Cara Jualan Sayuran Online

Berbisnis jualan sayuran merupakan salah satu jenis bisnis yang paling digemari generasi milenial saat ini. Meskipun usaha ini telah ada sejak dulu, tapi prospeknya masih tetap bagus. Mengingat sayuran adalah salah satu kebutuhan utama yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pertanyannya, bagaimana cara jualan sayuran online?

Berjualan sayuran online adalah terobosan baru dalam usaha sayuran. Dengan mengandalkan teknologi digital, usaha ini sudah tentu menjadi lebih menguntungkan. Bagi Kamu yang ingin memulai usaha sayuran online, maka wajib mengetahui panduannya dari nol.

Cara Jualan Sayuran Online

Cara Jualan Sayuran Online
Berjualan Sayuran Online

Panduan Berjualan Sayuran Online

Ada beberapa langkah yang perlu Kamu lakukan jika ingin memulai usaha jualan sayuran online. Berikut panduannya :

1. Cek Kondisi Pasar Melalui Sistem Pre-Order

Pre Order atau PO adalah sistem penjualan yang proses penjualannya tanpa menyediakan produk terlebih dulu. Tetapi berdasarkan pesanan dari pembeli. Di samping metode pre order ini, Kamu juga bisa mencoba sistem jastip alias jasa titip. Dimana 2 metode penjualan ini dipilih untuk mengenali kebutuhan pembeli.

Di samping itu, metode jastip da pre order ini bisa membuatmu tak perlu menyetok sayuran terlalu banyak. Apabila permintaan sayuran mulai tinggi, Kamu dapat mempersiapkan stok dalam jumlah cukup banyak dan melakukan penjualan secara langsung.

2. Cari Supplier Tangan Pertama Supaya Lebih Murah

Langkah cara jualan sayuran online selanjutnya ialah Kamu bisa mulai survei ketersediaan sayuran langsung ke petani. Kamu dapat memilih sayuran berkuallitas baik yang harganya lebih murah. Para petani sayuran biasanya terletak di pedesaan. Tapi, jika Kamu mengambil stok cukup banyak, bukan tak mungkin supplier atau petani bersedia mengantarkannya.

3. Simpan Stok Sayuran di Kulkas

Sayuran segar biasanya bersifat cepat membusuk. Oleh karena itu, cara berjualan sayuran berikutnya ialah Kamu harus mempersiapkan kulkas khusus yang digunakan untuk penyimpanan sayuran. Idealnya untuk menyetok sayuran sendiri, Kamu dapat mengambilnya 3 kali seminggu.Dengan begitu, sayuran bisa  habis tanpa harus membuang yang sudah tak lagi fresh.

4. Buat Akun Bisnis di Website atau Medsos Agar Terlihat Profesional

Jika Kamu ingin berjualan sayuran online, tentu saja harus buat akun bisnis terlebih dahulu di media sosial. Kamu juga dapat memilih berbagai platform, baik itu Gojek maupun Grab. Kamu juga bisa memasuki pasar marketplace. Selain itu, pastikan untuk mengunggah produk sayuran dengan berkala. Kamu juga bisa menambahkan keterangan tentang proses pengiriman, dan testimoni pelanggan. Bila perlu, bisa juga beriklan produk sayuran lewat Instagram Ads dan Facebook Ads.

5. Pilih Jasa Pengiriman

Cara jualan sayuran online penting lainnya ialah terkait pemilihan jasa pengiriman. Apabila Kamu mempunyai alat transportas dan tenaga yang sekiranya mampu, silahkan antarkan sayuran sendiri ke pelanggan. Ini tentu lebih menguntungkan. Karena menggunakan ojek online biasanya terlalu memberatkan konsumen. Apabila Kamu ingin mengantarnya sendiri, bisa memasang tarif rendah agar pelanggan dapat menjaga loyalitas.

6. Memikirkan Citra Bisnis

Lain halnya dengan usaha konvensional, cara berjualan sayuran online pastinya memerlukan perlakuan khusus. Tak terkecuali dalam hal pengemasan lebih rapi dan pemilihan produk sayuran organik secara khusus. Di samping itu, Kamu juga haru mempersiapkan berbagai kelengkapan produk sayuran yang dijual. Contohnya saja, produk ayam, tempe, daging dan ikan. Bila perlu, kamu bisa menambahkan buah serta berbagai produk sembako.

7. Lakukan Promosi

Salah satu kekuatan utama pada penjualan sayuran online ialah promosi. Kamu harus benar-benar konsisten mengunggah berbagai produk yang akan dijual. Bila perlu, Kamu bisa meminta pihak keluarga maupun teman untuk mempromosikan produk sayuranmu. Apabila usaha sayuran onlinemu telah dikenal, pastinya akan ada banyak orang tertarik membeli produkmu.

