Cara Kalibrasi Grinder Kopi

Grinder kopi adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengekstrasi rasa dan aroma biji kopi, memungkinkan kita dapat menyeduh kopi berkualitas tinggi. Melalui alat penggilingan kopi, para pembuat kopi dapat menentukan tingkat kehalusan pada biji kopi, dan tiap tingkat kehalusan biasanya menentukan rasa. Lalu, bagaimana cara kalibrasi grinder kopi?

Setiap pencinta kopi tentu saja ingin mempunyai alat untuk pembuat kopi. Adapun untuk alat coffee grinder, ada 2 jenis diantaranya grinder kopi elektrik dan grinder kopi manual.

Grinder manual biasanya hanya dipakai untuk mempelajari cara membuat kopi  atau sekedar untuk membuat hidangan kopi di rumah sebab jika dipakai di cofee shop biasanya tingkat produksinya rendah. Jadi memerlukan waktu cukup lama menyajikan beberapa gelas atau cangkir kopi untuk satu waktu saja.

Grinder Kopi Manual

Sesuai namanya, alat grinder manual adalah alat penggiling kopi yang dipakai secara manual. Meskipun lebih sederhana dibandingkan grinder elektrik, tapi dalam grinder manual harus menciptakan kehalusan biji kopi sendiri yang mungkin saja tingkat kehalusannya berbeda ketika Kamu melakukan penggilingan.

Apabila Kamu orang yang gemar bepergian yang selalu membawa biji kopi sebagai teman setiap pagi, maka Kamu sewaktu-waktu akan memerlukan alat portable dan salah satunya ialah grinder kopi manual. Lain halnya dengan alat grinder elektrik selalu memerlukan daya listrik tiap kali digunakan.

Dalam penggilingan biji kopi manual, sebenarnya Kamu cukup mengeluarkan tenaga saja jika ingin menghaluskan kopi yang dimiliki. Selain itu, biasanya grinder kopi manual dipakai bagi yang tertarik untuk menikmati proses dalam pembuatan kopi.

Grinder Kopi Elektrik

Lain halnya dengan grinder yang dioperasikan secara manual, jenis grinder ini memerlukan daya listrik saat penggunaannya. Sehingga cukup praktis dan efektif untuk dimiliki, sebab mempunyai tingkat kapasitas untuk berproduksi lebih banyak dibandingkan grinder manual dalam waktu lebih cepat dan tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Cara Kalibrasi Grinder Kopi

Cara Kalibrasi Grinder Kopi
Mengkalibrai Grinder Kopi

Mesin Grinder Kopi

Seperti kita ketahui, mesin grinder kopi merupakan ujung tombak bagi pelaku industri komoditi kopi, dimana kehadirannya memang harus dimiliki baik itu untuk versi manual maupun elektrik atau mesin. Para pelaku industri kopi, entah itu yang berskala home brewing maupun pelaku bisnis kopi itu sendiri, harus memahami seluk beluk tentang mesin grinder, terutama mesin Grinder versi N600.

Jenis N600 biasa dipakai oleh para pelaku usaha kopi mengingat harganya yang cukup terjangkau dan bisa digunakan di segala medan, seperti grand fine yang digunakan pada espresso base sampai coarst yang diaplikasikan untuk coldbrew.

Jadi, alasan kenapa mesin grinder N600 sering dijadikan sebagai patokan standar kedai kopi, karena di samping ketangguhannya mesin N600 ini juga mempunyai tingkat relevansi terhadap keselarasan pada hasil grindsize tinggi terutama pada merek Feima atau Latina. Dilihat dari desainnya, mesin grinder N600 tersebut mengusung konsep aerodinamis, sehingga mampu menggiling biji kopi hingga tuntas tanpa ada yang terselip.

Jika berbicara tentang alat, pastinya jika sebuah alat dipakai terus menerus akan mengalami yang namanya error. Hal tersebut terjadi sebab ada komponen pada alat yang bisa mengalami pemuaian, misalnya seperti terjadinya pergeseran letak baut yang akan mengendor, klep kendor, pegas mengencang dan mata pisau menumpul.

Mengingat hal tersebut, sangat penting melakukan cara kalibrasi grinder kopi supaya kinerja mesinnya lebih awet, barista tidak merepotkan saat bekerja dan hasil gilingan kopi sesuai.

