Cara Keluar Akun Google di Android

Hanya ada segelintiri alasan mengapa kamu perlu tahu cara keluar akun Google di Android. Salah satu yang paling umum adalah saat berencana menjual gadget kesayangan kamu tersebut. Dan khusus untuk kali ini, bahasan artikel ini akan menjamah tentang pentingnya menghapus semua jenis akun cloud sebelum menjual kembali smartphone kamu.

Penting untuk diingat bahwa sebelum mengirim ponsel kamu ke pemilik yang baru atau dijual ke toko, kamu perlu untuk menghapus akun cloud dari perangkat Android yang akan kamu jual. Dengan cara ini, kamu akan memberikan kesempatan calon pembeli untuk menguji kinerja dan fungsi perangkat, sehingga kamu bisa mendapatkan cuan sebanyak-banyaknya dari hasil penjualan ponsel pintar kamu.

Read More

Tapi sayangnya, ada banyak pelanggan di luar sana yang mengabaikan saran ini dan mengirim ponsel Android mereka dalam keadaan terkunci ke akun cloud yang malah mempersulit proses tukar tambah. Kalau misalnya si calon pembeli tidak dapat melakukan prosedur pengujian yang relevan, maka bisa jadi perangkat kamu akan dinilai sebagai tidak bernilai. Akibatnya, seluruh proses tukar tambah akan berakhir mengecewakan. Inilah mengapa keluar dari akun Google di Android adalah tahapan paling krusial sebelum menjual produk tersebut.

Tanpa basa-basi lagi, artikel ini akan menjelaskan beberapa langkah untuk memandu kamu melalui proses keluar dari akun Google dari ponsel Android kamu. Navigasikan melalui menu konten untuk memilih tutorial yang kamu butuhkan.

Cara Keluar Akun Google di Android

Cara Keluar Akun Google di Android
Cara Keluar Akun Google di Android

Satu-satunya hal yang perlu disampaikan sebelum melanjutkan tutorial ini adalah bahwa kamu juga harus ingat untuk mencadangkan data Android kamu terlebih dahulu kalau kamu ingin dapat kembali mengaksesnya nanti. Jangan juga bingung antara penghapusan akun dengan menghapus akun Google kamu.

Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Saat kamu menghapus akun Google dari perangkat Android, kamu hanya perlu mengecualikannya dari daftar perangkat yang dapat diakses oleh akun tersebut. Kamu masih bisa kok untuk menambahkan akun Google kamu ke perangkat lain atau memulihkan kontennya. Sementara itu, menghapus akun Google adalah proses yang berbeda dimana semua data akan hilang selamanya setelah kamu menekan tombol hapus tersebut.

Cara Sign Out dari Akun Google di Android

Kamu pasti sudah tahu kalau sebagian besar ponsel dengan basis Android akan mengharuskan kamu untuk memiliki akun Google selain akun independen dari produsen ponsel untuk menggunakan layanan Google seperti Play Store, Gmail, dll. Kamu dapat menemukan akun Google kamu di bawah setelan ponsel dan menghapusnya dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan ponsel pintar kamu .
  2. Gulir ke bawah hingga kamu melihat tab berjudul Akun (atau Pengguna dan Akun atau Akun dan cadangan tergantung pada ponsel Android yang kamu miliki) dan ketuk di atasnya.
  3. Dari pilihan akun yang sign in di ponsel kamu, temukan akun Google kamu dan ketuk di atasnya.
  4. Di bawah alamat email akun Google telah dibuat di mana kamu akan menemukan tombol Hapus akun. Atau, opsi ini dapat ditemukan di pojok kanan atas pada menu di belakang ikon tiga titik. Tap Hapus akun.
  5. Kamu kemudian akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Google kamu atau menggambar pola kunci ponsel pintar kamu untuk alasan keamanan. Setelah mengonfirmasi kata sandi, semua tahapan cara keluar akun Google di Android telah selesai dan akun telah resmi dihapus.

Cara Keluar dari Akun Google di Android via Remote

Kalau misanlnya kamu dihadapkan pada skenario dimana klayar ponsel pintar kamu rusak, kamu masih juga bisa kok mengikuti langkah-langkah di atas dan menghapus akun Google kamu dengan menggunakan pengaturan perangkat. Tapi dalam hal ini, ada alternatif yang jauh lebih mudah untuk melakukannya dari jarak jauh.

  1. Buka Akun Google kamu dan Sign in.
  2. Pada menu di sisi kiri pilih Keamanan.
  3. Gulir ke bawah ke bagian Perangkat Anda dan klik Kelola perangkat.
  4. Dari daftar perangkat yang terhubung ke akun Google kamu, cari perangkat yang ingin kamu hapus aksesnya ke akun kamu dan klik More details, lalu Sign out.
Terkait:  Cara Keluar dari Akun Google

Faktor Keamanan Keluar dari Akun Google di Android

Mengetahui cara keluar dari akun Google statusnya jauh lebih penting ketimbang hanya keluar dari akun Gmail di Android. Alasan utamanya adalah karena akun Google memiliki akses yang lebih banyak ketimbang platform email tersebut. Tapi terlepas dari kepentingannya, perlu diingat bahwa kedua-duanya perlu dilakukan secara berkala untuk menghindari aksi pencurian data pribadi yang sangat sensitif.

Selain itu, adalah kebiasaan yang baik untuk mengganti password secara berkala dan mengaktifkan otentikasi dua arah untuk mengecilkan potensi hacking dan cracking yang semakin sering terjadi belakangan ini. Layaknya pribahasa, mencegah lebih baik daripada mengobati, kamu juga perlu paham semua langkah-langkah keluar dari akun Google untuk mencegah terjadinya masalah ke depan.

Related posts