Cara Hitung Bunga Bank

Dengan menyimpan uang atau menabung di bank, tentunya para nasabah akan memperoleh berbagai macam keuntungan, berbentuk bunga. Biasanya bunga bank yang diperoleh bisai dilihat dari saldo rata-rata, terendah dan saldo harian. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang belum mengetahui besarnya bunga bank yang diperoleh. Lalu, bagaimana cara hitung bunga bank?

Bunga tabungan bank adalah jumlah persentase tertentu yang nantinya akan dibayarkan pihak perbankan ke nasabah sebagai bentuk timbal balik terhadap simpanan yang telah dilakukan nasabah itu sendiri.

Ini artinya, bunga bank tersebut akan memberikan keuntungan untuk para nasabah yang rutin menabung. Bunga bank juga tidak hanya diperoleh saat Kamu menabung dan menyimpan deposito, tetapi Kamu juga akan memperoleh bunga sesuai jumlah tabungan yang dimiliki.

Cara hitung bunga bank dan menghitung bunga untuk deposito tentu memiliki cara berbeda. Nah, jika Kamu ingin menghitung jumlah bunga bank bisa simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Cara Hitung Bunga Bank

Cara Hitung Bunga Bank
Menghitung Bunga Bank

 

Menghitung Bunga Bank

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara hitung bunga bank tabungan dengan melihat saldo terendah, rata-rata, dan saldo harian yang bisa Kamu praktekkan. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Cara Menghitung Bunga Bank Berdasarkan Saldo Terendah

Untuk mengitung besarnya bunga bank tabungan berdasarkan pada saldo terendah dapat Kamu coba dengan melihat saldo paling rendah pada satu periode. Ini artinya, saldo tabungan yang dipilih ialah saldo terendah dalam transaksi saat bulan berjalan tertentu yang akan dihitung.

Kamu bisa lihat ilustrasi transaksi dana tabungan di bawah ini!

Tgl KreditDebitSaldo
1.500.000500.000
4.4.000.0004.500.000
7.500.0004.000.000
103.000.0007.000.000
201.000.0006.000.000
255.000.00011.000.000
301.000.00010.000.000

Berdasarkan tabel di atas, bisa dilihat jika saldo terendah ialah Rp. 500.000.

Sehingga cara hitung bunga bank tabungan berdasarkan saldo terendah ialah menggunakan rumus berikut ini :

Bunga = ST x i x t/365

Keterangan :

  • i : Suku Bunga Tabungan per Tahun (%)
  • ST : Saldo terendah
  • t : jumlah hari selama periode bulan yang bersangkutan (yang dihitung)
  • 365 : jumlah hari untuk satu tahun.

Apabila suku bunganya sebesar 6%, sesuai rumus perhitungan bunga bank melalui saldo terendah, maka bunga yang akan diterima sebesar : 500.000 x 6% x 31/365 = RP. 2.465 /bulan.

2. Cara Menghitung Bunga Bank Menurut Saldo Rata-Rata

Bunga untuk satu bulan biasanya dihitung menurut saldo tabungan rata-rata pada bulan berjalan. Dimana rata-rata  saldo dihitung menurut jumlah saldo tabungan akhir setiap hari di bulan berjalan kemudian dibagi jumlah hari di bulan tersebut.

Cara menghitung bunga bank ini, bisa dilihat berdasarkan rumus di bawah ini :

BUNGA = SRH x i x t/365

Keterangan :

SRH = Saldo rata-rata per hari

t = jumlah hari di bulan berjalan

i = jumlah suku bunga tabungan per tahun

Contoh suku bunga yang berlaku ialah sebagai berikut ini :

Saldo kurang dari Rp. 5 juta, biasanya bunga yang ditetapkan sebesar 3% per tahun.

Sedangkan saldo di atas Rp. 5 juta, suku bunganya sebesar 6% per tahun.

Jadi, SRH atau saldo rata-rata per hari tabunganmu ialah berikut ini :

Lakukan perhitungan rata-rata tabungan yang Kamu simpan setiap harinya :

((Rp.500 ribu  x 3 hari)+(Rp.4,5 juta x 3 hari)+(Rp. 4 juta x 3 hari)+(Rp.7 juta x 10 hari)+(6 juta x 5 hari)+(Rp. 11 juta x 5 hari)+(Rp.10 juta x 1 hari))/30 hari = Rp. 6.400.000,-

Dengan jumlah rata-rata tabungan Kamu per hari yang sudah di atas Rp. 5 juta. Kamu pun berhak mendapatkan suku bunga sebesar 6%. Jadi, cara hitung bunga bank yang Kamu terima ialah berikut ini :

Bunga Januari

= Rp. 6.400.000,- x 6% x 30/365

= Rp. 31.561

3. Cara Menghitung Bunga Bank Meurut Saldo Harian

Cara menghitung bunga bank berikutnya ialah bisa dihitung sesuai saldo harian. Dimana bunga tabungan pada bulan berjalan biasanya dihitung dengan cara menjumlahkan perhitungan bunga yang didapatkan setiap harinya.

