Cara Hemat Kuota Youtube

Youtube adalah platform video terpopuler saat ini. Bukan saja untuk konsumsi, tetapi Youtube telah menghasilkan banyak konten kreator yang berhasil menampilkan karya-karyanya sampai terkenal. Hanya saja, salah satu aplikasi besutan Google yang satu ini dianggap menyedot banyak kuota. Sehingga kita harus rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli kuota berjumlah besar demi mengakses Youtube. Lalu, bagaimana cara hemat kuota youtube?

Sebelum membahas panduannya, Kamu harus tahu kuota yang dihabiskan untuk streaming Youtube terlebih dahulu. Untuk menyaksikan live streaming video Youtube dengan 30 fps dan kualitas 480p memerlukan kuota data hingga 264 MB setiap jamnya, sementara video yang lebih tinggi kualitasnya pada video 720p HD memerlukan 870 MB dalam waktu 1 jam. Bahkan, untuk video Full HD yang berkapasitas 1080 px memakan kuota sampai 1,65GB. Karena menguras kuota yang sangat besar, tentu saja Kamu harus mengetahui bagaimana cara hemat kuota Youtube.

Untuk lebih berhemat kuota data yang digunakan untuk menonton video Youtube, Kamu bisa mengikuti trik praktis di bawah ini!

Cara Hemat Kuota Youtube

Cara Hemat Kuota Youtube
Menghemat Kuota Youtube

Menghemat Kuota Youtube

Untuk menghemat kuota Youtube yang Kamu miliki, ada beberapa panduan cara yang bisa diikuti berikut :

1. Memakai Youtube Go

Tren aplikasi yang ramah kuota kini memang sedang banyak diminati tak terkecuali bagi pengguna internet yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali platform yang ikut mengembangkannya. Dimana salah satunya ialah aplikasi Youtube Go yang dirilis oleh Google.

Aplikasi yang satu ini memang lebih ringan dibandingkan Youtube biasa dan telah banyak dipilih untuk live streaming video dari Youtube oleh para pengguna internet yang ada di seluruh dunia. Memiliki versi yang ringan tentu saja memberikan kabar gembira bagi para pengguna Youtube yang tidak dapat memiliki akses jaringan internet yang stabil dan bagus.

lalu, apa keunggulan Youtube Go sebagai salah satu cara hemat kuota Youtube? Ya, aplikasi ini menawarkan keunggulan terutama jika dilihat berdasarkan penggunaan datanya. Karena sebelum membuka atau memutar video, para pengguna dapat memilih kualitas file video sesuai dengan keinginan.

Dimana kualitas video tersebut tentu saja berhubungan dengan ukuran file video beserta data internet yang dibutuhkan untuk pemutaran/penayangan video. Di samping itu, aplikasi Youtube yang berkapasitas ringan ini secara otomatis menampilkan opsi Play dan juga Dowload. Jika ingin memutar tayangan video langsung, Kamu dapat memilih opsi Play.

Sementara Download dapat dijadikan pilihan, jika Kamu ingin men-download video. Jadi tetap dapat dinikmati oleh pengguna Youtube tanpa kuota. Sebenarnya fitur tersebut juga bisa dinikmati di platform Youtube reguler/biasa, hanya saja tampilannya berbeda. Dalam aplikasi Youtube versi biasa pilihan unduh/download tersebut tidak bisa muncul secara otomatis.

Akan tetapi, menariknya aplikasi Youtube Go ini memiliki fitur preview. Jadi sebelum memutar atau mengunduh video langsung, Kamu dapat melihat pratinjau video tersebut. Jadi Kamu bisa memutuskan opsi selanjutnya apakah video yang akan diunduh tersebut relevan/berkaitan ataukah tidak.

2. Memakai Wifi Agar Lebih Hemat

Cara menghemat kuota Youtube berikutnya ialah memakai Wifi. Dalam hal ini, Kamu tak perlu khawatir lagi kuota habis ketika sedang asyik-asyiknya menonton tayangan streaming Youtube, bahkan sampai berjam-jam lamanya.

