Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

  • Whatsapp

Bagaimana cara hidup hemat agar bisa menabung? Kegiatan menabung merupakan kebiasaan baik untuk mempersiapkan perencanaan keuangan di masa mendatang. Dengan menabung, kita bisa merencanakan kebutuhan finansial dalam jangka panjang dengan baik, mulai dari bisa membeli rumah, dana hari tua, kebutuhan pendidikan anak, membuka usaha baru atau membeli rumah.

Semua rencana tersebut di atas hanya dapat dilakukan jika kita menyisihkan sebagian penghasilan. Sayangnya, tidak semua orang secara konsisten menabung. Tidak jarang juga, uang yang telah disisihkan harus terpakai oleh kebutuhan darurat. Hal ini tentu saja sangat menyebalkan, bahkan dampaknya bisa merusak perencanaan tabunganmu dalam jangka panjang.

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung
Tips Hidup Hemat Agar Konsisten Menabung

Tips Hidup Hemat Agar Konsisten Menabung

Berikut di bawah ini ada beberapa kiat dan cara hidup hemat agar bisa menabung secara konsisten yang bisa Kamu praktekkan. Diantaranya :

1. Buat Anggaran Sederhana

Mulai dari sekarang, coba buat anggaran penghasilan dan belanja setiap bulannya secara sederhana. Kamu tak perlu lagi membuat anggaran atau pembukuan yang rumit jika itu merepotkan. Cukup buat anggaran sederhana untuk menggambarkan total penghasilan estimasi belanja tiap bulannya.

Melalui pembuatan anggaran setiap bulannya, maka semua aktivitas belanjamu akan lebih terkontrol sebab Kamu sudah memiliki pos-pos pengeluaran yang sudah ditentukan. Dengan demikian, kelebihan uang yang tak dibelanjakan nantinya dialihkan berbentuk tabungan.

Adapun kebiasaan untuk membuat anggaran yang sederhana tersebut sebenarnya dapat Kamu tularkan kepada anak-anak saat masih dibangku sekolah. Dengan begitu mereka akan terbiasa melakukan cara hidup hemat agar bisa menabung.

Terkait:  Cara Hitung Gaji Karyawan

2. Membatasi Aktivitas Berbelanja Barang yang Tidak Terlalu Penting

Tips hidup hemat agar konsisten menabung lainnya ialah dengan tidak berbelanja barang yang memang tidak dibutuhkan. Memang tak bisa dipungkiri, kita terkadang sering tergoda membelanjakan uang hanya untuk membeli produk tertentu karena tergiur harga murah atau potongan diskon.

Terlebih lagi di zaman yang kini serba canggih, sehingga kita bisa dengan mudah berbelanja online cukup menggunakan smartphone atau PC saja. Bahkan proses pembayaranya pun bisa memakai kartu kredit.

Dimana hal-hal tersebut apabila dibiarkan akan menggerus pendapatan yang seharusnya dapat dialikan untuk investasi dalam jangka panjang maupun tabungan.

Oleh karena itu, cara supaya bisa menabung dengan rutin ialah dengan cara membatasi berbelanja produk yang tak terlalu dibutuhkan. Baik itu karena tuntutan maupun promosi.

Silahkan gunakan penghasilanmu sebijak mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar penting. Sehingga, kamu memiliki sejumlah uang selisih untuk ditabung dengan rutin.

3. Lakukan Banyak Hal di Rumah Dulu

Salah satu faktor yang menyebabkan boros ialah tuntutan dari gaya hidup. Khususnya bagi yang tinggal di lingkungan perkotaan besar. Saat sudah keluar rumah, biasanya kita tetap saja harus mengeluarkan uang. Baik itu, untuk ngopi di kafe, hangout bersama teman atau yang lainya.

Jika Kamu berprofesi sebagai pegawai berpenghasilan menengah, sebenarnya aktivitas tersebut jika sering dilakukan bisa menggerus kebutuhan finansialmu. Jadi, alangkah baiknya lebih banyak melakukan aktivitas di rumah terlebih dahulu. Tentu saja hal tersebut dilakukan agar Kamu bisa menghemat anggaran untuk bisa menabung.

Dengan memperbanyak kegiatan di dalam rumah dibandingkan di luar rumah, tentu saja bisa lebih menghemat dana yang Kamu miliki untuk ditabung.

