Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Gimana sih cara ngecas mobil mainan aki? Ya, mobil mainan aki memang sudah sangat akrab bagi anak-anak. Apalagi jika Kamu sering membawa anak-anak pergi ke mall-mall atau pusat perbelanjaan, biasanya kita sering menjumpai tempat penyewaan mobil mainan aki. Karena mobil mainan aki ini banyak disukai anak-anak, tak heran jika setiap tahun kita sering melihat model dan tipe mobil mainan aki yang diluncurkan oleh produsen.

Sebenarnya, jika dibandingkan harus menyewa mobil mainan aki sebesar Rp.30ribu sampai Rp.35 ribu setiap kali pergi ke mall. Tentu tak ada salahnya Kamu membeli mobil mainan aki sebagai hadiah untuk anak-anak. Dengan begitu, mereka pun bisa leluasa bermain sepuasnya tanpa terbatas waktu. Apalagi jika main di rumah, selain lebih hemat juga lebih aman karena selalu dalam pengawasanmu.

Tips Membelikan Mainan Mobil Aki

Sebelum kita lanjut ke cara ngecas mobil mainan aki, Kamu yang ingin membelikan mainan mobil aki untuk si kecil harus mengetahui tipsnya dengan benar. Ada beberapa tips yang bisa Kamu coba untuk membelikan mainan mobil aki pada anak, diantaranya :

1. Kualitas dan Model

Sebenarnya ada ratusan tipe dan model mobil mainan aki yang dijual di pasaran. Kamu harus cerdas memilihkan model yang cocok digunakan untuk anak. Seperti dilihat dari sisi feminin, jantan, sporty, classy dan lainnya. Tak hanya itu, pemilihan warna pun cukup penting, sebab secara tak langsung warna bisa meningkatkan mood si kecil secara psikologis. Sebaiknya hindari pemilihan mainan mobil yang norak dan terlalu ramai oleh stiker, sebab stiker ini tak bisa bertahan lama serta hanya membuat mobilmu menjadi kusam.

Silahkan pilihkan mobil mainan untuk anak dengan model lux serta menyerupai bentuk aslinya yang bersifat aerodinamis. Jadi, sudah bukan lagi zamannya bentuk mainan mobil yang kaku seperti robot.

2. Ukuran

Di dunia mainan mobil aki sendiri, terdapat beberapa ukuran mobil yang bisa disesuaikan berdasarkan usia si kecil. Menurut aturan, mobil mainan aki harus dimainkan anak yang berusia di atas 3 tahun. Tapi pada kenyataannya, tak sedikit yang berusia kurang dari 3 tahun sudah dikasih mobil mainan ini. Karenanya,Kamu harus menyesuaikan ukuran mobil dengan postur tubuh si kecil. Meskipun pada dasarnya, tak ada patokan usia sekian harus memakai mobil aki dengan ukuran sekian.

3. Budget dan Fitur

Seperti kita ketahui, semakin mahal mobil mainan aki tersebut, maka fitur yang ditawarkannya pun semakin banyak. Misalnya fitur shock breaker, tenaga single atau double aki dan lainnya. Di samping itu, ada dashboard, ban karet atau plastik, pintu, kursi dan kualitas plastik serta finishing juga telah dipengaruhi oleh faktor harga serta budget yang Kamu miliki.

Itulah beberapa panduan memilih mobil mainan aki yang bisa Kamu ikuti saat hendak memilihkan mainan ini untuk si kecil. Selain pemilihan mainan mobil aki, terkadang bagi yang baru membelinya merasa kesulitan dalam cara ngecas mobil mainan aki. Kamu tak perlu khawatir, karena disini kita akan bahas panduannya!

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki
Ngecas Mobil Mainan Aki Mudah

Panduan Mengecas Mobil Mainan Aki

Untuk mengecas mobil mainan aki, ada beberapa langkah cara ngecas mobil mainan aki di bawah ini :

1. Posisikan Mainan Mobil Aki Dalam Kondisi Off

Saat pengisian daya, pastikan sebelumnya posisikan dahulu mainan mobil aki si kecil dalam kondisi off. Tujuannya supaya tak terjadi konsleting maupun error dalam sistem kelistrikan mainan mobil ini. Selain itu, Kamu juga harus memastikan semua komponen yang terdapat dalam mainan mobil aki ini dalam posisi Off.

