Cara Keluar dari Gmail

Layanan surel di Indonesia sempat didominasi oleh Yahoo. Tapi sekarang, terutama semenjak mencuatnya Android, hampir semua dari kita punya setidaknya satu akun Gmail. Meski kebutuhan akun Google menjadi yang paling primer, tapi pengguna Gmail juga semakin meningkat. Ada sedikit sentimen positif tentunya ketika seseorang atau organisasi memperkenalkan alamat email mereka dengan ending gmail.com. Nah tapi kita bukan mau bahas itu melainkan cara keluar dari Gmail. Lho!?

Cara Keluar dari Gmail

Cara Keluar dari Gmail
Cara Keluar dari Gmail

Yap, meski mungkin artikel ini akan lebih menarik kalau membahas perkembangan Google dan Android, tapi fokus kita adalah tentang cara sign out dari layanan surel besutan Mbah Google. Buat kamu yang mungkin bertanya tentang alasan mengapa cara keluar dari Gmail adalah penting, kamu mesti tahu bahwa akun Gmail terkoneksi ke seluruh layanan Google.

Yes, jadi kalau misalnya akun Gmail kamu di-hack maka 100% kamu juga akan kehilangan akses ke Google Drive, YouTube, Maps, Document dll. Jadi, mengingat pentingnya akun Gmai, pastikan untuk mengikuti semua langkah-langkah parameter keamanan dan secara rutin membiasakan keluar dari akun Gmail kamu.

Keluar dari Gmail di Komputer PC

Biarpun lebih seringnya digunakan di smartphone, tidak ada salahnya tentunya untuk menjelaskan cara keluar dari akun Gmail di PC. Dan semua langkah-langkahnya telah tercantum di bawah ini:

  • Buka akun Gmail dan login dengan menggunakan ID dan kata sandi Gmail.
  • Untuk lebih simple-nya lagi kamu bisa langsung menggunakan URL: https://mail.google.com/.
  • Di beranda akun Gmail kamu, klik ikon yang menentukan nama atau foto kamu yang ada di sudut kanan atas halaman.
  • Klik dan kemudia kotak dialog akan muncul.
  • Klik pada opsi ‘Keluar’ yang ada di bagian bawah kotak dialog
  • Jika semuanya dilakukan dengan benar kamu akan sign out dari akun Gmail kamu saat ini.

Untuk menggunakan akun Gmail kamu kembali, kamu hanya perlu login lagi dengan kata sandi di halaman yang sama.

Keluar dari Gmail dengan Menghapus Akun Google

Cara kedua ini tergolong sedikit ekstrem karena langsung menghapus akun Google di perangkat Android kamu. Tapi sebagai variasi informasi tentunya tutorial ini sangat membantu. Berikut tahapannya:

  1. Buka Pengaturan di smartphone kamu dan pilih menu Akun dan cadangan
  2. Pilih Kelola Akun
  3. Ketuk Akun Google yang ingin kamu hapus
  4. kamu kemudian harus memilih dan menegaskan kembali tindakan penghapusan ini dengan mengetuk Hapus Akun
  5. Selesai

Keluar dari Gmail dengan Menghapus Data dan Cache

Di Android, menghapus data dari aplikasi Gmail juga akan membantu kamu untuk keluar dari aplikasi tersebut. Saat kamu menghapus data aplikasi Gmail, aplikasi ini akan kembali lagi seolah-olah aplikasi yang baru diinstal. Alamat email Gmail kamu memang tidak akan dihapus karena kamu masih dapat mengaksesnya dari perangkat yang lain.

Kalau kamu tidak membuka aplikasi atau menyiapkan aplikasi setelah menghapus data, kamu tidak akan menerima email baru. Tetapi kalau kamu sudah kembali mengatur aplikasinya, aplikasi Gmail ini harusnya akan bekerja secara normal. Berikut langkah-langkah untuk menghapus data aplikasi Gmail:

  • Langkah 1: Buka Pengaturan di ponsel Android Anda dan buka Aplikasi.
  • Langkah 2: Di bawah Semua aplikasi, ketuk Gmail, diikuti oleh Penyimpanan.
  • Langkah 3: Ketuk tombol Hapus Penyimpanan atau Hapus data.

Keluar dari Gmail  dengan Uninstall Aplikasi

Terakhir, kalau metode di atas tidak berhasil, kamu bisa tuh langsung aja untuk uninstall aplikasi Gmail dari ponsel atau tablet kamu. Sayangnya, karena Gmail adalah aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya di kebanyakan ponsel Android, kamu tidak dapat melakukan proese uninstall sepenuhnya dan hanya dapat menonaktifkannya.

Menghapus aplikasi Gmail hanya akan menghapus aplikasi tersebut dari ponsel kamu. Email kamu akan aman dan tidak tersentuh. Kamu juga dapat melihatnya dari perangkat lain. Kalau kamu ingin menggunakan Gmail di masa mendatang, instal kembali aplikasi tersebut dari Play Store (Android) atau App Store (iPhone / iPad).

Untuk menghapus aplikasi Gmail di ponsel Android, buka Pengaturan, dan buka Aplikasi. Ketuk Gmail di bawah Semua aplikasi. Ketuk Nonaktifkan. Konfirmasi di layar pop-up.

Di iPhone dan iPad, sentuh dan tahan aplikasi Gmail di layar utama. Saat ikon mulai bergoyang, ketuk ikon silang di aplikasi Gmail. Atau, ketuk opsi Hapus aplikasi jika muncul.

Kami tahu bahwa metode ini tidak menawarkan cara langsung untuk keluar dari akun Gmail. Dan bahkan, beberapa di antaranya dapat berdampak serius seperti menghapus data aplikasi Gmail. Tapi itulah realitanya untuk saat ini. Sama seperti kamu, kami juga berharap Google dapat menambahkan tombol log out yang secara mudah dapat digunakan di aplikasi Gmail. Tujuan utamanya tentu adalah tentang kemudahan dan aksesibilitas pengguna yang sayangnya masih luput dari perhatian si Mbah Google. Atau memang mau dipersulit?

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.