Cara Cek Garansi Samsung

Samsung sudah menjadi brand smartphone berbasis android terbesar dan terkemuka di dunia, lantaran kualitasnya paling bagus dengan cara cek garansi Samsung yang tidak menyulitkan pengguna setianya.

Apakah kamu pengguna HP Samsung? Jika benar, maka kamu bisa mengikuti pembahasan ini sampai akhir untuk mengetahui garansi smartphone untuk memastikan service center masih menerima keluhanmu terhadap kerusakan yang terjadi.

Seperti kalian tahu bahwa brand smartphone asal Korea Selatan tersebut bukan hanya menghadirkan ponsel dengan tampilan mewah, tetapi fitur lebih lengkap untuk memanjakan penggunanya. Tak bisa dipungkiri bahwa kamu bisa mengerjakan apa saja dengan satu ponsel yang sama alias multitasking.

Seiring berjalan waktu bahwa Samsung menghadirkan beragam smartphone berbasis android dari harga satu sampai belasan juta rupiah sesuai prospek yang dimilikinya. Kalian bisa memperoleh layanan terbaik dari service center resmi Samsung di seluruh Indonesia untuk menikmati masa garansi sejak ponsel dibeli pertama kalinya.

Tak hanya itu, para pengguna HP Samsung harus tahu ketentuan dan syarat garansi yang berlaku karena gerai resminya tidak akan menerima perbaikan smartphone bila kendalanya diakibatkan diri kamu sendiri. Hal ini dikarenakan masa garansi hanya berlaku jika kerusakan disebabkan aksesoris merek yang sama.

Cara Cek Garansi Samsung

Cara Cek Garansi Samsung
Cara Cek Garansi Samsung

Kamu ingin punya HP Samsung yang mulus dan tahan lama, bukan? Untuk memperoleh kondisi ponsel seperti itu pasti semua penggunanya dituntut merawatnya dengan baik dan benar. Kamu juga perlu menghindari benda tertentu agar tidak didekatkan dengan HP Samsung untuk mencegah kerusakan ringan bahkan berat.

Meski begitu, kalian berhak menerima garansi berupa perbaikan komponen maupun penukaran perangkat selama masih berlaku. Samsung menyediakan gerai resmi di seluruh Indonesia supaya pengguna setianya bisa berkonsultasi atau membeli tipe android yang diinginkan.

Kamu bisa mendapatkan ponsel idaman dan terhindar dari barang palsu seperti Black Market bila membelinya dari toko aslinya. Jangan pernah membuka phone box di rumah karena penukaran garansi tidak akan kuat lantaran kurang bukti sahih untuk memastikan HP Samsung yang dibeli berasal dari gerai resminya.

Ketentuan dan Syarat Garansi HP Samsung yang Harus Kamu Tahu

Samsung bukan brand smartphone abal-abal yang hanya sekadar menarik perhatian pengguna gadget dengan harga murah. Namun, merek ponsel android yang pertama kali hadir di dunia ini akan selalu berkontribusi untuk meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan masa garansi lebih lama.

Kamu juga harus tahu semua ketentuan dan syarat yang berlaku untuk memperoleh layanan tersebut seperti pembahasan berikut :

  1. Garansi Samsung Indonesia berlaku untuk semua smartphone yang dijual PT.Samsung Electronics Indonesia dan dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia.
  2. Tempo masa garansi HP Samsung tidak kurang lebih dari 12 bulan alias setahun.
  3. Konsumen tidak akan dipungut biaya perbaikan selama masa garansi masih berlaku.
  4. Perbaikan HP Samsung hanya bisa dilakukan lewat Service Center Resmi Samsung di seluruh Indonesia dengan membawa bukti berupa kartu garansi, atau kwitansi pembelian.

Apa Penyebab Garansi Resmi HP Samsung Tidak Berlaku?

Walaupun kalian baru saja membeli HP Samsung, namun belum menjamin kerusakan yang terjadi bisa mendapatkan garansi seperti kebijakan perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan Service Center Resmi Samsung tidak sembarangan menerima keluhan dari semua konsumen.

