3 Cara Reply DM IG Seperti Whatsapp yang Mudah💜

Cara Reply DM IG Seperti Whatsapp
Cara Reply DM IG Seperti Whatsapp

WIGATOS.com | Cara reply DM IG Seperti Whatsapp merupakan cara praktis yang bisa kamu lakukan agar bisa membalas pesan Instagram secara langsung. Ini adalah fitur baru yang lahir dari Instagram.

Instagram sendiri sudah mengembangkan fitur direct message alias DM supaya lebih interaktif bagi setiap pengguna yang berbagi pesan atau obrolan, sama seperti memakai Whatsapp.

Nah, lewat DM di aplikasi Instagram ini kamu bakal bisa membalas pesan atau reply pesan dari pengguna yang lain. Dengan begitu, balasannya nanti bakal menempel pada bagian bawah pesan tersebut yang dibalas seperti platform chatting biasanya.

Eitss, sebelum bisa melakukan cara reply DM IG seperti Whatsapp pastikan dulu aplikasi Instagram di perangkatmu sudah versi yang terbaru ya!

Mengapa Merespon Pesan Instagram Seperti WhatsApp Penting?

Alasan utama kenapa merespon pesan IG seperti WA penting, yaitu karena faktor kenyamanan dan efisiensi. WhatsApp telah menjadi platform komunikasi yang sangat populer karena kemudahan penggunaannya.

Hal inilah yang membuat Whatsapp jadi media paling praktis dan utama dalam berkomunikasi secara online. Dengan merespon pesan Instagram seperti WhatsApp, pastinya ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat :

1. Terhindar dari Keterlambatan Balas Pesan

Pesan WhatsApp umumnya bisa langsung diterima ketimbang kamu menggunakan DM Instagram yang acap kali terabaikan.

2. Mengelola Pesan Lebih Baik

Dengan mengelompokkan pesan-pesan seperti WhatsApp, maka kamu dapat dengan mudah mengelola dan memantau percakapan bersama teman-teman dan keluarga lewat DM Instagram.

3. Fungsi Balas yang Lebih Baik

WhatsApp memiliki fungsi balas yang mudah digunakan yang membuat percakapan mejadi lebih efisien dan jelas.

4. Bisa Mengekspresikan Diri Lebih Leluasa

Kamu dapat mengekspresikan diri dengan lebih baik lagi menggunakan berbagai jenis pesan, seperti teks, gambar, video, stiker, dan tambahan fitur lainnya.

Cara Reply DM IG Seperti Whatsapp

Cara Reply DM IG Seperti Whatsapp
Cara Reply DM IG Seperti Whatsapp

Oke, setelah bahas semuanya kamu wajib tahu gimana cara reply DM IG seperti Whatsapp yang sebenarnya. Langsung saja ikuti tahapan-tahapan berikut :

1. Update Instagram ke Versi Terbaru

Pertama, syarat wajib agar kamu merasakan fitur reply DM IG seperti di Whatsapp yaitu harus update Instagram ke versi terbaru.

Gimana caranya? tinggal masuk saja ke Play Store di android atau App store di iPhone. Temukan aplikasi “Instagram” lalu perbarui aplikasi jika memang masih memakai versi lama.

2. Aktifkan Mode Pesan WhatsApp

Lantas setelah berhasil mengupdate Instagram ke versi terbaru, selanjutnya buka Direct Message (DM) dengan cara klik ikon pesan yang berada di pojok kanan atas layar.

Setelah masuk ke DM, maka kamu bakal melihat pesan yang sudah ada sebelumnya.

3. Mulai Percakapan Baru

Cara reply DM IG seperti Whatsapp selanjutnya yaitu memulai percakapan baru. Stepnya yaitu klik  ikon pesan biru yang berada di pojok kanan bawah layar. Selanjutnya kamu langsung menuju halaman penulisan pesan baru.

4. Tulis Pesan

Di sini, kamu dapat menulis pesan seperti biasa. Silakan tambahkan emoji, stiker, gambar, atau bahkan merekam pesan suara seperti yang Kamu lakukan di aplikasi WhatsApp.

5. Gunakan Fitur Balas

Untuk merespon pesan tertentu dalam percakapan, cukup ketuk dan tahan pesan tersebut. Lalu, pilih ikon balasan (panah balik) yang akan muncul di bagian atas layar.

Sekarang kamu dapat menulis balasan di bawah pesan tersebut sehingga membuat percakapan menjadi lebih terstruktur.

6. Kirim Pesan

Setelah menulis pesan atau balasan pada DM, selanjutnya ketuk ikon kirim (ikon pesawat kertas) untuk mengirimnya. Pesan tersebut akan tampil dalam percakapan seperti biasa.

