Cara Ikut Giveaway

Sulit untuk menolak kesempatan untuk ikut giveaway. Semua dari kita tentu ingin memiliki barang tanpa harus mengeluarkan dana. Cara yang buruk dan tidak sesuai hukum tentu banyak, tapi jalan lain untuk mendapatkan ini yakni dengan ikut Giveaway. Tapi dengan menjamurnya kompetisi berdasarkan keuntungan ini, cara ikut giveaway dan memenangkannya menjadi jauh lebih sulit.

Cara Ikut Giveaway

Cara Ikut Giveaway
Cara Ikut Giveaway

Bak pribahasa seperti mendapatkan durian runtuh, giveaway di Instagram cukup sering dilakukan oleh para pesohor di Tanah Air. Event bagi-bagi hadiah ini juga kerap digunakan sebuah merek untuk meningkatkan brand awareness mereka atau hanya sekedar ajang promosi saja. Terlepas dari beberapa hal tersebut, ajang ini kerap menjadi incara para pengguna sosial media di Tanah Air.

Apa itu Giveaway?

Sebelum melangkah jauh ke cara ikut giveaway, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui definisi, fungsi dari ajang ini. Secara literal, giveaway berarti barang atau benda yang diberikan secara gratis. Namun lebih jauh, dalam kamus Oxford, giveaway juga menyentuh ranah khusus seperti kebutuhan promosi dan pemantik timbulnya hubungan timbal balik.

Nah dari definisi ini lah mulai terjabar fungsi dibalik acara bagi-bagi hadiah ini. Dari sisi promosi, giveaway adalah jalan tol termudah untuk dapat memperkenalkan jenis produk tanpa harus membayar biaya iklan konvensional. Biaya menampilkan komersial di televisi dan media mainstream lainnya berkisar di angka ratusan juta rupiah.

Hal ini tentu tidak akan sebanding dengan nilai membuat giveaway instagram yang misalnya berhadiah 1 unit sepeda motor terbaru, 2 unit produk apple terbaru dll. Komparasi yang timpang ini tentu akan menjadi alasan utama mengapa banyak brand akhinya memilih untuk menggunakan cara singkat melalui giveaway.

Dari sisi target marketing, giveaway juga dapat menjadi pilihan paling aman untuk mengalkulasikan targeted ads. JIka di televisi marketing tergolong umum dan disegmentasikan berdasarkan waktu penayangan, giveaway di Instagram misalnya bisa langsung tertuju pada follower dengan kelompok umur tertentu. Dengan cara ini, promosi tentu akan menjadi lebih terarah.

Cara Ikut Giveaway di Instagram

Oke setelah paham pengertian dan esensi dari giveaway, kamu tentu sudah dapat membayangkan apa yang mungkin perlu dilakukan untuk ikut giveaway. Cara-cara yang ada di bawah ini mungkin akan sedikit berbeda di tiap event-nya apalagi giveaway di YouTube, tapi secara umum tata cara ini akan sedikit banyak sama.

Pilih Event Giveaway yang Ingin Diikuti
Meski kedengarannya simple, tahapan ini jadi yang paling krusial dalam semua prosesnya. Memilih ikut giveaway yang tepat adalah cara terbaik untuk memenangkan event tersebut. Sebisa mungkin pilih giveaway yang underrated dan tidak terlalu umum diketahui oleh publik. Pastikan juga untuk mencocokkan minat kamu dengan giveaway tersebut. Tips terbaiknya adalah dengan memilih giveaway pada akun brand yang masih baru dimana kompetitor kamu tentunya akan lebih sedikit.

Perhatikan Syarat Giveaway
Setelah memilih giveaway yang cocok dan juga minim peserta, saatnya untuk memperhatikan syarat yang diberikan si empu acara tersebut. Akan tentu berbeda satu sama lain, tapi rata-rata aturan ikut giveaway dibuat dengan cara yang sama. Biasanya kamu akan diminta untuk follow akun tersebut – dan jika ada sponsor, akun official sponsor giveaway.

Ketentuannya juga biasanya tertuang jelas dalam postingan giveaway dimana peserta biasanya akan diminta untuk menuliskan komen dengan deretan hashtag tertentu. Pada kesempatan yang lain, kamu juga mungkin diminta untuk menge-tag  beberapa teman kamu untuk dapat meningkatkan coverage dari giveaway tersebut. Terlepas dari seberapa anehnya aturan yang dibuat, pastikan untuk mengikuti semuanya dengan akurat.

Perlu juga untuk diingat bahwa kamu perlu untuk patuh akan aturan yang sudah disiapkan pembuat giveaway. Misalnya, kamu hanya dibolehkan untuk comment sekali saja, maka tidak ada gunanya untuk komen dua kali atau lebih. Bisa-bisa nanti kamu malah di diskualifikasi. Jangan juga gunakan bot seperti saat flash sale Shopee karena kamu malah bisa di blacklist nantinya.

Setelah ikuti beberapa aturan giveaway tersebut, hal selanjutnya yang krusial adalah memperbesar potensi kemenangan dalam event tersebut.

Cara Memenangkan Giveaway di Instagram

Penjelasan tentang cara ikut giveaway di atas hanya membahas tentang tata cara mengikuti event. Sementara bagian ini akan lebih fokus pada potensi meningkatkan potensi kemenangan. Tapi kita semua tahu bahwa meraih kemenangan di giveaway adalah tentang keberuntungan. Beberapa event bahkan menggunakan tools untuk memilih secara random pemenang giveaway mereka.

Jika kamu memang sedang beruntung, tidak akan ada yang bisa menghentikan kamu untuk menang. Tapi, tentu ada cara untuk membesarkan potensi kemenangan saat itu giveaway. Berikut caranya!

  1. Pilih event giveaway yang minim peminat atau dengan set aturan yang sulit.
  2. Sebisa mungkin cari giveaway yang menggunakan teknik manual dalam pemilihan pemenang.
  3. Siapkan komen terbaik yang sesuai dengan konteks giveaway.
  4. Pastikan untuk selalu aktif dan secara konsisten mengecek postingan giveaway.
  5. Pastikan untuk membuat akun IG kamu publik
  6. Berdoa

Kalau kamu mau dan memang dibolehkan, coba untuk membuat sebanyak mungkin akun duplikat dan ikuti giveaway tersebut. Tapi biasanya, akun dengan username yang palsu atau tanpa postingan serta jumlah follower dan follow yang sedikit tidak akan dipilih untuk menjadi pemenang giveaway. Tapi it’s worth the try kok, toh ini bukan tentang lelang mobil online kok!

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.