Cara Ikut Lelang Mobil

Bagaimana cara ikut lelang mobil? Apa saja Persyaratan untuk Ikut Lelang Mobil? Dimana kita bisa menemukan dan mendaftar untuk ikut Lelang Mobil?

Pernahkah kamu berfikir, jika kamu bisa mendapatkan kendaraan dengan harga yang murah? Mungkin jika kamu berfikir untuk membeli kendaraan dalam kondisi second, jawabanmu sepertinya salah.

Sebab, ada cara lain yang mana memungkinkan kamu untuk mendapatkan kendaraan seperti mobil dalam kondisi baru dengan harga yang cukup murah, dengan mengikuti lelang.

Tentunya kita sudah tak lagi asing dengan sistem lelang. Sebagaimana kita tau, lelang sendiri merupakan sebuah sistem dimana cara penjualan dilakukan dengan melakukan penawaran atau bid mulai dari harga paling rendah, sampai ke harga yang paling tinggi.

Pada saat prosess lelang berlangsung, para peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lelang akan terlebih dahulu melihat produk yang dilelang dalam sesi open house. Nah, pada sesi inilah, pembawa acara dari lelang tersebut akan menjelaskan tiap detail dari produk yang dilelang, dan para peserta lelang bisa mengetahui kondisi dari produk yang dilelang tersebut.

Dan setelah prosess open house selesai dilakukan, maka nantinya para peserta lelang akan masuk kedalam ruangan bid, dimana nantinya ada satu lagi pembawa acara lelang yang akan menampilkan barang yang dilelang, dan akan memberikan penawaran dari harga paling rendah, sampai akhirnya ada peserta lelang yang mulai membuka harga, untuk membeli barang yang dilelang tadi.

Ketika prosess lelang berlangsung, biasanya tiap peserta lelang akan diberikan waktu sekitar 30 – 1 menit untuk melakukan penawaran. Dan apabila tidak ada lagi peserta yang mengajukan penawaran harga, maka pihak pembawa acara akan mengetuk palu, yang mana menandakan jika barang yang dilelang tadi sudah sah dibeli dengan penawaran harga dari peserta lelang terakhir.

Jadi, secara singatkanyapun, lelang merupakan sebuah cara menjual produk dengan saling tawar menawar harga dari paling rendah ke paling tinggi. Semakin tinggi harga yang diajukan dan tak ada yang melampauinya, maka secara otomatis peserta lelang yang mengajukan penawaran harga tertinggi itulah yang akan mendapatkan barang yang dilelang.

Umumnya, barang lelang sendiri merupakan barang antik ataupun barang yang memang memiliki nilai seni yang cukup tinggi ataupun langka.

Namun saat ini, kita juga bisa kok mendapatkan barang lelang seperti mobil, di berbagai layanan lelang yang bisa kita temukan. Sebab itulah cara ikut lelang mobil masih menjadi alternatif, untuk mendapatkan mobil bagus dengan harga yang terjangkau.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengikuti lelang mobil adalah sebagai berikut.

Cara Ikut Lelang Mobil

Cara Ikut Lelang Mobil
Ikut Lelang Mobil

Lakukan Pendaftaran Lelang Online di JBA

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs lelang online yang sudah sangat terkenal dan banyak menjadi pilihan para peserta lelang. Situs ini adalah JBA. Karena disini, kamu bisa mengikuti lelang online untuk mendapatkan kendaraan impianmu seperti Mobil, ataupun motor.

Nah, caranya juga gampang banget kok.

  1. Buka browser di komputer atau bahkan smartphone kalian
  2. Setelah itu, kunjungi situs https://auction.jba.co.id/ dan pilih lelang apa yang akan kamu ikuti, (motor atau Mobil)
  3. Kemudian, kamu bisa mengklik pada tombol ‘Register’ untuk membuat akun
  4. Lalu, kamu akan diminta untuk memilih untuk mendaftar sebagai member atau non member. Kami menyarankan kamu untuk memilih member
  5. Nantinya, kamu akan melihat persyaratan apa saja yang harus dilengkapi untuk bisa mengikuti lelang online di JBA ini. dan jangan lupa untuk mengisi lokasi dan juga tanggal lelang yang tersedia
  6. Dan setelah itu, kamu bisa mengklik pada opsi ‘Daftar Member’

