Cara Cek BPOM

Bagaimana cara cek BPOM? BPOM merupakan kependekan dari Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan Indonesia. Dengan pemberian lisensi BPOM, maka kita adpat mengetahui keamanan dan legalitas kesehatan produk obat/makanan yang telah beredar di pasaran.

Ada beberapa macam produk yang dapat kita cek, diantaranya minuman dan makanan, kosmetika, obat, suplemen kesehatan, serta obat tradisional/herbal.

BPOM mempunyai kewenangan dalam menerbitkan izin peredaraan suatu produk, dengan melakukan pengawasan terhadap obat maupun makanan, dan pemberian sanksi bagi pihak yang melanggar berdasarkan Peraturan Presiden No.80 Tahun 2014 Pasal 4.

Saat ini, kita dapat mengecek keaslian produk tersebut di situs maupun aplikasi BPOM dengan cara online. Persyaratannya juga cukup mudah, Kamu hanya perlu menginputkan kode registrasi, nama produk atau mereknya saja.

Kemudian, Kamu pun sudah dapat mengetahui keaslian produk sekaligus apakah produk yang dicari sudah berizin resmi di BPOM atau belum.

Kenapa Penting Sekali Mengecek Produk BPOM?

Cek BPOM

Mungkin tidak sedikit orang berrtanya, kenapa produk di pasaran harus menerima perizinan dari BPOM terlebih dahulu? Ini karena rendahnya pengetahuan pada masyarakat terhadap kandungan produk yang aman dengan benar.

Maka dari itulah, guna melindungi keselamatan dan kesehatan konsumen terhadap minuman dan makanan serta kosmetik yang dijual di pasaran, BPOM berperan sebagai garda terdepan untuk mendeteksi, mengawasi serta mencegah dari produk-produk berbahaya yang beredar, entah itu di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Visi lembaga BPOM sendiri sangat jelas, yakni supaya obat maupun makanan yang dibeli atau diterima oleh pembeli sudah dipastikan lebih aman dengan tujuan bisa meningkatkan kesehatan pada masyarakat dan daya saing di kancah dunia.

Persyaratan Pengecekan Produk di BPOM

Untuk melakukan pengecekan apakah produk yang Kamu incar telah mendapatkan izin atau lisensi resmi dari Badan POM atau belum, Kamu dapat melihatnya berdasarkan nomor izin peredaran yang ada di dalam kemasan.

Nomor tersebut tentu saja diperoleh sesudah pihak produsen melakukan registrasi terhadap produknya di Badan POM dan sudah disetujui.

Namun kita tetap wajib waspada, mengingat ada banyak produk yang memiliki nomor izin BPOM palsu seakan-akan produk tersebut telah mendapatkan lisensi dari BPOM.

Maka dari itu, jika membeli produk tertentu pastikan produk tersebut telah memiliki kode lisensi edar dari Badan POM RI asli. Kode izin edar tersebut tetu saja harus diperika kembali dengan cara online untuk lebih memastian.

Kamu dapat mengeceknya pada saat itu lewat situs yang telah disediakan BPOM dan bisa diakses dengan cepat dan mudah oleh setiap orang lewat situs resminya di www.cekbpom.pom.go.id.

Cara Cek BPOM

Cara Cek BPOM
Cek BPOM Online

Sebenarnya terdapat 3 macam cara yang dapat Kamu lakukan saat hendak mengecek BPOM. Cara pertama ialah memakai cara manual, lalu dilanjutkan secara online, dan cara terkahir lewat aplikasi resmi dari BPOM.

Apabila sebuah produk tak terdaftar dalam BPOM, maka Kamu harus mencurigai keamanannya sebab dikhawatirkan produk tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan.

Ini dia ulasan tentang cara cek BPOM, berikut di bawah ini :

Cara Cek BPOM Manual

Guna meningkatkan kesadaran pembeli, BPOM telah menciptakan kampanye yang dinamakan CeKLIK. Adapun CeKLIK itu sendiri merupakan sebuah prosedur saat membeli produk suplemen atau obat guna memastikan jika suplemen atau obat tersebut telah terdaftar serta mendapatkan izin edar.

Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Cek, yaitu Mengecek.
  • K, yaitu mengecek kemasan produk apakah masih dalam kondisi baik ataukah tidak.
  • L, yaitu mengecek label dengan membaca informasi produk pada label.
  • I, yaitu mengecek izin edar, Kamu harus memastikan produk mempunyai izin edar.
  • K, yaitu mengecek kadaluwarsa, Kamu harus pastikan produk tak melebihi waktu masa kadaluwarsa.

Cara Cek BPOM Lewat Aplikasi

Kini Kamu juga dapat mengunduh aplikasi dari BPOM di ponsel pintar untuk mengecek BPOM produk yang Kamu cari. Adapun langkahnya:

  • Download dan Install terlebih dahulu aplikasi BPOM melalui Google Play Store atau App Store.
  • Sesudah mengunduh aplikasi dari Cek BPOM, Selanjutnya pilih kategori produk bisa lewat nomor registrasi atau nama produk yang akan dimasukkan.
  • Selanjutnya masukkan keyword atau kata kunci, kemudian tekan cari atau enter.