3. Gunakan Aplikasi Opera Max

Kamu juga bisa menghemat kuota Youtube sampai 50% dengan memanfaatkan aplikasi Opera Max. Dimana aplikasi ini adalah salah satu aplikasi penghemat data di android yang diciptakan Opera software ini. Adapun untuk memanfaatkan Opera Max sebagai aplikasi penghemat kuota Youtube ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah silahkan unduh dan install Opera Max di android.
  • Lalu fitur OperaMax akan aktif otomatis ketika Kamu membuka aplikasinya.
  • Kini, silahkan lakukan streaming video di platform Youtube sampai sepuasnya. Dengan begitu, kuota internet yang Kamu miliki menjadi lebih hemat sampai 50%. Sehingga tidak sampai menjebol kantongmu untuk membeli kuota internet utuk Youtube.

4. Memakai Provider Dengan Fasilitas Internet Unlimited

Cara hemat kuota Youtube berikutnya ialah dengan memanfaatkan provider dengan layanan internet unlimited. Tentu saja sangat banyak pilihan paket yang bisa Kamu gunakan di tiap provider seluler. Namun tunggu dulu, pastikan jika Kamu benar-benar menggunakan layanan internet unlimited tanpa embel-embel FUP. Sebab kebanyakan paket unlimited yang ditawarkan oleh provider seluler juga menyediakan sistem Fair Usage Policy alias FUP.

Apa itu FUP? FUP ialah kebijakan batas penggunaan wajar pada paket unlimited yang biasanya diberlakukan pada setiap provider. Oleh karena itu, pastikan Kamu memilih provider yang menyediakan kuota internet unlimited tanpa FUP ya!

5. Unduh Offline Video di Youtube

Cara menghemat kuota Youtube lainnya ialah dengan menguduh video Youtube offline. Dimana fitur terbaru dari Yotuube ini memang sangat efektif. Sebab Kamu dapat memutar streaming Video meskipun smartphone-mu tidak memiliki jaringan internet alias offline.

Berikut beberapa panduan untuk menghemat kuota Youtube baik di iOS maupun android, diantaranya :

  • Silahkan buka Youtube, kemudian pilih video mana yang akan Kamu tonton via offline.
  • Lalu klik download, kemudia close video selanjutnya tekan folder di samping kanan bawah di layar.
  • Setelah itu, tekan download, dan kini Kamu bisa menyaksikan tayangan video dari Youtube tanpa menggunakan koneksi internet.

6. Mengaktifkan Fitur Penghemat Data di Aplikasi Opera Mini

Cara hemat kuota Youtube lainnya ialah dengan memanfaatkan fitur penghemat data pada aplikasi Opera Mini. Berbeda dengan cara hemat kuota Tiktok, dimana Kamu bisa mengakses fitur penghemat data langsung di aplikasinya. Tapi di Youtube sendiri Kamu harus menggunakan Opera Mini. Kita tahu bahwa kini Opera Mini hadir lewat browser dengan kapasitas lebih ringan sehingga lebih menghemat kuota data.

Keunggulan Opera Mini ialah adanya layanan Penghematan Data ketika Kamu membuka aplikasi Youtube. Dengan begitu, fitur tersebut bisa membatasi pemakaian data internet sekaligus dapat mempercepat video yang ada di Youtube.

Adapun cara untuk mengaktifkan fitur ini ialah :

  • Silahkan buka Opera Mini, kemudian tekan ikon Opera Mini di samping kanan bawah.
  • Lalu klik “Settings” maupun “Pengaturan”.
  • Setelah itu, di menu pengaturan silahkan tekan “Penghematan Data” lalu aktifkan dengan cara menggeser toggle di bagian “Percepat Video”.

7. Pilih Kualitas Video Terendah Ketika Menonton Youtube

Cara hemat kuota Youtube ialah dengan menonton video berkualitas terendah di Youtube. Dimana cara yang satu ini sangat efektif bagi Kamu yang ingin menghemat kuota internet ketika membuka video Youtube.

Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka website Youtube lalu pilih dan cari video yang akan Kamu tonton. Kemudian klik “Settings”  terletak di bagian kanan bawah pada layar video.
  • Lalu klik “Quality” jika ingin menentukan kualitas video.
  • Setelah itu, pilih kualitas video yang diinginkan, dimana semakin rendah Kamu memilih kualitas videonya, tentu saja kuota data yang dibutuhkannya pun semakin kecil.

Nah, itulah beberapa cara hemat kuota Youtube yang bisa Kamu coba untuk menekan konsumsi data internet di Hp. Dengan demikian, Kamu tetap bisa menikmati streaming video di Youtube, tanpa harus menghabiskan kuota internet di ponsel. Bagaimana, sangat mudah dan praktis bukan?

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019