Isi Formulir Pendaftaran dan Data yang Lengkap

Setelah tombol ‘daftar member’ di klik, maka selanjutnya kamu bisa mengisi formulir pendaftaran, pastikan semua data atau kolom yang tersedia pada pendaftaran sudah terisi dengan benar dan sesuai dengan data diri kalian. Dan jangan lupa untuk melakukan verifikasi baik melalui email ataupun nomor telpon (sesuai kebijakan pihak JBA)

Buat Pembayaran Deposit ke PT JBA

Barulah setelah prosess pendaftaran selesai, kamu bisa langsung login kedalam situs JBA untuk mengikuti lelang online. Caranya juga gak jauh beda kok dengan prosess pendaftaran tadi. Kamu tinggal mengunjungi situs https://auction.jba.co.id/, kemudian pilih pada jenis lelang yang ingin kamu ikuti, dan kemudian silahkan login dengan akun yang sudah kamu daftarkan tadi.

Jika sudah, maka selanjutnya kamu bisa terlebih dahulu melakukan deposit untuk mengikuti lelang online dari JBA. Adapun untuk nominal deposit yang berlaku adalah sebagai berikut

  • Untuk Lelang Mobil – 5.000.000 / lot (maksimal 30 lot)
  • Untuk lelang motor – 1.000.000 / lot

Maksud dari lot sendiri, kurang lebih (kira-kira) tak jauh beda dengan kesempatan untuk mengajukan. Jadi misalnya seperti ini. Ando ingin mengikuti lelang mobil dengan melakukan deposit untuk 3 lot. Maka, ando memiliki kesempatan untuk mengajukan harga sebanyak 3 kali.

Ketika peserta lelang pertama mengajukan harga sebesar 1.000.000, dan ando mengajukan harga 1.500.000, maka ando sudah menggunakan 1 lot. Dan jika ada peserta lain yang mengajukan harga lebih tinggi dari ando semisal 1.800.000, maka ando kehilangan 1 lot nya, dan harus mengajukan bid lagi, dengan harga yang lebih tinggi dengan 1 lot.

Ikuti Lelang

Nah, setelah membaca keterangan dari deposit tadi, tentunya kamu sudah sedikit paham tentang cara kerja dari sistem lelang di JBA ini ya. Oke, setelah itu barulah kita akan masuk ketahap final atau akhir dari lelang online ini. yaitu, mengikuti lelang.

Seperti yang sudah dijelaskan pada saat prosess pendaftaran, kamu harus terlebih dahulu mengisi lokasi dan juga jadwal lelang yang akan kamu ikuti. Dan ketika tanggalnya sudah tiba, maka kamu harus masuk kedalam room untuk mengikuti prosess lelang.

Pastikan sebelumnya kamu sudah melakukan deposit untuk membeli lot, dan juga menyiapkan uang sebesar harga yang akan kamu ajukan. Selain itu, karena sistem yang digunakan disini adalah online, koneksi jaringan internet yang stabil juga menjadi faktor penting yang tak boleh dilupakan.

Walaupun dilakukan secara online, sebelum lelang dimulai biasanya pihak JBA akan terlebih dahulu melakukan sesi open house untuk menjelaskan rinci dari produk, dan juga kelebihan serta kekurangan produk yang akan dilelang. Setelah waktu open house selesai, maka para peserta akan langsung untuk masuk kedalam sesi pelelangan.

Pada tahap inilah kamu harus pintar memainkan harga, dan juga menjaga lot mu agar tidak habis terlalu cepat. Tapi gak masalah kok, karena jikapun kamu tidak mendapatkan lelang atau tidak memenangkan lelang yang berlangsung, uang depositmu akan dikembalikan secara utuh maksimal 5 hari kerja ke rekening yang kamu daftarkan.

Dan apabila kamu menjadi pemenang lelang, maka kamu akan diarahkan untuk mendatangi kantor JBA untuk mengambil kendaraan yang sudah dilelang tadi. Nah, itulah tadi beberapa Cara Ikut Lelang Mobil yang bisa kamu lakukan secara online. Selamat mencoba.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi