Cara Cek IMEI iPhone

  • Whatsapp

Siapa yang tidak bangga memiliki iPhone? Orang-orang selalu melakukan banyak hal untuk memperolehnya, cara cek IMEI iPhone menjadi modal dasar yang harus kamu tahu sebelum menggunakannya setiap hari. Selain itu, smartphone berbasis iOS tersebut masih menempati posisi pertama sebagai merek ponsel terbaik dan paling berkualitas saat ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang selalu menciptakan handset yang mirip dengan iPhone sungguhan.Walaupun replikanya punya tampilan yang nyaris sama, namun sistem operasi dan fitur-fitur tidak akan pernah mampu disamakan. Kamu harus tahu membedakan iPhone asli dan palsu bukan hanya lewat tampilan bahkan harganya.

Read More

Pasalnya, nomor IMEI adalah tolak ukur yang tidak kalah penting diperhatikan supaya kalian bisa memilih dan memakai iPhone asli dan bergaransi resmi. Hal ini dikarenakan replika yang beredar luas bisa saja produk ilegal maupun Black Market.

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, sedangkan perannya sebagai kode produksi untuk membedakan antara satu perangkat dengan perangkat lain supaya tidak ada perangkat mana pun yang bisa punya IMEI serupa.

Oleh karena itu, kalian patut mengikuti pembahasan ini untuk mengetahui lebih dalam soal cek IMEI iPhone lantaran semua merek ponsel dengan tipe berbeda tidak mungkin memiliki IMEI serupa meski berasal dari produsen yang sama.

Daftar Isi

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone
Cek IMEI iPhone

Sebelum kamu membeli iPhone, alangkah baiknya kamu memeriksa dan memperhatikan IMEI pada body gadget yang tercantum pada box serupa. Seller (penjual) biasanya mencatat IMEI untuk kebutuhan masa garansi bila iPhone kamu mengalami kerusakan.

Untuk pastikan kode rahasia tersebut, maka kamu bisa mengikuti pembahasan berikutnya soal cek IMEI iPhone dengan metode berbeda agar kalian dapat membeli produk asli yang bergaransi dari gerai resmi. Nomor IMEI iPhone juga berguna sebagai bukti bahwa smartphonenya adalah barang legal.

Cara Cek IMEI iPhone Terbaru

Siapa saja yang ingin membeli smartphone pasti bermimpi mempunyai iPhone. Tak hanya itu, brand gadget ini punya segudang kelebihan yang memberi kenyamanan bagi siapa saja sebagai penggunanya. Kalian harus mengetahui pemeriksaan IMEI iPhone terlebih dahulu sebelum memastikan diri untuk membelinya sebagai investasi jangka panjang. Maka dari itu, beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pemerikaan IMEI iPhone antara lain :

1. Cek IMEI iPhone via Slot SIM Card

IMEI bisa kalian temukan pada fisik iPhone, biasanya tertera pada slot SIM card. Langkah mudah yang harus dilakukan adalah membuka body alias casing belakang terlebih dahulu, serta menanggalkan baterai yang sudah terpasang.

Umumnya nomor IMEI bakal tercantum pada permukaan dekat slot SIM card, namun mata kalian harus jeli lantaran benda ini berukuran kecil dan otomatis tulisan atau angka yang tercantum punya ukuran lebih mungil.

2. Cek IMEI iPhone via Kode Rahasia

Untuk memeriksa nomor IMEI iPhone yang lebih efektif, maka kalian bisa menggunakan kode rahasia yang harus dihubungi via menu Dial Phone. Langkah sederhana yang perlu diperhatikan adalah bukalah menu Telepon alias Dial Phone terlebih dahulu, ketik kode rahasia berupa *#06# dan tekan tombol OK/Call/Yes. Kemudian, kalian hanya menunggu sampai layar ponsel menampilkan notifikasi pop up berupa nomor IMEI dari iPhone yang perlu dicatat.

Terkait:  Cara Menghapus Aplikasi di iPhone

3.Cek IMEI iPhone via iTunes

iTunes bukan hanya berguna untuk menyempurnakan folder musik pada iPhone kamu, namun juga membantu memeriksa nomor IMEI pada perangkat. Bagaimana caranya? Kamu harus menyambungkan perangkat iPhone dengan PC atau laptop yang telah terpasang iTunes.