4. Mengurangi Kredit atau Hutang

Baik dikarenakan oleh tuntutan hidup maupun untuk sekedar memenuhi gaya hidup semata, kita terkadang tak pernah terlepas dari yang namanya kebiasaan berhutang. Terlebih lagi jika kita memiliki fasilitas kartu kredit. Sehingga memungkinkan kita berbelanja dengan leluasa dan baru akan dibayarkan pada bulan depan.

Terkait:  Cara Daftar Go Biz

Sebenarnya sah-sah saja jika Kamu ingin berhutang. Namun terkadang berhutang dapat membuat pengeluaranmu menjadi tak terkendali. Sehingga rencanamu untuk menabung mengumpulkan uang demi kebutuhan masa depan bisa berantakan.

Mengurangi kredit atau berhutang adalah salah satu cara hidup hemat agar bisa menabung paling penting meskipun terkadang cara ini sulit dilakukan.

Pemakaian kartu kredit berlebihan hanya disebabkan tergiur oleh penawaran harga diskon atau promo menarik yang nilainya tak seberapa justru bisa mengakibatkan kerugian finansial di kemudian harga. Dengan banyaknya pilihan kartu kredit, kemungkian untuk mengambil kredit pun semakin besar.

5. Menjalani Hidup Minimalis

Cobalah ubah gaya hidupmu sekarang juga. Tips hidup hemat agar konsisten menabung ialah dengan menjalani hidup minimalis dan apa adanya. Selain itu, bisa terapkan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Adapun contoh dari gaya hidup yang ramah lingkungan ialah seperti menghemat penggunaan air, cara hemat listrik, pembelian bahan makanan yang seperlunya, serta memilih menaiki sepeda atau berjalan kaki untuk menjangkau area yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempatmu berada.

Tak hanya itu saja, gaya hidup yang minimalis juga dapat membautmu lebih berhemat. Adapun konsep hidup bergaya minimalis ini ialah membeli produk seperlunya saja. Dengan kata lain, produk-produk yang Kamu pakai bukan hanya karena keinginan melainkan kebutuhan.

Selain itu, menerapkan pola hidup minimalis juga bukan hanya membantumu untuk menghemat uang saja tetapi juga bisa menghemat ruang yang ada di rumahmu.

6. Biasakan Memasak Di Rumah

Membeli makanan online atau makan di restoran sesekali saja mungkin tak jadi soal. Akan tetapi, jika dilakukan setiap hari atau terlalu sering, tentu saja bisa merepotkan karena sangat menguras kantong. Oleh karena itu, cara hidup hemat agar bisa menabung berikutnya ialah harus memasak makanan sendiri di rumah.

Terkait:  Cara Hemat Listrik

Selain lebih berhemat, membuat makanan yang Kamu sajikan menjadi lebih bervariasi dan tentu saja lebih higienis karena Kamu yang mengolah makanan tersebut secara langsung. Supaya lebih irit lagi, tak ada salahnya untuk membawa bekal hasil masakan sendiri saat bekerja.

7. Jangan Gabungkan Dana Kebutuhan Sehari-Hari Dengan Menabung

Untuk memulai aktivitas menabung, alangkah baiknya Kamu tidak menggabungkan uang tabunganmu dengan kebutuhan sehari-hari supaya Kamu dapat mengontrol pengeluaran. Selain itu, jangan langsung tergiur memakai uang tabungan untuk berbelanja.

Kalaupun tiba-tiba ada keperluan mendadak yang tidak bisa diprediksi, seperti salah satu anggota keluarga sakit atau keperluan lainnya Kamu boleh mengambil uang tabungan asal konsisten untuk mengembalikannya lagi.

8. Menciptakan Usaha Sampingan

Kadang kala kita berniat untuk menyisihkan penghasilan untuk menabung, namun penghasilan atau gaji yang diperoleh sangat pas-pasan. Jika hal ini terjadi, salah satu alternatif yang bisa Kamu coba ialah dengan menciptakan usaha sampingan.

Kamu bisa memulai usaha online terpercaya yang membutuhkan modal kecil atau bisa tanpa modal. Saat ini ada banyak pilihan usaha sampingan online seperti itu, misalnya saja dengan menjadi dropship  atau reseller produk fashion.

Apabila bisnismu telah berjalan serta membuahkan hasil, Kamu tentu saja menjadi lebih mudah menyisihkan dana untuk ditabung.

Nah, itulah 8 poin penting yang harus Kamu lakukan dalam cara hidup hemat agar bisa menabung. Cara ini tentu tidak sulit jika Kamu benar-benar konsisten menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari!

 

 

Related posts