Cara Jadi Star Seller Shopee

Setiap orang pasti tertarik dengan cara jadi star seller Shopee, mengingat ada banyak sekai keuntungan yang bisa Kamu dapatkan. Salah satunya ialah membuat penjualanmu semakin meningkat. Jadi sayang sekali jika jumlah penjualanmu sedang berkembang tapi Kamu tidak ikut mendaftarkan fitur star seller Shopee.

Tentang Star Seller Shopee

Bagi yang telah terbiasa bertransaksi atau membeli produk di Shopee, tentu saja Kamu sudah mengetahui tentang start seller Shopee. Bagi yang belum mengetahui apa itu start seller, Kami akan membahasnya di sini. Star Seller Shopee ialah penjual terpilih dari Shopee.

Gelar star seller Shopee biasanya diberikan sebagai bentuk apresasi bagi para penjual aktif sekaligus mempunyai layanan yang baik kepada customer. Lalu, apa saja sih keuntungan dari star seller Shopee?

Keuntungan Star Seller Shopee

Jika Kamu tertarik menjadi star seller Shopee, ada banyak keuntungan yang didapatkan :

1. Menjadi Penjual Lebih Terpercaya

Ketika tokomu memiliki gelar star seller Shopee, dengan otomatis Kamu bisa menjadi penjual terpercaya, lebih profesional dan kredibel. Jika Kamu memposisikan diri sebagai pembeli, Kamu pasti akan mencari seller terpercaya di Shopee. Penjual terpercaya itulah yang telah menerima gelas star seller Shopee.

Selain itu, penjual yang menerima predikat star seller di marketplace ini sudah tak perlu lagi diragukan karena memang sudah terpercaya. Sebab untuk menerima gelar tersebut, penjual harus melalui tahapan proses kriteria sampai persetujuan pihak Shopee.

2. Memperoleh Rekomendasi Fitur Promo Shopee

Keuntungan jadi star seller di Shopee selanjutnya ialah mendapatkan rekomendasi promo dari pihak Shopee. Pihak Shopee kerap memberikan rekomendasi berbagai macam promo Shopee.

Menjadi star seller Shopee, membuatmu bisa mendapatkan banyak tawaran promo sehingga bisa menarik perhatian calon pembelli atau customer yang ingin berbelanja. Siapa sih yang nggak tertarik dengan penawara promo menarik? Setiap pembeli tentu menginginkannya.

Begitu pula dengan toko online-mu di Shopee, tentu saja selalu menjadi incaran calon customer jika dibandingkan toko onine tanpa promo. Jadi Kamu akan mendapatkan banyak promo dari Shopee yang bisa Kamu ikuti jika menjadi toko terpilih star seller Shopee. Inilah yang membuat tokomu menjadi pilihan paling utama dari para pembeli Shopee.

3. Banyak Diincar Pembeli Shopee

Toko yang bergelar star seller Shopee, pastinya akan lebih banyak diincar para pembeli Shopee yang mencari produk-produk atau barang di Shopee. Bedasarkan penelitian dari Shopee, ada sebanyak 90% konsumen yang mencari barang di Shopee serta mengaktifkan tombol filter untuk star seller Shopee.

Pihak Shopee sudah merekomendasikan pembeli melakukan pembelian barang/produk di toko yang telah menerima predikat star seller Shopee itu sendiri. Ini terbukti dari adanya pilihan filter yang terdapat pada star seller Shopee.

4. Dapat Mengunggah Lebih Banyak Produk Sampai 10 Ribu Produk

Selain itu, melalui star seller Shopee Kamu juga dapat meng-upload atau mengunggah produk yang kamu jual bisa sampai 10 ribu produk. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan karena Kamu bisa menjual lebih banyak produk di Shopee.

5. Meningkatkan Omzet Penjualan

Keuntungan menjadi star seller Shopee berikkutnya ialah tentu saja dapat meningkatkan omzet tingkat penjualan Shopee. Melalui star seller Shopee ini, sudah bisa dipastikan bahwa omzet penjualan akan semakin meningkat di Shopee.

Namun meskipun demikian Kamu harus pastikan dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk calon buyer. Supaya buyer ttak beralih ke toko lainnya.