Apabila produk terdaftar, maka Kamu bisa melihat hasilnya, namun jika tidak, maka aplikasi akan menampilkan “Data Tidak Ditemukan”.

Cara Cek BPOM Lewat Barcode

Terakhir adalah cara mengecek BPOM melalui scan barcode. Biasanya, cara yang satu ini banyak dilakukan untuk mengetahui keaslian kosmetik. Jadi, akan sangat berguna untukmu para wanita cantik.

Adapun cara cek keaslian kosmetik milikmu bisa dilakukan dengan HiddenTag yang mana langkahnya seperti berikut ini:

  • Download dan Install dulu aplikasi HiddenTag melalui Google Play Store ataupun App Store.
  • Setelah terinstal, tentu saja buka dan jalankanlah aplikasinya.
  • Langsung saja tekan icon Option Menu di pojok kiri atas (bergambar garis strip tiga).
  • Kemudian lanjut tekan Scan HiddenTag.
  • Arahkan kamera smartphone milikmu ke barcode yang ada di produk kosmetik untuk discan.
  • Terakhir, nomor sertifikasi keaslian produk akan langsung muncul apabila produk kosmetik milikmu asli, dan berlaku sebaliknya.

Cara Cek BPOM Melalui Website

Di samping cara manual, Kamu juga bisa mengecek BPOM secara online via web resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id.

Adapun caranya ialah sebagai berikut :

Jika sudah mengetahui nomor registrasi dari BPOM

  • Sesudah masuk ke situs resmi Badan POM, Kamu bisa memilih pencarian produk menurut “Nomor Registrasi”.
  • Kemudian, silahkan masukkan no. BPOM terdiriatas kombinasi huruf dan angka sebanyak 13 sampai 15 digit. Selanjutnya tekan enter atau cari.
  • Dengan mengecek produk lewat cara ini, maka Kamu dapat mengetahui keaslian pada nomor registrasi produk atau dapat mencocokkan produk tersebut dengan produk yang ada di BPOM.

Jika hasil pengecekan menampilkan data tak ditemukan, kemungkinan produk yang dibeli masih belum terdaftar di BPOM.

Atau apabila hasilnya ternyata menunjukkan nama dari produk lain, ini artinya prodk yang telah dibeli sudah memalsukan nomor izin edar BPOM, hal ini sebenarnya sering terjadi.

Jadi, alangkah baiknya untuk mengurungkan niat memakai produk tersebut.

Jika belum mengetahui nomor lisensi BPOM

  • Ada cara cek BPOM lain yang dapat Kamu gunakan ialah dengan mengecek BPOM lewat nama produk dan merek.
  • Langkah yang satu ini sebenarnya tak jauh berbeda dari pengecekan lewat nomor registrasi, dimana Kamu hanya perlu memilih “Nama Produk” atau “Merek”.
  • Kemudian inputkan nama merek atau produk, selanjutnya klik enter atau cari.

Cara yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengetahui produk sesuai kategori produk yang dipilih. Selain itu, Kamu juga dapat mengetahui pendaftar serta tangga penerbitan pada nomor registrasi BPOM produk tersebut.

Itulah cara cek BPOM yang bisa Kamu coba baik secara manual maupun secara online dengan mudah.

Bagaimana Cara Melaporkan Pengaduan ke Badan POM?

Apabila ternyata Kamu menjumpai produk yang belum atau tidak terdaftar, maka Kamu juga bisa melakukan pelaporan secara aktif ke BPOM. Melalui laporan tersebut, BPOM akan melakukan sidak agar menarik produk tersebut di pasaran.

Selain itu, Kamu dapat melakukan pengaduan secara langsung dengan mengunjungi web resmi BPOM, kemudian pilih opsi “Pengaduan” dan pilih “Formulir Pengaduan“. Sesudah itu, akan ada form pengaduan BPOM yang harus diisi lengkap. Isilah form pengaduan sesuai dengan kondisimu saat ini, setelah semuanya terisi langsung saja klik tombol Kirim.

Hukum Perlindungan Pembeli

Selain pengawasan BPOM, pemerintah melalui pihak Kementrian Keuangan ikut mengatur PP RI No.58 Tahun 2001 mengenai Perlindungan Konsumen, yang tujuannya untuk melindungi konsumen terhadap jaminan kualitas produk dagangan dari produsen.

Adapun pemberlakuan aturan hukum perlindungan pembeli/konsumen tersebut tentu saja sebagai bagian pelayanan pemerintah bagi warga negaranya supaya tidak tertipu distributor dan produsen nakal.

Demikian ulasan mengenai cara cek BPOM, manfaat, dan hukum perlindungan konsumen yang wajib Kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019