Cara Menampilkan Layar di Laptop

Tahukah kalian bagaimana cara menampilkan layar di Laptop? menampilkan layar hp di laptop memberikan keunggulan tersendiri, karena kalian bisa melihat tampilan hp langsung ke layar yang lebih luas. Sehingga lebih leluasa saat digunakan untuk streaming video atau film.

Istilah umum menampilkan layar hp ke laptop dinamakan dengan mirroring. Selanjutnya langkah yang biasa digunakan dengan menggunakan Miracast. Akan tetapi, cara ini biasanya hanya bekerja dalam perangkat display dan tidak mendukung saat memakai laptop atau komputer. Walaupun begitu, kalian tetap bisa menampilkan layar hp ke laptop dengan metode yang mudah untuk dipraktekkan.

Persiapan Sebelum Menghubungkan HP ke Laptop

Ada beberapa persiapan yang perlu kalian lakukan agar menampilkan layar hp ke laptop bisa berhasil, yaitu dengan mengaktifkan USB debugging terlebih dahulu. Fitur ini sudah ada hampir di setiap hp smartphone, yang berfungsi sebagai penghubung antara smartphone dengan laptop.

Fitur USB debugging sebenarnya bukan hanya untuk itu saja, kalian juga dapat memanfaatkan fitur ini di kala sedang melakukan uji coba sebuah aplikasi yang sedang di buat. Nantinya akan kelihatan jika memang ada bug atau masalah pada aplikasi tersebut.

Cara Menampilkan Layar di Laptop

Cara Menampilkan Layar di Laptop
Menampilkan Layar Hp di Laptop

Step 1 : Mengaktifkan USB Debugging Pada Smartphone

Secara umum, langkah-langkah mengaktifkan USB debugging untuk semua merek smartphone hampir sama. Oleh karena itu, berikut cara menampilkan layar di laptop dengan mengaktifkan fitur USB debugging :

Terkait:  Cara Ganti Password Instagram

1. Ketahui Terlebih Dahulu Build Number Smartphone

Fitur USB debugging erat kaitannya dengan pengembangan lanjutan pada smartphone sesuai yang di inginkan oleh pengguna. Oleh karena itu, pertama-tama kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai Build Number-nya. Untuk mengeceknya, silakan ikuti langkah berikut :

  • Pastikan smartpone tidak dalam keadaan terkunci.
  • Cari menu settings yang ada pada deretan menu di smartphone kalian.
  • Setelah masuk pada menu settings, carilah opsi Sistems.
  • Pada halaman systems, pilih opsi advance agar bisa memilih opsi ‘about phone’.
  • Jika seandainya dengan urutan yang dijelaskan di atas tidak ketemu, cobalah mencari bulid number dengan cara klik opsi about phone yang tersedia setelah kalian klik menu settings. Pada halaman about phone tersebut akan ada opsi bulid number. Klik bagian tersebut.

2. Install Aplikasi Tambahan

Setelah mengaktifkan USB Debugging sesuai dengan petunjuk di atas, langkah selanjutnya adalah  menginstal aplikasi tambahan baik pada smartphone maupun pada laptop. Adapun aplikasi yang dimaksud adalah Vysor Google Chrome.

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, silakan masuk pada browser lalu klik di pencarian dengan mengetikan nama aplikasinya yaitu Vysor – Chroime Web Store. Kemudian instal di kedua perangkat baik pada smartphone maupun pada laptop.

3. BukaVysor pada Google Chrome

Apabila vysor telah di instal di masing-masing perangkat, selanjutnya yaitu buka ikon vysor yang terdapat pada google chrome. Tujuan dari membuka ikon vysor yaitu agar bisa terhubung antara hp smarphone kalian dengan laptop, tentunya dengan bantuan kabes USB sebagai penghubung dari kedua perangkat tersebut.

4. Hubungkan Kedua Perangkat

Untuk menghubungkan perangkat, setelah klik ikon vysor, jangan lupa untuk menghubungkan terlebih dahulu antarahp smartphone dengan laptop meggunakan kabel usb. Perhatikan pada layar hp mengenai fungsi kabel usb apakah terhubung hanya untuk mengisi daya saja atau transfer data. Pastikan agar fungsi kabel usb berfungsi sebagai transfer data.

