Cara Jualan di Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia
Jualan di Tokopedia

Bagaimana cara jualan di Tokopedia? Apa saja produk yang bisa kita jual di Tokopedia? Dan bagaimana langkah-langkah untuk menjual produk atau membuka toko di tokopedia?

Berbicara tentang aktivitas jual beli online, tentunya nya sebagian dari kita sudah tak lagi asing mendengar kata Tokopedia. Karena sebagaimana kita tahu, Tokopedia sendiri merupakan salah satu layanan ecommerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pada saat ini.

Read More

Selain itu ada banyak sekali produk dan juga kategori yang bisa kita temukan di Tokopedia. Dan Nggak cuma itu saja, Tokopedia sendiri bisa diakses dengan mudah baik melalui perangkat smartphone dengan mendownload aplikasi Tokopedia itu sendiri, atau jika Mungkin kamu tidak memiliki aplikasinya, Kamu bisa mengunjungi situs tokopedia.com baik dari perangkat komputer ataupun laptop kalian melalui Browser.

Selain itu ketika kita menggunakan Tokopedia, kita bisa menemukan banyak sekali ragam penawaran yang menarik. Mulai dari kode voucher gratis ongkir, kode voucher cashback, atau bahkan potongan harga lain yang biasanya bisa kamu dapatkan ketika berbelanja pada tokoh tokoh tertentu di tokopedia.

Lalu, Tokopedia sendiri sering dinobatkan sebagai salah satu layanan ecommerce dengan pengguna terbanyak. Hal ini juga dipengaruhi karena sistem pendaftarannya yang tidak terlalu sulit, dan juga banyaknya seller atau penjual di Tokopedia yang menjajakan produk sesuai dengan harga namun memiliki kualitas yang sangat baik.

Maka dari itu tak heran jika saat ini pengguna lebih prefer atau lebih memilih untuk menggunakan Tokopedia ketika mereka ingin melakukan belanja online, untuk memenuhi kebutuhan harian mereka ataupun hanya sekedar membeli produk yang mereka inginkan. Maka dari itu tak heran jika saat ini kita banyak sekali menemukan penjual atau seller di Tokopedia yang mana menjajakan produk yang Menarik.

Namun pada kesempatan atau artikel kali ini kita tidak akan membahas tentang bagaimana cara belanja di Tokopedia. Karena yang akan kita bahas disini adalah bagaimana sih kita bisa menjadi penjual atau seller di Tokopedia. Tentunya hal ini sangat membantu Para pemilik atau pun pengusaha yang ingin memasarkan produk mereka secara online melalui Tokopedia.

Sebenarnya untuk membuka toko ataupun melakukan pendaftaran menjadi seller di Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah dan juga gratis.

Hanya saja, masih banyak para pengguna yang mungkin belum mengetahui cara jualan di Tokopedia padahal, untuk caranya sendiri tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya dengan beragam cara, seperti:

Cara Jualan di Tokopedia

"<yoastmark

Buat Akun Tokopedia

Karena kita akan membuat akun toko atau membuka toko di Tokopedia, pastikan terlebih dahulu Kamu sudah memiliki akun Tokopedia. Nah disini akun Tokopedia yang akan kita buat sebenarnya merupakan akun yang bisa kita gunakan untuk berbelanja. namun walaupun begitu, akun ini juga bisa kita gunakan untuk membuat toko di Tokopedia.

Oleh sebab itu kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran, untuk mendaftarnya sendiri kamu bisa melakukannya dengan beragam cara. Baik melalui nomor ponsel, email yang aktif, ataupun login dengan menggunakan otomatis login dari akun sosial media kalian, dan juga akun Google.

Tetapi untuk mempermudah proses verifikasi, pastikan data-data yang kamu gunakan untuk mendaftar sudah sesuai, dan juga cocok dengan kartu identitas atau KTP kalian

Daftar Akun Seller Tokopedia

Setelah memiliki akun Tokopedia, maka langkah selanjutnya adalah kalian tinggal melakukan pendaftaran di seller Tokopedia. Nah disini kamu bisa menggunakan dua cara, yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Tokopedia seller yang bisa kamu download di Android ataupun iOS, dan yang kedua adalah kamu bisa mengaksesnya melalui situs seller.tokopedia.com dengan menggunakan akun Tokopedia yang sudah kamu buat tadi

Setelah itu kamu tinggal melakukan pendaftaran seperti biasa, dan mulai untuk membuat toko di Tokopedia. di sini kamu sangat disarankan untuk membuat toko sesuai dengan data diri kalian, maksudnya adalah ketika kamu mengisi alamat pada toko, kamu wajib untuk menuliskan alamat detail sesuai dengan lokasi kalian.

