Cara Hapus Akun Google

Cara hapus akun Google sebenarnya sangat mudah dilakukan. Namun, mengapa kita harus menghapus akun google? Dan jika hal ini terjadi, apakah berdampak buruk pada sistem ataupun smartphone yang kita gunakan?

Berbicara tentang akun google, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing dan tentu mengetahui hal ini dengan mendalam. Karena sebagai pengguna smartphone dengan operating system Android, akun Google menjadi salah satu hal yang sangat kursial serta penting untuk para penggunanya. Karena dengan satu akun Google, mereka dapat menikmati ataupun menggunakan seluruh layanan dari Google, agar bekerja dengan maksimal.

Hal ini juga dikarenakan Google sendiri sudah bekerja sama dan mengakusisi Android, sebagai salah satu platform partner mereka. Oleh karena itu tak heran, ada banyak sekali Aplikasi yang di developeri oleh Google. Mulai dari Google play store, Google music, Google book, gmail, dan masih banyak lagi. Dan seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika pengguna Android tidak memiliki akun Google, maka para pengguna tidak dapat menggunakan layanan dari Google.

Walaupun begitu, kadang kala ada saja kondisi yang mengharuskan para pengguna untuk menghapus akun Google mereka. Biasanya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari mungkin akun Google yang mereka miliki sudah tak lagi aktif, akun Google yang digunakan sudah sering terlogin kedalam beberapa perangkat berbeda, atau mungkin ingin sengaja menonaktifkan akun Google tersebut, dan membuat kembali akun yang baru.

Oleh karena itu, tak heran jika sebagian dari pemilik akun Google memilih untuk menghapus akun mereka. Karena mungkin untuk sebagian pengguna, jika memiliki akun Google yang terlalu banyak, maka mereka akan dibisingkan atau terganggu dengan banyaknya notifikasi yang masuk.

Maka dari itu saat ini ada banyak sekali para pengguna dan pemilik akun yang mencari cara hapus akun Google, karena memang tidak semua pengguna mengetahuinya. Padahal, untuk caranya sendiri masih terbilang mudah dan bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Cara Hapus Akun Google

Cara Hapus Akun Google
Hapus Akun Google

Cara Hapus Akun Google lewat Pengaturan

Langkah pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghapus akun Google adalah melalui pengaturan sistem yang ada di perangkat smartphone kalian. Nah, cara ini terbilang sangat mudah, karena kamu disini tidak membutuhkan Aplikasi tambahan untuk melakukan penghapusan akun. Yaitu dengan

  • Masuk kedalam pengautaran atau Settings dari perangkat smartphone kalian
  • Setelah itu, klik pada menu Akun atau untuk beberapa jenis smartphone lain, kamu bisa menemukannya pada menu ‘Google’
  • Kemudian, nantinya kamu akan melihat list atau daftar dari akun dan juga akun Google yang sudah terlogin kedalam smartphone kalian.
  • Nah, disini kamu bisa memilih email ataupun akun Google mana yang ingin kamu hapus
  • Terakhir, kamu bisa mengklik pada ‘remove account’ untuk menghilangkan atau menghapus akun Google yang ada di perangkat kalian masing masing.

Walaupun begitu, cara ini sebenarnya terbilang ‘temporer’ atau sementara. Karena, ketika kamu mengklik pada tombol remove account, maka secara otomatis akun tersebut hanya akan hilang pada perangkatmu saja.

Sehingga kamu tetap bisa menggunakan akun tersebut untuk di login baik melalui perangkat smartphone lain, ataupun melalui komputer ataupun laptop. Tetapi, cara ini sangat efektif jika mungkin ada seseorang yang sempat meminjam smartphonemu untuk melakukan login kedalam akun Google mereka.

Cara Hapus Akun Google lewat Gmail

Selanjutnya disini kita akan menggunakan Aplikasi Gmail, yang tentunya ada didalam perangkat smartphone dengan jenis Android. Tetapi jika mungkin kamu tidak memiliki Aplikasi gmail, maka kamu bisa mendownloadnya secara gratis melalui Google play store. Dan untuk caranya juga sangatlah mudah.

  • Buka Aplikasi Gmail yang ada pada smartphone kalian
  • Setelah itu, klik pada menu hamburger (garis 3) yang ada dibagian pojok kiri atas dari Aplikasi
  • Kemudian, klik pada tombol ‘settings’ atau pengaturan
  • Dan nantinya, kamu akan melihat daftar dari akun Google dalam bentuk email
  • Nah, pada tahap inilah kamu bisa mengklik salah satu akun yang ingin kamu hilangkan atau hapus.
  • Setelah itu, klik pada titik tiga yang ada dibagian pojok kanan dari Aplikasi gmail, dan pilih ‘manage account’ atau kelola akun
  • Terakhir, kamu tinggal memilih kembali akun Google mana yang ingin kamu hapus, dan lanjut untuk mengklik pada tombol ‘Remove Account’.

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil untuk menghapus akun Google yang ada di perangkat smartphone kalian, dengan menggunakan bantuan Aplikasi gmail. Setelah itu, kamu disarankan untuk melakukan restart dan kembali untuk mengsinkronkan ponsel seperti biasa, untuk memperbarui beberapa kontak dan akun yang masih terhubung dalam smartphone Android kalian.

Cara Hapus Akun Google Secara Permanen

Pada langkah ketiga, disini kita akan menggunakan cara yang sebenarnya sangat perlu dipertimbangkan. Pasalnya, disini kita akan menghapus akun Google secara permanen, dan tentunya hal ini akan berpengaruh pada seluruh Aplikasi dan juga data kalian yang terhubung dengan akun Google tersebut. Caranya adalah

  • Kunjungi situs myaccount.google.com baik melalui browser di komputer, laptop, atau bahkan smartphone kalian
  • Setelah itu, silahkan login seperti biasa menggunakan akun Google yang akan dihapus
  • Jika sudah, kamu bisa mengklik pada tombol ‘Kelola data & personalisasi anda’
  • Kemudian, scroll kebagian agak bawah, sampai kalian menemukan pilihan ‘hapus layanan atau akun anda’
  • Terakhir, kamu bisa mengikuti instruksi yang diberikan, untuk menghapus akun Google secara permanen.

Tapi perlu diingat ya, cara terakhir ini memang harus benar benar dipertimbangkan. Pasalnya, ketika kamu menghapus akun Google yang kamu miliki secara permanen, maka semua data seperti kontak, kalender, email, dan hal lain yang ada di akun Google tersebut akan ikut terhapus.

Walaupun begitu, kamu bisa terlebih dahulu melakukan backup dengan menekan tombol ‘Download Data Anda’ yang terletak diatas tombol hapus akun tadi. Dan jika mungkin kamu melakukan kesalahan dengan terlanjur menghapus layanan dan akun Google, kamu tetap bisa kok melakukan pengembalian atau recovery akun dengan melakukan login seperti biasa menggunakan akun yang sudah terhapus tadi.

Tentunya, ada beberapa tahapan dan juga prosess verifikasi yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Mungkin saja dengan menjawab pertanyaan rahasia yang sebelumnya kamu gunakan saat mendaftar akun Google, menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Google untuk prosess konfirmasi lebih lanjut, dan lain hal.

Maka dari itu, cara ini tak bisa dilakukan sembarangan apalagi untuk coba coba. Karena memang ketika kamu melakukan penghapusan akun Google secara permanen dan tak segera melakukan recovery, maka email yang kamu gunakan akan kadaluarsa dan tak lagi dapat digunakan.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara hapus akun Google yang bisa kamu coba, silahkan pahami dan pilih cara yang menurutmu paling mudah. Semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi