Cara Refund Tiket Citilink

Cara Refund Tiket Citilink
Cara Refund Tiket Citilink

Mau liburan tapi bosan dengan jalur darat? Lewat udara saja. Gunakan maskapai dari Citilink. Aman dan pastinya nyaman. Atur ulang jadwal keberangkatan. klik cara refund tiket Citilink.

Kunjungi situs website resminya atau lihat penjelasan selengkapanya pada artikel satu ini. Ya, kamu bisa temukan lebih dari satu cara mendapatkan uangmu kembali setelah membeli tiket.

Apa Itu Refund?

Refund sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk mengembalikan sebagian uang milik penumpang yang sudah melunasi pembayaran tiket. Contohnya, refund tiket Citilink.

Maskapai Citilink yang berada di bawah naungan perusahaan Garuda Indonesia ini, memang sengaja menyediakan layanan pengembalian dana ke calon penumpang.

Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan rasa kepercayaan yang terjalin diantara kedua belah pihak. Baik itu pihak perusahaan ataupun pembeli tiket.

Namun, setiap pihak yang menyediakan proses refund dana pasti telah menetapkan kebijkaan utama yang harus dipenuhi oleh customer. Sama halnya dengan Citilink. Berikut beberapa poin pentingnya:

  • Pengembalian dana akan diproses apabila penumpang melakukan pembatalan tiket di bawah kurun waktu 48 jam atau paling lambatnya 24 jam sebelum jam keberangkatan pesawat tiba
  • Tingkat persentase minimal 75% bisa didapatkan oleh penumpang apabila melakukan pembatalan tiket di atas waktu 72 jam dari jadwal keberangkatan yang tertera di tiket
  • Pembatalan yang dilakukan kurang dari 4 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat, maka pengembalian dana yang diterima oleh penumpang minimalnya sebesar 10%
  • Tingkat Persentase refund dana 50%, dapat kamu peroleh, jika melakukan pembatalan kurang dari 72 jam hingga 48 jam dari jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan
  • Angka 30% akan kamu dapatkan dari hasil pembatalan tiket, bila prosesnya dilakukan sebelum memasuki jangka waktu 24 jam atau maksimal 12 jam

Ingat! Pembatalan tiket pesawat sebaiknya dihindari untuk meminimalisir kerugian pada diri kamu sendiri. Apabila tidak ada kepentingan mendesak sebaiknya tetap lakukan boarding.

Cara Refund Tiket Citilink

Cara Refund Tiket Citilink
Cara Refund Tiket Citilink

Cara refund tiket Citilink salah satunya dapat kamu lakukan konfirmasi secara langsung lewat call center resmi Citilink. Ini caranya:

  1. Hubungi contact center maskapai Garuda di nomor (021) 2351 9999
  2. Jika belum berhasil, silahkan telfon di 0804 080 808
  3. Untuk jaringan internasional, langsung menghubungi nomor (+6231) 9920 8709
  4. Atau gunakan fitur live chat di www.citilink.co.id
  5. Kunjungi citilink.co.id/refundvoucher > klik Lakukan Refund

Cara Refund Tiket Citilink di Tiket.com

Pembelian tiket pesawat Citilink yang dilakukan melalui bantuan dari agen perjalanan, dapat kamu lakukan pengajuan pengembalian dananya lewat cara refund tiket Citilink di Tiket.com. Ya, informasi selengkapnya lihat di bawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi Tiket.com > login dengan akun aktif
  2. Klik My Order di laman beranda
  3. Pilih opsi Pesawat untuk pemilihan tiket pesanan yang akan kamu batalkan
  4. Pilih ikon titik tiga pada bagian atas kanan layar, lalu temukan opsi Refund
  5. Klik salah satu jadwal penerbangan yang hendak kamu batalkan > pilih Lanjutkan
  6. Klik Alasan kenapa kamu ingin refund
  7. Pilih Lanjutkan, dan di halaman refund kamu perhatikan detail nominal pengembalian dana, estimasi dana masuk ke metode pilihan refund kamu
  8. Pilih centang pada kotak Ya, saya setuju dengan syarat dan ketentuan > Lanjutkan
  9. Selamat! pengembalian dana kamu telah berhasil

Proses pengecekan pengembalian dana sudah dikirim atau belum, dapat kamu lihat di menu Pesanan Saya atau lewat Daftar Refund. Nanti akan terlihat status refund. Mulai dari diajukan, diterima, dalam proses, hingga selesai.

Secara umum, estimasi waktu pengembalian dana akan segera diproses selama 14 hari untuk penerbangan skala domestik. Terhitung sejak tanggal pengembalian dana yang diajukan oleh calon penumpang. Sedangkan penerbangan internasional, refund berlaku selama 90 hari.

