Cara Recording Google Meet

Cara Recording Google Meet

Bagaimana cara recording Google Meet?Entah itu perorangan atau perusahaan kini sudah menjadi hal biasa dalam merekam meeting virtual. Kemudian hasil rekaman meeting virtual ini dijadikan untuk bahan dokumentasi, baik untuk disimpan atau di upload ke media sosial. Kebanyakan aplikasi berbasis video konferens telah menyediakan layanan perekaman jalannya meeting, seperti halnya Google Meet.

Walaupun fitur recording tersebut dapat dijalankan lewat perangkat laptop atau hp, tapi tak semua pengguna layanan Google Meet dapat mengakses fitur yang satu ini. Sebab hanya pengguna dengan akun berbayar yang dapat menikmatinya. Seperti beberapa akun workspace Esentials, Education, dan Enterprise. Akan tetapi, jika Kamu tak mempunyai akun berbayar, tentu saja Kamu masih dapat merekam meeting menggunakan aplikasi recording untuk PC maupun hp.

Read More

Cara Recording Google Meet

Cara Recording Google Meet
Tutorial Recording Google Meet

Tutorial Recording Google Meet Untuk Akun Berbayar

Jika Kamu mempunyai akun Google Meet yang sudah berbayar, ada beberapa metode yang dapat digunakan, yaitu sebagai berikut :

1. Recording Google Meet via Laptop

Untuk akun berbayar Google Meet yang ingin melakukan recording via laptop, Kamu bisa mengikuti langkah cara recording Google Meet berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka Google Chrome maupun browser lainnya di PC.
  • Buka web resmi dari Google Meet, tepatnya di https://meet.google.com.
  • Masuk dengan memakai akun Google.
  • Silahkan ikuti meeting terlebih dahulu seperti biasa.
  • Ketuk ikon titik tiga, Kamu juga bisa pilih More Options di bawah opsi meeting.
  • Selanjutnya pilih opsi Record Meeting, dan akan muncul opsi recording tepat di samping kanan layar.
  • Tekan Start Recording.
  • Keutk Start apabila ada pemberitahuan konfirmasi atau peringatan untuk merekam, lalu Kamu akan menemukan simbol REC yang berwarna merah di samping kiri bagian atas layar. Ini menandakan jika proses perekaman telah berlangsung.
  • Selanjutnya, tinggal lanjutkan meeting.

Saat Kamu mengakhiri proses meeting, atau ketika mengklik end meeting, secara otomatis recording meeting pun langsung tersimpan lewat harddisk di PC-mu.

2. Recording Google Meet di Hp

Sementara itu, jika Kamu ingin mencoba cara recording Google Meet di hp, berikut ini ulasannya :

  • Silahkan buka web browser Google Chrome di hp.
  • Lalu tap titik tiga di pojok kanan bagian atas layar jika ingin membuka setting-an di Chrome.
  • Lakukan centang tepat di situs desktop apabila ingin mengaktifkan tampilan mode desktop di situs yang Kamu buka.
  • Kemudian akses laman Google Meet resmi atau di web https://meet.google.com.
  • Setelah itu, lakukan meeting.
  • Putar atau rotasi layar hp apabila Kamu ingin menjalankan aplikasi Google Meet menggunakan tampilan landscape.
  • Silahkan tap titik tiga di deretan menu bagian bawah jika ingin membuka setingan di Google Meet.
  • Selanjutnya pilih opsi Record Meeting, lalu akan muncul recording di sebelah kanan layar.
  • Gulir layar ke bawah kemudian pilih opsi start recording.
  • Lalu pilih opsi start jika ingin memulai perekaman.

Dalam merekam Google Meet memakai hp memang tak dapat dilakukan pada aplikasi Google Meet, sebab fiturnya masih belum tersedia. Maka dari itu, Kamu bisa memakai browser dan akses web resminya.

Membagikan File Rekaman

Haisl rapat atau meeting yang sudah direkam lewat Google Meet dapat dibagikan ke peserta rapat lainnnya. Adapun cara termudah ialah dengan mengunduh file tersebut. Silahkan pilih unduh di baian unduh folder pada perangkat. Di samping itu, Kamu juga dapat membagikannya tanpa mengunduh file lebih dulu.

