedia freelance yang bisa Kamu manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan freelancer. Kamu bisa mulai menentukan target pasar dan niche sesuai kemampuanmu, kemudian membuat situs web portofolio, dan mendaftarkan diri di situs web freelancer.

Diantara langkah cara kerja freelance di atas, hal yang tak bisa terlewatkan ialah membuat situs web portofolio. Ini adalah kunci penting sebagai freelancer sukses. Kamu bisa membangun branding dan agar terlihat lebih profesional dan kredibel.

Apabila ingin membuatnya menjadi lebih cepat dan mudah, Kamu dapat menggunakan template pada website portofolio. Cukup edit sedikit saja, lalu tambahkan profil, dengan menampilkan project terbaik yang sudah Kamu kerjakan sebelumnya.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019