Cara Jadi Star Seller Shopee

Cara Jadi Star Seller Shopee
Menjadi Star Seller Shopee

Menjadi Star Seller Shopee

Persyaratan utama yang bisa dipenuhi jika Kamu ingin menjadi star seller Shopee ialah Kamu harus memiliki toko online terlebih dahulu di Shopee. Jika sudah, setelah itu Kamu dapat menyimak ulasan cara jadi star seller Shopee terlebih dahullu :

1. Sudah Melakukan Verifikasi KTP

Persyaratan cara menjadi star seller Shopee berikutnya ialah Kamu harus memverifikasi KTP untuk dijadikan bukti identik jika toko yang Kamu kelola adalah benar milikmu dan bukan oknum penipuan online shop.

2. Mempunyai Rating Minimal 4.5

Rating biasanya dipakai sebagai indikator untuk reputasi toko. Penilaian atau rating diperoleh berdasarkan penilaian pembeli. Apabila nantinya para pembeli merasa puas dengan produk yang mereka beli, kemungkinan besar mereka akan memberikan rating memuaskan, bisa-bisa mendapatkan bintang 5. Adapun syarat jika ingin jadi star seller, tokomu harus mempunyai rating paling tidak bintang 4.5.

3. Persentase Membalas Chat Melebihi 80%

Cara jadi star seller Shopee berikutnya ialah Shopee menawarkan fitur chat untuk pembeli dan jual agar bisa berkomunikasi terlebih dahulu sebelum bertransaksi. Biasanya fitur tersebut dipakai baik untuk menanyakan tentang stok produk, varian warna yang dipilih dan sebagainya.

Dengan begitu, jika ada calon konsumen yang mengirimkan chat maka Kamu sebagai pemilik toko atau penjual harus membalas pesan chat tersebut dengan persentase balasan chat paling minimal 80% terhadap semua pembeli, apabila Kamu tertarik untuk jadi star seller Shopee.

4. Mempunyai Penghasilan Penjualan Paling Minimal 100 Orderan Per Bulan

Cara jadi star seller Shopee yang satu ini memang cukup sulit, sebab memang wajib memenuhi semua persyaratan yakni harus mendapatkan penjualan produk setidaknya 100 pesanan setiap bulan.

Apabila Kamu belum memenuhi semua kriteria, Kamu harus terus berupaya agar dapat meningkatkan penjualan, sama halnya dengan mempromosikan iklan, mengikuti flash sale, menyediakan barang berharga murah, hingga menyediakan produk-produk grosir.

5. Toko Melayani Sebanyak 25 Pembeli Berbeda Selama 1 Bulan

Selain perlu meningkatkan penjualan, Kamu juga wajib melayani sebanyak 25 pembeli berbeda selama 1 bulan. Ini artinya penjual harus ekstra melakukan promosi supaya bisa menarik buyer baru.

Jika Kamu belum memenuhi semua kriteria tersebut, Kamu harus terus berupaya agar penjualan dapat ditingkatkan, misalnya dengan beriklan, mengikuti flash sale, menyediakan produk yang berharga murah dan menyediakan produk untuk dapat dibeli secara grosir.

6. Toko Mempunyai Poin Penalti Sebesar 0 Poin

Cara menjadi star seller Shopee berikutnya Kamu harus mempunyai poin penalti nol. Ini artinya Kamu tidak boleh melanggar beberapa ketentuan. Adapun larangan pelanggaran tersebut diantaranya :

  • Ada pesanan buyer yang tidka dapat diselesaikan penjual.
  • Menjual barang yang dilarang.
  • Penjual terlambat mengirimkan produk.
  • Seller telah melakukan tindakan spam.
  • Penjual membalas ulasan atau chat pembeli menggunaka kalimat yang kasar dan tidak sopan.
  • Meningkatkan harga jual sebelum diberi potongan harga agar memperoleh keuntungan penjualan.

7. Mematuhi Peraturan dan Kebijakan Shopee

Hal tersebut adalah ketentuan pasti menjadi penjual produk di Shopee, misalnya Kamu tidak memiliki riwayat pesanan tidak wajar, tidak menyalahgunakan penggunaan program lainnya dan tidak melakukan beberapa kejanggalan dalam aktivitas akun.

8. Mempunyai Persentasi Produk PO <20% Selama Kurang dari 5 Hari

Cara jadi star seller Shopee terakhir yaitu toko yang Kamu miliki harus mempunyai persentasi barang/produk PO (Pre Order) kurang dari 20% selama kurang dari 5 hari untuk 30 hari.

Itulah 8 langkah cara jadi star seller Shopee yang harus dipenuhi jika Kamu ingin meng-upgrade tokomu ke dalam layanan star seller Shopee.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019