Adapun cara membagikan file recording tanpa mengunduh hanya dengan cara membuka file kembali yang ada di dalam Google Drive. Sesudah folder terbuka, Kamu akan menemukan opsi bagikan file di pojok kanan bagian atas. Kemudian tinggal share link atau bagikan link ke pengguna yang Kamu inginkan.

Itulah beberapa langkah cara recording Google Meet yang dapat Kamu ikuti jika ingin melakukan perekaman Google Meet. Selain fitur perekaman, Kamu juga dapat menikmati banya fitur baru di Google Meet. Simak ulasannya di bawah ini!

Fitur-Fitur Terbaru dari Google Meet

Google Meet telah memperbarui layanan sejak tahun 2021 lalu melalui banyak fitur baru. Simak fitur-fitur tersebut berikut ini :

1. Cross Domain Live Streaming

Kamu akan menemukan salah satu fitur bernama Cross Domain Live Streaming, yang artinya Streaming langsung untuk Lintas Domain. Lewat fitur inilah, admin pengelola Google Meet dapat menunjuk domain dari Google Workspace yang terpercaya guna mengikuti streaming lewat Google Meet. Di samping itu, pihak admin juga dapat mengundang para pengguna lain di dalam domain demi menyaksikan streaming online tersebut.

2. Add Captions To Live Streams

Fitur terbaru lainnya yaitu Add Caption To Live Streams maupun dengan menambahkan teks ke dalam Live Streaming. Melalui fitur tambahkan teks ketika streaming berlangsung, pastinya dapat mempermudah komunikasi yang terjadi antar peserta ketika berlangsungnya pertemuan. Dimana fitur yang satu ini sangat berguna, apalagi jika peserta lain tak dapat mendengar audio yang dihasilkan dnegan jelas.

3. Google Meet Recording

Inilah salah satu fitur yang sudah kita bahas di atas. Kamu akan menemukan Google Meet recordings atau rekaman yang tersedia. Dalam fitur ini, Kamu dapat melakukan perekaman video memakai edisi Google Workspace.

4. New Updates to Hand Raise on desktops & laptops

Fitur selanjutnya ialah New Updates to Hand Raise on Desktops & Laptop maupun pembaruan barunya. Dimana setiap peserta akan pindah pad agrid utama. Selain itu, moderator pun akan memperoleh notifikasi atau pemberitahuan untuk melihat jumlah tangan atau urutan tangan yang telah diangkat.

5. New Admin Settings for Joining Meetings

Fitur yang satu ini ialah New Admin Settings For Joining Meetings alias Pengaturan Admin Baru. Kamu yang bergabung ke acara rapat atau meeting, baik melalui panggilan video di Google Meet, Gmail, Google Calendar, maupun yang lainnya. Selain itu, menariknya lagi para pengguna Google Meet dapat melakukan panggilan meeting dari telepon dan ruang rapat tanpa memakai akun Google.

6. Augmented Reality

Fitur ini merupakan fitur terbaru Google Meet, Kamu pun wajib mencoba fitur Augmented Reality. Dimana hanya dapat dipakai untuk pengguna perangkat smartphone, baik iOS maupun android. Para peserta Meet dapat menambahkan ikon-ikon yang ada di dalam ikon Sparkle di samping kanan bawah saat melakukan panggilan video. Kamu dapat menambahkan ikon menarik, seperti yang disukai, misalnya ubur-ubur, astronot,kucing, maupun yang lainnya.

Melalui fitur baru dari Google Meet tersebut, tentu saja menjadi salah satu ajang hiburan menyenangkan, saat Kamu melakukan panggilan. Dalam fitur ini, biasanya hanya tersedia di akun Gmail secara khusus dan tak tersedia untuk para pengguna workspace. Sedangkan bagi pengguna layanan Google Workspace sendiri dapat memakai pilihan latar belakang virtual atau buram, supaya terksan profesional.

Demikianlah ulasan tentang cara recording Google Meet dan beberapa fitur menarik di Google Meet yang dapat Kamu coba. Semoga bermanfaat!

 

Related posts