Contoh :

Jumlah saldo kurang dari Rp. 5 juta, akan mendapatkan bunga 3% / tahun.

Jumlah saldo di atas Rp. 5 juta, akan mendapatkan bunga 6%/tahun.

Adapun cara hitung bunga bank biasanya dilakukan tiap hari dengan contoh berikut :

Tgl 1 : Rp. 500 ribu x 3% x 1/365 = 41,09

Tgl 2 : Rp. 500 ribu x 3% x 1/365 = 41,09

Tgl 3 : Rp. 500 ribu x 3% x 1/365 = 41,09

Tgl 4 : Rp. 4 juta x 3% x 1/365 = 328,76

Tgl 5 : Rp. 4 juta x 3% x 1/365 = 328,76

Dan seterusnya sampai akir bulan. Kamu bisa menghitung bunganya sendiri berapa pada akhir tahun.

Nah, itulah ilustrasi cara hitung bunga bank yang bisa Kamu coba praktekkan untuk mengetahui jumlah bunga tabungan yang akan Kamu dapatkan.

Apa Saja Keuntungan Menabung di Bank?

Setelah mengetahui cara hitung bunga bank tabungan di atas, kini Kamu harus tahu apa saja keuntungan menabung di bank. Diantaranya sebagai berikut :

1. Akan Mendapatkan Bunga Bank

Menyimpan uang di bank, biasanya berbeda jika Kamu menabung di celengan karena jika Kamu menabung langsung di bank, maka nasabah akan mendapatkan bunga bank. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon nasabah. Kamu bisa mengisinya sedikit demi sedikit kemudian didiamkan dalam waktu yang lama dan uang pun bisa semakin banyak.

Akan tetapi, setiap bank memiliki besar suku bunga yang berbeda. Kamu sebagai nasabah bank harus benar-benar cermat saat menyimpan uang di bank.

2. Lebih Aman

Dengan menabung di bank, maka uang yang Kamu simpan lebih terjamin. Hal ini dikarenakan, bank memiliki brankas rahasia yang sudah terkunci aman memakai kode rahasia yang tidak mudah diakses orang.

Di samping itu, dengan menabung uang di bank maka uang Kamu akan terlindungi LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Hampir semua bank di Indonesia sudah dilindungi lembaga yang satu ini dengan jaminan hingga 100%.

3. Transaksi Dalam Jumlah Besar Pun Lebih Nyaman

Menabung di bank mempermudah Kamu untuk melakukan transaksi berjumlah besar. Jadi jika Kamu membeli mobil atau rumah misalnya, tidak perlu lagi membawa ataupun memakai uang tunai. Cukup melalui transfer, menyetor rekening tabungan atau memakai internet banking saja.

Melalui kemudahan tersebut, tentu saja membuat seorang nasabah tak harus repot-repot untuk mengurus finansial. Selain itu, keamanannya juga lebih dijamin.

4. Fasilitas Keuangan Lebih Praktis

Melalui tabungan, Kamu pun akan mendapatkan kartu yang ringan dan simpel, sekaligus dapat diakses memakai internet banking saat hendak melakukan transaksi finansial. Hal tersebut tentu jelas berbeda dari zaman dulu, yang memungkinkanmu harus repot-repot membawa uang dalam jumlah yang banyak saat bepergian.

5. Program Berhadiah Kejutan

Banyak nasabah yang berhasil mendapatkan hadiah, berupa hadiah hiburan maupun hadiah utama berbentuk mobil hingga rumah. Jadi bisa dijadikan sebagai cara dapat mobil gratis ataupun rumah. Adapun persyaratannya ialah terus tingkat saldo di rekening tabunganmu. Sebab tiap kelipatan tertentu Kamu akan memperoleh poin yang nantinya diundi.

Jadi intinya, dengan menabung di bank Kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan bahkan bisa mengelola keuanganmu menjadi lebih terencana untuk masa depan. Karena kita tidak tahu pasti kondisi keuangan kita di masa depan.

Nah, itulah ulasan cara hitung bunga bank dan keuntungan menabung di bank selain mendapatkan laba berbentuk bunga bank. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Lainnya :

Cara Hitung Gaji Youtuber
Cara Hitung Gaji Prorata
Cara Hitung Gaji Karyawan
Cara Hitung Diskon
Cara Hitung Deposito
Cara Hitung Defisit Kalori
Cara Hitung Cicilan KPR
Cara Hitung Bunga Pinjaman
Cara Hitung Bunga Bank

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019