Cara Setting VPN iPhone iKEV2

Cara Setting VPN iPHone IKEV2
Cara Setting VPN iPHone IKEV2

Bagaimana cara setting VPN iPhone iKEV2? Kamu perlu tahu bahwa iOS mempunyai fitur keamanan secara default yang sangat canggih dan dapat melindungi identitas, data serta lokasi keberadaanmu. Namun iOS sendiri tidak mempunyai fitur-fitur layaknya VPN, umumnya berguna dalam menyembunyikan IP Address dan dapat menerobos pemblokiran geografis pengguna.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan VPN dalam melindungi iOS dan data pribadi dari orang-orang yang kurang bertanggung jawab, sebaiknya simak panduan pengaturan VPN iphone IKEV2.

Cara Setting VPN iPhone IKEV2

Cara Setting VPN iPHone IKEV2
Cara Setting VPN iPHone IKEV2

IKEV2 VPN merupakan protokol tunneling umumnya bergantung pada IPSec dalam proses enkripsi. Biasanya protokol tersebut ditunjang oleh sistem dan perangkat yang sedikit. Diantara jenis-jenis protokol dari VPN, tentu saja ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. IKEV2 merupakan protokol yang sangat kompleks jika dibandingkan open VPN.

Hanya saja biasanya IKEV2 ini memerlukan proses konfigurasi lebih kompleks agar dapat bekerja dengan maksimal. Begini cara setting VPN iPHone IKEV2 :

1. Pilih VPN

Metode pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan cara memilih VPN. Jika ingin melakukannya bisa dengan cara riset beberapa VPN. Melalui riset inilah, kamu dapat membandingkan kualitas, ulasan dan fitur terkait VPN itu sediri. VPN yang paling sering dipakai oleh iPhone, antara lain IPVanish, NordVPN dan OpenVPN.

2. Install VPN

Apabila kamu sudah memilih VPN tertentu yang ingin dipakai, selanjutnya adalah dengan menginstall VPN. Instalasi VPN sebenarnya cukup mudah, tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka App Store.
  • Setelah itu, ketik aplikasi VPN mana yang ingin kamu unduh di kolom search.
  • Jika sudah ketemu, tekan get lalu tunggu sampai instalasi selesai.

3. Aktifkan Koneksi VPN

Apabila instalasi sudah selesai, maka kamu dapat mengatur VPN di iOS dengan mudah. Untuk mengaktifkannya, ikuti panduan berikut :

  • Buka pengaturan, caranya klik Home.
  • Lalu tekan general.
  • Setelah itu, tekan menu VPN.
  • Jika sudah, pilih aplikasi unduhan tadi, dan tekan toggle lalu aktifkan VPN sampai muncul notifikasi connected.

4. Konfigurasi VPN dengan Cara Manual

Selain memakai cara yang telah disebutkan di atas, kamu dapat melakukan beberapa konfigurasi VPN dengan cara manual, berikut ini :

  • Lakukan step 1-3 seperti halnya mengaktifkan VPN yang sebelumnya.
  • Gulir layar sampai ke bawah dan tekan add VPN Configuration.
  • Setelah itu, tekan IKEV2, dan tekan lagi Add VPN Configuration.
  • Inputkan berbagai macam data, mulai dari remote ID, server VPN dan deskripsi sesuai keinginan.
  • Jika sudah, masukkan password dan username di kolom yang telah tersedia.
  • Selanjutnya, tekan finish, lalu aktifka pengaturan caranya tekan toggle sampai terlihat status bertuliskan connected.

Bagaimana Cara Kerja dari VPN?

VPN biasanya bekerja untuk membentuk jembatan virtual dalam perangkat kamu menggunakan internet yag sudah diamankan menggunakan enkripsi. Enkripsi yang menjadikan data kamu tidak dapat diakses atau aman oleh siapa saja yang ada di luar koneksi.

Data dari perangkat biasanya akan dialihkan ke server VPN terlebih dahulu, jadi tidak diteruskan langsung ke internet. Setelah sampai ke dalam server VPN, selanjutnya data dilanjutkan ke dalam server tujuan memakai IP address dari VPN.

Seperti halnya data yang telah dikirim internet ke dalam hp kamu yang wajib melalui VPN server sebelum masuk tujuan akhir. Data yang telah berjalan pada komputer kamu ke server VPN menuju server asli maupun sebalikya, biasanya ada dalam kondisi yang terenkripsi. Apabila data sudah tiba ke tujuan, selanjutnya akan terdeskripsi.

Demikian ulasan tentang cara setting VPN iPhone IKEV2 yang bisa kamu lakukan untuk membuka blokiran atau keperluan apapun.

Related posts