2. Biarkan Selama 10-15 Menit Setelah Dimatikan Sebelum Dicas

Jika Kamu sudah mematikan semua perangkat atau komponen dalam mainan mobil aki, selanjutnya biarkan mobil tersebut selama 10 sampai 15 menit. Tujuannya agar residu listrik yang terdapat pada modul di dalam perangkat aki mainan mobil dikosongkan. Dengan begitu, aki bisa menyimpan sekaligus memperoleh daya listrik yang baru ketika pengisian daya.

Selain itu, tujuan lainnya ialah mengembalikan temperatur komponen mobil mainan dalam keadaan yang normal setelah digunakan.

3. Mencabut Aki Mainan Mobil

Jika IC modul yang terdapat dalam mobil aki dalam keadaan tidak panas dan dingin, Kamu bisa membongkar mobil mainan tersebut kemudian mencabut akinya. Poin ini sebenarnya opsional, kalaupun tidak dicabut juga tidak masalah sebenarnya. Hanya saja, tujuan dari pelepasan aki ini adalah agar proses pengecasan atau pengisian daya aki berlangsung secara optimal.

Namun tentu saja, Kamu harus menyesuaikan dengan perangkat charger mainan mobil. Jika sistem yang dipakai berkonsep plug and play, cukup hubungkan saja charger ke dalam lubang charger yang telah disediakan. Namun apabila charger yang dipakai mempunyai adapter klip yang lain, lepaskan saja aki pada mobil mainan tersebut.

4. Menghubungkan Kutup Positf dan Negatif ke Klip Adapter

Langkah cara ngecas mobil mainan aki selanjutnya, setelah aki mobil mainan dicabut, selanjutnya Kamu perlu mempersiapkan charger mainan tersebut. Biasanya Kamu akan menjumpai 2 kutub yang terdapat pada aki secara umum, yaitu kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Adapun hal yang perlu Kamu ketahui diantaranya :

  • Posisi kutub positif (+) perlu dihubungkan pada klip merah.
  • Kutub negatif (-) harus Kamu hubungkan pada klip yang berwarna hitam.

Pastikan untuk tidak tertukar atau salah memasangkan klip. Sebab hal tersebut secara otomatis membuat aki menjadi konslet. Hal ini juga bisa menimbulkan resiko aki bocor.

Kamu juga harus memastikan ketika menghubungkan klip, sebaiknya kondisi charger aki masih belum tercolok ke stop kontak. Tujuannya supaya tidak menimbulkan percikan api yang disebabkan oleh pertemuan aki dengan klip charger.

5. Mencolokkan Charger ke Dalam Stop Kontak

Setelah memasangkan klip ke kutub yang sesuai pada aki, cara terakhir ialah Kamu cukup mencolokkan charger ke dalam sumber listrik atau stop kontak. Untuk charger dengan klip ini mempunyai indikator lampu LED, yang berfugsi untuk mengetahui kondisi pengisian pada baterai aki, apakah sudah terisi atau belum.

Selain itu, perhatikan pula jenis aki yang digunakan. Pastikan apakah itu jenis aki kering atau aki basah. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah kapasitas ampre dan volt pada aki.

Biasanya waktu yang dipakai untuk pengecasan aki mainan mobil ialah selama 2 jam. Apabila pengisian daya dirasa melebihi 2 jam namun daya yang terisi belum penuh, kemungkinan aki mengalami kebocoran atau soak.

Tips Jika Tidak Mempunyai Charger Pada Mobil Mainan Aki

Jika ternyata Kamu tidak memiliki atau tidak diberikan charger saat pembelian mobil mainan aki, maka cara ngecas mobil mainan aki pun cukup ribet. Karena Kamu harus mencopot aki di dalam mainan mobil lalu bawa ke tukang atau jasa pengisian aki. Umumnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengecas aki ini berkisar Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu. Tarif tersebut tergantung dari voltase dan besarnya daya aki yang dipakai.

Ya, demikianlah ulasan terkait cara ngecas mobil mainan aki yang perlu Kamu coba. Dengan begitu, mobil mainan aki si kecil lebih tahan lama dan awet digunakan. Bagaimana, mudah bukan?