Cara Membersihkan Mesin Grinder Kopi N600

  • Langkah pertama, silahkan buka baut tutup kunci agar bagian ata pisau, bearing, seal, dan pegas terbuka.
  • Setelah itu, bersihkan area pada komponen dari ampas biji kopi yang masih menempel di bagian bodi maupun part komponen pmesin.
  • Selanjutnya, regangkan pegas sedikit saja.
  • Jika sudah, silahkan bersihkan bagian mata pisau memakai lap kain atau tissue. Bila Kamu merasa mata pisaunya tumpul bisa mengasahnya memakai amplas halus maupun kikir. Dalam step ini Kamu harus berhati-hati, sebab jika Kamu salah arah maka area pada mata pisau bisa menjadi tumpul.
  • Pasang head-nya lagi dan pastikan tak ada bagian yang tertinggal sebab bisa mempengaruhi kinerja pada mesin. Terutama pada bagian seal kuncian poros pada pisau grinder maupun batangan dinamo.

Persiapan Sebelum Cara Kalbrasi Grinder Kopi N600

Jika sudah membersihkan mesin grinder kopi, Kamu tinggal melakukan persiapan cara kalibrasi grinder kopi. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Membuka Roda Penutup Grindsize Dalam Head Grinder

Dalam roda penutup ada roda gerigi pada mesin grinder kopi yang berguna untuk penguncian hasil gilingan. Dalam grinder N600 yang bermerk feima atau latina, error yang terjadi biasanya minimal 1 kali saja. Adapun rasio perbandingan untuk 40 kali gilingan perubahannya biasanya hanya naik 1/2 nomor saja.

Lain halnya dengan merk grinder biasa, perubahan nomor ukuran pada grindsize dapat melebar mulai dari 0,5 point sampai 3 point. Kamu bisa bayangkan bila ada banyak pesanan dengan antrian yang cukup panjang, tentu akan merepotkan barista dalam menyeting kalibrasi. Jika hal tersebut terjadi tentu saja akan sangat menjengkelkan.

Pada kasus ini, barista disarankan harus memahami ukuran dan bentuk dari hasil gilingan daripada membuat nomor ukuran ada gilingan sebagai sebuah standar pasti saat menyeduh kopi.

Jika Kamu pernah membongkar roda gerigi. Biasanya komponen tersebut memiliki bearing yang berfungsi mengurangi gesekan yang terjadi antara bodi mesin dan pisau giling kopi. Kamu juga bisa mengecek kesehatan bearing terlebih dahulu. Apakah dapat berputar normal ataukah tak bisa berputar megingat posisi bagian ini ada di dalam head grinder. Selain itu, pastinya akan terlihat bubuk ampas menempel.

  • Mengecek Standar Ukuran Gilingan

Sebelum cara kalibrasi grinder kopi, maka penting sekali untuk mengetahui standar dari gilingannya. Berdasarkan pendapat Specialty Coffee Assocation of America atau SCAA, terdapat beberapa ukuran standar gilingan pada kopi sesuai fungsi dari tiap-tiap cara seduh.

Mengkalibrasi Mesin Grinder N600

Jika sudah mengetahui ukuran standar.  Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam cara kalibrasi mesin grinder N600 yaitu putar roda gerigi bagian depan menuju samping kiri. Hal ini dilakukan sampai hasil ukuran gilingan biji kopi yang didapatkan sesuai SCAA. Sesudah itu, Kamu bisa memasang penutup roda gerigi pada titik 0 sebagai ukuran terhalus atau fine.

Dimana gilingan espresso adalah hasil gilingan terhalus. Dengan begitu bila gilingan terhalus atau paling halus telah didapatkan, maka sisanya cukup menyesuaikan saja. Terakhir ialah pasang bagian penutup pada ukuran grindsize, lalu bersihkan bagian luar mesin grinder kopi.

Jika ukuran pada gilingan tak ingin diketahui pihak pesaing, sebaiknya pasang penutup roda gerigi yang ukurannya berbeda dari ukuran standar SCAA. Seperti ukuran espresso yang dipasang menggunakan nomor 3 maupun 4. Biasanya menyesuaikan ukuran grinder yang diinginkan asalkan Kamu mengingatnya. Ukuran dalam cara kalibrasi grinder kopi cukup menjadi rahasia dari masing-masing kedai kopi.

Related posts