Usaha Produk Sayur Kemasan

Usaha sayuran saat ini tak hanya memerlukan variasi produk saja. Melainkan teknik marketing dan pengemasannya juga harus benar-benar dikembangkan. Adapun salah satu pilihan usaha jualan sayuran secara online ialah usaha sayuran kemasan. Adapun yang dimaksud sayur kemasan ialah sayur yang telah diracik serta dikemas  pada satu wadah. Bahkan tak jarang sayuran juga ada yang telah dilengkapi bumbu.

Jadi, ibu-ibu cukup memasaknya tanpa membuat dan meracik bumbu terlebih dahulu. Adapun hal-hal seperti ini sangat diperlukan di zaman milenial seperti sekarang ini. Karena semua orang biasanya memerlukan sesuatu yang serba instan. Misalnya saja salah satu ide usaha berjualan sayuran kemasan online ialah sayur racik dengan oseng buncis daging sapi.

Memakai satu wadah dalam styrofoam, Kamu dapat memasukkan berbagai macam bahan berupa bumbu halus, saos tiram, daging sapi yang direbus, daun jeruk, kecap manis, salam, laos, dan buncis yang telah dipotong. Tentu saja sayur kemasna ini dapat dijalankan bagi Kamu yang baru terjun ke dalam dunia bisnis. Bagi yang belum mempunyai tempat usaha, maka cara jualan sayuran online kemasan ini bisa dilakukan dengan cara membuka warung di rumah.

Bisnis Sayuran Packing

Di samping bentuk racikan, Kamu juga bisa mencoba bentuk sayuran packing. Dimana cara packing tersebut bisa membuat kemasan pada prodk sayuran lebih menarik. Di samping itu juga dapat membuat produk sayuran lebih berkualitas dan higienis.

Adapun salah satu bentuk inovasi sayuran ini dapat memakai kemasan berbentuk plastik kemas, kertas, styrofoam, gelas maupun kaleng. Cara pengemasan sayuran packing ialah dengan memakai plastik transparan dengan ventilasi. Lalu, Kamu dapat meningkatkan pemakaian pita kawat supaya packing lebih erat.

Pemakaian pita kawat tersebut juga dapat mempermudah pengiriman sayuran sehingga pesanan bisa sampai ke pelanggan dalam kondisi yang baik.

Berikut persyaratan bahan untuk pengemasan produk sayuran yang baik, yaitu :

  • Permeable terhadap udara baik dari oksigen atau gas lain.
  • Bersifat non toksik, yaitu tidak bereaksi dan menimbulkan reaksi kimia, jadi cita rasa dan aroma sayuran tetap terjaga.
  • Harus kedap air, agar dapat menahan kelembaban dari udara sekitar.
  • Tahan panas.
  • Kuat dan tidak gampang bocor.
  • Gampang dikerjakan, serta harganya terjangkau.

Kiat Dalam Berbisnis Sayuran

Kiat penting berbisnis sayuran online lainnya ialah menerapkan strategi. Kamu harus menetapkan konsep 4P, yaitu product, place, price, dan promotion. Berikut penjelasannya :

1. Product

Kamu bisa menentukan strategi dengan mengetahui perkembangan keinginan dan kebutuhan konumen. Kamu juga dapat melihat adanya peluang pasar. Apabila telah melakukan survey, maka selanjutnya putuskan spesifikas dan jenis produk yang dikembangkan.

Kita tahu bahwa pasar sayuran terbagi ke dalam 2 jenis yaitu pasar modern dan tradisional. Keduanya memiliki produk dan ciri yang berbeda. Bagi pasar modern, maka hal yang paling ditonjolkan adalah kualitas. Sedangkan untuk pasar tradisional biasanya lebih mengutamaka harga.

2. Place

Place atau tempat adalah poin selanjutnya yang harus dipertimbangka dalam strategi marketing. Maksudnya di sini ialah tempat berarti penempatan produk dan saluran distribusi dengan tepat. Contoh, untuk sayuran grade premium, pasarnya mesti lebih spesifik.

3. Price

Kiat strategi yang bisa dilakukan untuk berjualan sayuran online ialah harga. Tentu saja penetapan harga ini tidak dapat dilakukan sembarangan. Karena penetapan harga tidak tepat bisa membuat keuntunganmu tak sesuai ekspektasi. Dengan begitu, bisa saja konsumen beralih saat harga semakin mahal.

4. Promotion

Promosi berhubungan erat dengan trik merebut perhatian dan memperkenalka produk ke khalayak agar tertarik membeli sayuran yang Kamu tawarkan. Beberapa cara promosi untuk berjualan sayuran secara onlne, yaitu membuat website, Twitter, akun Facebook hingga Instagram. Bahkan kini, ada beberapa penjual sayuran online yang memanfaatkan cara jadi seller Shopee seperti menjual sayuran microgreen.

Nah, itulah beberapa strategi dan cara jualan sayuran online yang bisa Kamu coba. Metode ini sangat tepat bagi para pemula yang tertarik mencoba berjualan sayuran online.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019