Cara Refund Tiket Citilink di Traveloka

Buat kamu nih yang terbiasa pesan tiket di aplikasi Traveloka, berdasarkan kutipan dari situs resminya. Berikut adalah cara refund tiket Citilink di Traveloka.

  1. Buka tab Pesanan di aplikasi Traveloka
  2. Pilih E-tiket dari penerbangan yang hendak kamu ajukan pembatalan
  3. Tap opsi Refund & Reschedule
  4. Pilih opsi Refund
  5. Lakukan pemeriksaan kebijakan item apakah bisa kamu refund
  6. Setelah muncul keterangn Bisa berwarna hijau, pilih Mulai Refund
  7. Baca Estimasi Refund, serta Proses Refund pada halaman selanjutnya
  8. Centang kolom Saya menyetujui Syarat & Ketentuan Refund
  9. Tap Lanjutkan
  10. Pilih jadwal penerbangan yang hendak kamu batalkan disertai alasan pembatalan
  11. Kemudian, review keseluruhan detail pengembalian dana serta persyaratannya
  12. Pilih Ajukan permohonan pengembalian dana

Horay! Kamu telah selesai melengkapi proses refund di Traveloka. Untuk melihat status atau progress dari refund, silahkan klik Pesanan, pilih Cek Refund Terdahulu. Setelah itu, pilih no. pesanan yang sedang dalam proses. Terakhir, lihat Refund Progress.

Cara Reschedule Tiket Citilink

Refund sudah paham, kita berlanjut ke cara reschedule tiket Citilink. Atur ulang jadwal kamu dengan mudah lewat Call Center Citlink. Simak cara selengkapnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Telepon di HP kamu
  2. Ketikkan nomor 0804 1080 808
  3. Klik Call atau ikon Panggilan
  4. Tunggu sampai operator menjawab panggilanmu
  5. Beritahukan Kode Booking tiket pesanan, detail penerbangan, dan rincian pemesan yang ingin kamu ubah jadwal keberangkatannya
  6. Sampaikan info jadwal penerbangan terbaru kamu ke pihak operator
  7. Apabila sudah terkonfirmasi perubahan jadwalnya, segera catat Kode Pembayaran untuk melunasi tagihan tiket penerbangan baru

Praktis bukan? Selain prosesnya cepat, pembayaran juga dapat dilakukan secara virtual. Baik melalui m-banking atau e-wallet yang sudah bekerjasama dengan pihak Citilink.

Cara Reschedule Tiket Citilink di Traveloka

Jangan hanya cuma tahu cara pengembalian dana tiket saja, proses atau cara reschedule tiket Citilink juga penting loh. Siapa tahu nih, kamu butuh menggeser sedikit jadwal boarding dari yang tertera di tiket. So, daripada dibatalkan ya mending lakukan reschedule. Ini caranya:

  1. Unduh aplikasi Traveloka di perangkat kamu
  2. Login dengan akun yang sebelumnya sudah kamu register
  3. Klik tab My Booking
  4. Pilih salah satu e-tiket atau jadwal penerbangan yang sudah kamu pesan
  5. Pada laman berikutnya, pilih Reschedule
  6. Pilih Ketentuan yang terdapat di bawah keterangan e-tiket Bisa Reschedule
  7. Lihat detail Kebijakan Umum, Periode Waktu Reschedule, serta Nominal Biaya Reschedule

Nanti, kalau sudah menentukan kapan waktu penerbangan baru kamu jangan lupa untuk tetap melunasi kembali tagihan biaya reschedule yang dikenakan oleh pihak Traveloka.

Reschedule Tiket Pesawat Tanggal Pesanan Lewat di Traveloka

Terkadang, ada satu kondisi dimana pada akhirnya calon penumpang harus melakukan proses reschedule tiket pesawat karena tanggal pesanannya sudah melewati batas. Berikut caranya:

  1. Ketuk ikon bon yang ada di sudut kanan atas laman Pesanan
  2. Filter Daftar Pembelian dengan centang Pesawat pada Tipe Produk
  3. Ketuk Simpan
  4. Tentukan Waktu Pembelian > pilih Simpan
  5. Halaman Daftar Pembelian selanjutnya, ketuk pesanan yang kamu ingin reschedule
  6. Ketuk Penerbangan yang terdapat di bagian bawah Detail Produk
  7. Pilih Refund & Reshedule > ketuk Reschedule
  8. Pilih opsi Ketentuan > perhatikan detail Ketentuan Atur Ulang Jadwal dengan Mudah

Selesai deh cara refund tiket Citilink hingga reschedule. Mau tahu informasi refund menarik lainnya? Intip cara refund tiket kereta api pada postingan selanjutnya. Have fun!

Related posts