Hal ini dikarenakan mereka selalu memperhatikan kendala bahkan kerusakan secara detail, khususnya disebabkan aksesoris dari merek serupa dan kalian bisa gagal terima garansi seperti kasus berikut :

  1. Service Center Resmi Samsung tidak menerima garansi bila konsumen tidak mengisi kartu garansi secara jelas dan lengkap (IMEI, nomor seri sampai model HP).
  2. Garansi HP Samsung tidak berlaku untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna ponsel, seperti terbentur, terkena cairan, aliran listrik, berkarat, bernoda, terjatuh dan kerusakan lain yang disebabkan kecerobohan kamu setiap hari.
  3. Garansi tidak berlaku bila perbaikan spare part pernah dilakukan oleh orang lain yang bukan teknisi resmi Samsung.
  4. Komponen harus masih tersegel dan belum pernah diganti dengan spare part lain.
  5. Samsung tidak menerima garansi jika hardware maupun software sudah diatur pengguna ponsel masing-masing.

Cara Cek Garansi HP Samsung Terpercaya dan Terupdate 2020

Untuk memeriksa masa garansi HP Samsung yang masih berlaku, maka kamu bisa memakai dua metode berbeda. Apabila kamu baru saja membeli ponselnya bahkan belum mencapai setahun, kesempatan memperbaiki komponen masih terbuka.

Oleh karena itu, langkah awal yang bisa dilakukan sebelum mengunjungi gerai resmi Samsung terdekat adalah cek masa garansinya terlebih dahulu dengan mengikuti dua prosedur berbeda seperti di bawah ini :

1. Cara Cek Garansi HP Samsung via Online

  • Periksa IMEI HP Samsung untuk pastikan ponselnya bukan produk Black Market.
  • Buka menu Dial Phone.
  • Ketik *#06#, tekan tombol Call/Yes/OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop up berupa barcode berisi nomor IMEI dan nomor seri HP kalian.
  • Catat informasi tersebut untuk memeriksa masa garansinya.
  • Buka web browser, kunjungi URL berikut : https://www.imei.info/.
  • Tekan tombol Login, kamu bisa gunakan akun Facebook untuk masuk.
  • Gunakan nomor IMEI yang dicatat untuk masuk ke halaman utama webnya.
  • Beri tanda centang pada kolom I’m not a Robot, tekan tombol Check.
  • Tunggu hingga muncul informasi soal HP Samsung kamu, sesuaikan dengan spesifikasinya.
  • Geser layar ke bawah dan tekan tombol Warranty via SN.
  • Pakai nomor seri, tekan tombol Check Samsung Phone Details.
  • Cari menu bertuliskan Factory Warranty Till yang berisi akhir masa garansi.
  • Selesai.

2. Cara Cek Garansi HP Samsung via Dial Phone

  • Buka menu Dial Phone.
  • Ketik #12580369#, tekan tombol OK/Call/Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul laman baru yang berisi kode huruf dan angka.
  • Lihat tulisan RF CAL. Angkanya menandakan produksi HP Samsung kalian.
  • Sebagai contoh, jika RF CAL bertuliskan 20200504 maka HP Samsung kamu diproduksi pada tanggal 4 April 2020.
  • Selesai.

Apakah Layanan Garansi dari Service Center Resmi Samsung Memuaskan?

Demikian pembahasan mengenai cara cek garansi Samsung terbaru dan terpercaya untuk kalian sebagai pengguna setianya. Umumnya Service Center Resmi Samsung tidak pernah memberikan masa garansi kepada konsumennya lebih dari 2 (dua) tahun sejak masa produksi ponsel yang kamu beli.

Kalian juga harus tahu klaim garansinya lantaran gerai resmi Samsung tidak bisa sembarangan menerima siapapun yang berkunjung untuk akui sebagai pengguna ponsel setianya.

Hal ini dikarenakan kamu dan siapapun yang membaca artikel ini harus membawa bukti kuat seperti kartu garansi atau kwitansi pembelian. Pasalnya, surat tersebut akan dipakai sebagai catatan penting bahwa kamu pernah membeli ponselnya di gerai resmi Samsung.

Petugas akan melayani kamu dan menjawab semua pertanyaan bahkan keluhan yang terjadi akibat kerusakan internal, namun mereka akan menolak permintaan perbaikan bila masalah disebabkan kelalaian kamu sendiri. Rawatlah HP Samsung kalian sejak pertama kali dibeli untuk mempertahankan masa garansi bila suatu saat terjadi kerusakan diluar kelalaian dirimu sendiri.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ... Blogger