Langkah berikutnya adalah tekan tombol Library pada iTunes, maka kalian bisa melihat semua data iPhone yang tersambung bakal terlihat dari layar PC atau notebook, mulai dari unduhan lagu maupun folder musik dari aplikasi berbayar sampai nomor IMEI yang diuraikan secara lengkap.

4.Cek IMEI iPhone via Sistem Perangkat

Langkah paling mudah memerika nomor IMEI iPhone yang perlu dilakukan adalah mengandalkan sistem perangkat. Kalian harus membuka menu Perangkat atau Setting terlebih dahulu, tekan tombol General dan pilih sub menu About.

Kemudian, carilah nomor IMEI dari perangkat iPhone. Tak hanya itu, kalian juga bisa memerika ICCID iPhone yang punya manfaat besar seperti nomor IMEI. ICCID adalah kode rahasia yang dapat dilihat pada pengaturan perangkatnya.

Apa Saja Tipe iPhone yang Bisa Cek IMEI via Slot SIM Card?

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa kalian bisa memeriksa nomor IMEI melalui slot SIM card alias tempat penyimpanan kartu ponsel, yakni membuka casing atau body smartphone bagian belakang terlebih dahulu. Namun, tahukah kamu? iPhone punya beragam tipe dan prosedur ini berlaku untuk tipe-tipe tertentu saja.

Kalian bisa memeriksa nomor IMEI resmi iPhone via slot SIM card untuk iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone SE (generasi kedua), iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone X, iPhone XR, iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone 6s Plus, iPhone 6s, iPhone 4 (model GSM), iPhone 4s, iPhone 3G dan iPhone 3GS.

Apa Saja Tipe iPhone yang Bisa Cek IMEI via Pengaturan Perangkat?

Apabila kamu bukan pengguna iPhone sesuai tipe-tipe yang diulas pada penjelasan sebelumnya, maka kalian bisa memeriksa nomor IMEI melalui pengaturan perangkat. Kamu juga dapat memeriksa informasi lengkap soal IMEI/MEID (MEID merupakan 14 digit awal dari IMEI) pada bagian belakang perangkatnya.

Terkait:  Cara Cek Nomor HP

Jika kalian butuh bantuan atau dukungan, tetapi sulit membuka menu pengaturan bahwa beberapa tipe iPhone seperti iPhone SE, iPhone 6 Plus, iPhone 6, iPhone 5s, iPhone 5c dan iPhone 5 bisa memakai nomor IMEI/MEID untuk pastikan perangkatnya adalah produk resmi dari Apple yang terdaftar via https://www.apple.com/.

Apa Fungsi IMEI iPhone yang Belum Kalian Tahu?

IMEI adalah bagian pokok bagi sebuah smartphone atau gadget. Akan tetapi, sebagian besar pengguna ponsel tidak sadar bahwa IMEI bukan hanya sekadar 14 digit nomor untuk perangkat semata. Pasalnya, nomor IMEI berperan sebagai bukti otentik terhadap identitas asli iPhone apakah produk resmi atau palsu.

Kalian bahkan mampu memanfaatkan nomor IMEI untuk mencegah pencuri yang ingin meretas atau mengambil alih iPhone kamu.Langkah mudah yang harus dilakukan adalah melaporkan masalah ini kepada provider seluler yang kamu pakai bila aksi kriminal tersebut terjadi.

Bagaimana Memanfaatkan IMEI iPhone dengan Baik dan Benar?

Cara cek IMEI iPhone cepat dan mudah, bukan? Kalian bisa memahami dan mempraktikkan langsung pemeriksaan kode rahasia tersebut lewat pembahasan di atas. Untuk memakai nomor IMEI dengan baik dan benar, maka kamu bisa mencatatnya pada menu Note atau Catatan pada perangkat iPhone.

Nomor IMEI tidak boleh diabaikan begitu saja karena semua merek smartphone selalu bergantung terhadap kode rahasia tersebut. Kamu harus menyimpannya secara rahasia dan bisa digunakan nanti bila iPhone kalian diretas, sedangkan keberadaannya bisa ditemukan (bila dicuri).

Related posts