Terkait:  Cara Mengunci Profil Facebook

5. Pilih Perangkat

Setelah menghubungkan kedua perangkat dengan USB dan telah terhubung, ketika kalian membuka vysor maka seharusnya akan ada menu tambahan dari vysor. Salah satu opsinya adalah menemukan perangkat, ‘Find Devices’. Posisinya yaitu ada di bagian atas.

Selanjutnya kalian cukup pilih nama perangkat dari Hp smartphone saja yang nantinya akan di mirroring ke laptop yang telah disiapkan. Berikutnya klik ‘Select’ untuk memilih perangkat yang akan dihubungkan.

Pada layar akan muncul notifikasi yaitu ‘izinkan debugging USB’. Kalian cukup izinkan saja dengan klik ‘Iizinkan’. Dengan begitu, maka mirroring hp smartphone kalian yang terhubung ke laptop berhasil di lakukan.

Step 2 : Menampilkan Layar Hp di Laptop dengan Menggunakan Software Connect

Selain cara menampilkan layar di laptop dengan cara di atas, kalian juga bisa menggunakan software tambahan yang dinamakan Connect. Cara ini cukup sederhana, jika dibandingkan cara di atas yang harus menggunakan kabel USB, cukup dengan menggunakan Connect maka semuanya bisa dilakukan dengan baik.

Yang paling penting dari software Connect ini adalah harus terhubung dengan Wifi supaya bisa berjalan. Sekedar informasi, bahwa cara menampilkan layar di laptop dengan menggunakan software Connect, kalian tidak perlu menambahkan aplikasi yang lainnya lagi. Karena fitur yang ada di dalamnya sudah jauh dari kata cukup.

Connect sendiri merupakan software bawaan dari Windows. Oleh karena itu bagi sistem operasi laptop yang kalian gunakan berbasis Windows, maka lebih baik mencoba dengan menggunakan cara ini. Berikut cara menampilkan layar di laptop menggunakan software Connect :

1. Pastikan Hp dan Laptop Dalam Koneksi Wifi yang Sama

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kedua perangkat baik hp maupun laptop berada pada jaringan Wifi yang sama. Setelah itu, maka kalian sudah mulai bisa melakukan mirrofing menggunakan software Connect.

Terkait:  Cara Hemat Kuota

2. Klik Start Pada Laptop

Beralih pada laptop, klik menu start lalu cari Connect agar bisa menemukan softwarenya. Kemudian, jendela software connect akan otomatis terbuka. Di jendela tersebut muncul sebuah tulisan, ‘is ready for you to connect wirelessly’.

3. Aktifkan Screen Mirroring

Berikutnya, silakan aktifkan fitur screen mirroring yang ada di hp kalian. Secara umum untuk mencari fitur ini khusus bagi pengguna iPhone dan Samsung, bisa kalian lakukan dengan cara swipe up control panel, lalu setelah itu bisa langsung beralih ke menu screen mirroring atau opsi smart view.

4. Masuk ke Menu Setting

Untuk hp berbasis android apapun mereknya selain Samsung, maka bisa masuk ke menu settings terlebih dahulu. Kemudian pilih Wireless and Networks, setelah itu pilih Wireless Display dan terakhir klik pilihan Smart View.

5. Tunggu Sampai Laptop Mendeteksi Hp

Tunggulah beberapa saat hingga laptop dapat mendeteksi keberadaan perangkat hp kalian. Apabila sudah muncul perangkatnya, silakan untuk klik perangkat tersebut.

6. Layar Hp Muncul di Laptop

Jika sudah, selanjutnya kalian akan melihat tampilan layar hp yang secara otomatis muncul pada layar laptop.

Cukup mudah melakukan mirroring hanya menggunakan software bawaan Windows bukan? Oleh karena itu, bukan alasan lagi jika kalian ingin melakukan mirroring karena alasan tidak tahu.

Kesimpulan

Di atas adalah contoh melakukan mirroring baik dengan menggunakan vysor yang ada pada google chrome atau menggunakan software connect bawaan windows, sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa kalian lakukan. Adapun cara lainnya bisa kalian gunakan dengan bantuan apliaksi pihak ketiga seperti Apower Mirror, aplikasi Lets View, aplikasi Apower Manager dan aplikasi Mobizen.

Sebenarnya prinsip dari aplikasi di atas adalah sama, yaitu harus mengaktifkan fitur USB debugging terlebih dahulu baru bisa melakukan mirroring. Demikian cara menampilkan layar di laptop yang bisa kalian lakukan. Semoga membantu!

 

Related posts