Hal ini bertujuan agar mempermudah kurir untuk melakukan pick up ketika mungkin kamu mendapatkan orderan pertama mu. Setelah itu jangan lupa untuk melengkapi profil dari toko di Tokopedia mu, dengan menambahkan logo toko, nama toko, deskripsi toko, Dan lain sebagainya.

Tambahkan Produk Pada Toko

Setelah selesai untuk melengkapi profil, maka langkah selanjutnya adalah kamu tinggal menambahkan produk yang akan kamu jual. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik pada bagian produk, lalu klik pada tanda tambah atau kamu bisa mengklik pada tambah produk.

Nah disini, kamu diharuskan untuk mencantumkan foto produk, dan juga judul produk yang kamu pasarkan.

Disini kamu sangat disarankan untuk menggunakan foto produk dengan kualitas yang HD dan juga mencantumkan judul atau bahkan nama produk yang kamu jual. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi dari detail produk yang kamu jual, agar mempermudah pembeli ketika mereka ingin mengetahui detail dari produk yang kamu pasarkan.

Jika sudah maka kamu bisa menambahkan hal lain yang dibutuhkan pada produk, seperti varian berupa warna ataupun berat pada produk, setelah itu tambahkan juga harga untuk harga satuan, atau kamu bisa menambahkan harga yang berbeda untuk produk yang memiliki varian lain. Misalnya, kamu memberikan harga Rp5.000 pada gelang berwarna hitam, dan kamu bisa memberikan harga sekitar Rp7.000 pada gelang berwarna putih.

Hal ini bertujuan agar pengguna ataupun calon pembeli bisa melakukan pemilihan produk, sesuai dengan harga yang masih cukup terjangkau.

Selain itu pastikan kamu juga memasukkan jumlah stok produk, agar pengguna atau calon pembeli bisa mengetahui sisa stok yang tersedia dari produk yang kamu miliki. kamu juga bisa kok menambahkan angka pada minimal pemesanan. Namun biasanya, hal ini hanya diperuntukan jika para penjual memang menjual produk dengan cara grosir

Lengkapi Penawaran Produk

Selanjutnya kamu bisa mengklik pada tab lainnya pada aplikasi seller Tokopedia atau Tokopedia seller, dan kamu bisa melengkapi segala macam penawaran ataupun segala macam informasi dari toko kalian, untuk mendapatkan beberapa penawaran produk dari Tokopedia. Misalnya adalah Jika kamu ingin menjadi tokoh yang memiliki label power merchant, maka kamu harus terlebih dahulu melakukan verifikasi dengan mem-foto KTP mu, dan juga fotomu yang sesuai dengan KTP.

Kamu juga bisa kok mengaktifkan layanan gratis ongkos kirim dengan mengklik pada bagian lainnya, klik pada pengaturan setelah itu klik pada layanan gratis ongkos kirim, lalu centang pada saya menyetujui kebijakan dan peraturan Tokopedia lalu klik pada aktifkan gratis ongkos kirim.

Gunakan Layanan TopAds

Kemudian jika semuanya sudah dilakukan, maka kamu selanjutnya bisa menggunakan layanan promosi dari Tokopedia yang dikenal dengan top ads. Top Ads atau Tokopedia ads sendiri merupakan layanan promosi berbayar dari Tokopedia, yang mana akan membantumu untuk mempromosikan produk baik dengan menggunakan kata kunci yang spesifik, ataupun dengan menggunakan iklan otomatis yang sangat direkomendasikan oleh Tokopedia.

Tapi sebelumnya Ketika kamu menggunakan layanan Tokopedia, kamu harus terlebih dahulu melakukan pengisian pada saldo top ads. Kamu bisa menggunakan nilai minimum pengisian ulang mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000 lebih.

Barulah dengan menggunakan layanan top ads kamu bisa sedikit mengatur strategi mengenai kata kunci yang memang banyak dicari sesuai dengan produk mu. Misal kamu menjual sebuah produk loyang, maka kamu bisa menggunakan kata kunci loyang kue, loyang bulat, loyang aluminium, atau bahkan kata kunci lain yang berkaitan dengan loyang.

Hal ini bertujuan ketika pengguna mencari salah satu kata kunci di atas, maka kemungkinan besar produk yang kamu pasarkan akan muncul pada halaman pencarian.

Pastikan juga kalian menuliskan deskripsi produk yang jelas, agar memudahkan pengguna atau calon pembeli dalam mengetahui spesifikasi dari produk yang kamu pasarkan.

Dan itulah tadi beberapa panduan berjualan lewat aplikasi maupun web Tokopedia yang bisa kamu gunakan, semoga artikel ini setidaknya bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan selamat mencoba

Related posts