7. Kelola Pesan

Kamu dapat menghapus pesan, mengedit pesan, atau menerapkan berbagai opsi lainnya dengan mengklik pesan tersebut lalu pilihlah opsi sesuai dengan keinginan.

8. Gunakan Fitur-Fitur Yang Lain

Instagram sekarang menawarkan sejumlah fitur serupa WhatsApp seperti status, stiker, GIF, dan bahkan panggilan video.

Gunakan fitur tersebut agar membuat percakapan Kamu menjadi lebih menarik dan bervariasi.

9. Jangan Lupa Privasi

Pastikan untuk melakukan pengaturan privasi sesuai keinginan. Kamu dapat mengatur siapa saja yang bisa mengirimi pesan atau melihat aktivitas kamu.

10. Nikmati Kemudahan Berkomunikasi

Selamat, kamu sudah bisa memakai fitur cara reply DM IG seperti Whatsapp. Dengannya, membuat aktivitas komunikasi jadi lebih nyaman dan efisien bersama teman-teman atau dengan pengikut Kamu.

Cara Merespon DM IG Seperti Whatsapp Lainnya

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Auto Reply dan aplikasi pihak ketiga supaya bisa merespon DM IG seperti Whatsapp.

1. Reply DM IG Seperti Whatsapp dengan Fitur Auto Reply

Adanya Auto reply pada IG memungkinkan kamu dapat membuat pesan secara otomatis yang bakal langsung terkirim ketika ada orang atau pengguna mengirimkan DM ke IG kamu.

Pastinya fitur Auto Reply ini sangat berguna jika kamu mau merespon otomatis ke pihak pengirim. Misalnya saja seperti memberikan informasi terkait layanan atau produk yang kamu tawarkan atau ingin mengucapkan terima kasih.

Ini langkah-langkah cara reply DM IG seperti Whatsapp dengan Auto Reply Instagram :

  • Buka Instagram.
  • Masuk ke akun profil Instagram kamu.
  • Klik Edit Profil.
  • Gulir layar ke bawah, lalu tekan Auto Reply.
  • Silakan tambahkan pesan atau chat yang mau kamu kirim langsung.
  • Aktifkan pilihan Enable Away Message buat aktifkan pesan langsung/otomatis saat kamu nonaktif di IG.
  • Silakan save pengaturan.

Jika kamu telah mengaktifkan auto repy ini, maka kamu orang yang mengirimkan DM ke IG kamu bakal mendapatkan pesan otomatis dari yang telah kamu buat sebelumnya.

Tapi jika kamu mau, bisa juga menonaktifkan auto reply kembali kapanpun. Caranya cukup akses pengaturan profil lalu aktifkan Enable Away Message. 

2. Reply DM IG Seperti Whatsapp dengan Aplikasi

Kamu tak hanya bisa memanfaatkan fitur yang ada di IG buat reply DM IG seperti Whatsapp. Sebab ada aplikasi yang bisa membantumu untuk melakukan hal demikian, yaitu aplikasi Direct Message For Instagram.

Kamu bisa mengunduhnya lewat App Store maupun Play Store. Simak panduan selengkapnya reply DM IG seperti WA dengan Direct Message for Instagram :

  • Download dan install Direct Message for Instagram via App Store maupun Play Store.
  • Silakan akses aplikasi kemudian login memakai akun IG.
  • Tekan DM Instagram yang mau kamu balas.
  • Lalu tuliskan pesan untuk membalas DM tersebut dan kirim.

Memakai aplikasi DM for IG ini, memungkinkan kamu buat balas DM dengan cepat sama seperti memakai Whatsapp. Tapi ingat, kamu juga perlu bijak memakai aplikasi ini sebagai pihak ketiga, sebab riskan terhadap keamanan privasi.

Bedanya Balasan DM IG dengan Whatsapp

Pastinya fitur buat balas DM Instagram dengan Whatsapp berbeda, dilihat dari beberapa hal berikut :

  • Tidak punya layanan last seen pada DM IG, dengan begitu kamu tak akan mengetahui kapan pengguna Instagram membuka DM kamu terakhir kali.
  • Kamu hanya dapat mengirimkan DM IG ke followers atau yang telah kamu follow, sementara si aplikasi Whatsapp bisa kirim chat ke siapapun tanpa harus berteman terlebih dulu.

Oke, gimana mudah banget kan cara reply DM IG seperti Whatsapp? Nikmati kemudahan lainnya yang bisa kamu dapatkan saat memakai Instagram. Simak juga pembahasan cara DM di Tiktok dengan mudah!

Related posts