Cara Cek Nomor XL

Bagaimana cara cek nomor XL mudah? Smartphone atau ponsel pintar saat ini bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok yang tidak bisa terpisahkan dari aktivitas manusia milenial. Rutinitas sehari-hari manusia saat ini sudah amat tergantung dengan kehadiran smartphone. Jadi sehari saja tanpa menggunakan Hp, kita akan mati gaya.

Pemakaian smartphone itu sendiri tidak terlepas dari penggunaan provider telekomunikasi. Salah satu layanan seluler cukup terkenal di tanah air ialah XL Axiata.

Bahkan sudah banyak pelanggan yang menggunakan provider XL. Mempunyai jaringan internet yang kuat dengan banyaknya opsi paket layanan berarga terjangkau, memberikan keunggulan tersendiri bagi provider ini.

Mengingat tarif yang ditawarkan cukup terjangkau, maka wajar jika banyak pengguna smartphone yang memakai layanan provider XL Axiata. Mengingat biasanya tidak digunakan sebagai kartu SIM utama, tak jarang pengguna atau pelanggan XL lupa dengan nomor Hpnya sendiri.

Jika Kamu mengalami hal serupa, lupa berapa nomor Hpmu sendiri, XL menawarkan banyak pilihan cara cek nomor XL yang dapat Kamu coba di bawah ini!

Cara Cek Nomor XL Sendiri

Cara Cek Nomor XL
Cek Nomor XL

Berikut panduan cara cek nomor XL paling akurat, simpel dan mudah yang bisa Kamu coba di bawah ini!

1. Cara Cek Nomor XL Melalui Dial Up

Jika Kamu belum mengunduh aplikasi WhatsApp atau LINE, maka Kamu bisa menggunakan cara cek nomor XL termudah lainnya yaitu dengan metode dial up. Cara ini tentu saja tidak memerlukan pulsa reguler ataupun kuota internet untuk melakukannya. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka opsi panggilan di layar ponsel, kemudian tekan nomor *123# selanjutnya tekan Yes/Call/Ok.
  • Selanjutnya di layar Hp akan muncul tampilan pop up serta beberapa opsi yang bisa Kamu pilih. Silahkan tekan atau ketik nomo 7. INFO.
  • Setelah itu pilih kembali nomor 2. Detail Nomor XL.
  • Lalu tekan lagi angka 1. Cek Profil, Kamu bisa pilih angka 1 lagi yang berisi Info Nomor.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai muncul informasi tentang nomor XLmu di layar ponsel.

2. Cara Cek Nomor XL Melalui Profil WhatsApp

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek nomor XL sendiri ialah dengan melihat akun WhatsApp. Siapa sih yang nggak kenal aplikasi chatting yang satu ini? Ya, tentu saja hampir semua pengguna HP maupun pengguna provider XL sudah terpasang aplikasi WhatsApp.

Jika kebetulan Kamu memakai nomorXL-mu untuk menggunakan layanan WhatsApp, sudah tentu bisa mempermudahmu untuk mengecek nomor XL sendiri. Ini dia panduan caranya :

  • Silahkan buka aplikasi perpesanan WhatsApp di Hpmu.
  • Setelah itu, pilih ikon tiga titik yang terletak di sebelah kanan atas.
  • Jika sudah, pilih “settings” atau “setelan”.
  • Kamu pun akan dibawa ke tampilan akun profil WhatsAppmu.
  • Silahkan klik foto profil atau nama profil WhatsAppmu.
  • Terakhir, Kamu akan menemukan nomor XL yang Kamu gunakan di bagian paling bawah layar ponsel.

3. Cara Cek Nomor XL Melalui Aplikasi LINE

Nah, jika Kamu tidak menggunakan WhatsApp melainkan menggunakan aplikasi LINE, Kamu pun bisa menggunakan cara yang sama dengan memakai aplikasi LINE. Cara cek nomor XL via aplikasi LINE ini langkah-langkahnya tak jauh berbeda dari cara pengecekan nomor di WhatsApp.

Silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

  • Pertama-tama buka LINE yang sudah terpasang di Hpmu.
  • Setelah itu, pilih opsi bertuliskan More tepat di samping kanan bawah aplikasi LINE.
  • Selanjutnya masuk ke dalam profil foto di samping daftar poin LINE yang Kamu miliki.
  • Nah, dari sanalah Kamu akan melihat tampilan foto, status, nama, user ID serta nomor HP yang Kamu daftarkan.

4. Cara Cek Nomor XL Menggunakan Aplikasi MyXL

Selain memakai aplikasi LINE atau WhatsApp hingga dial up, Kamu juga bisa mencoba cara cek nomor XL lainnya dengan aplikasi MyXL. Aplikasi ini disediakan khusus bagi pengguna XL oleh XL Axiata.

Sayangnya, aplikasi MyXL baru bisa dipakai jika Kamu telah melakukan registrasi nomor XL-mu dan mentautkan nomor XL yang Kamu gunakan ke aplikasi tersebut. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan unduh aplikasi My XL terlebih dahulu di App Store bagi pengguna iPhone/iOS ataupun pengguna android di Google Play Store.
  • Setelah itu, silahkan lanjutkan dengan memilih “Masuk menggunakan nomor XL” atau bisa juga memilih “Masuk menggunakan Facebook”.
  • Selanjutnya jika sudah bisa login,  kamu pun dapat memilih opsi yang tersedia pada aplikasi termasuk informasi detail paket, nomor XL yang Kamu gunakan dan informasi menarik lainnya.

5. Cara Cek Nomor XL Dengan Bantuan Layanan XL

Jika cara-cara di atas sulit untuk dilakukan, Kamu juga bisa meminta bantuan dari operator XL untuk membantumu mengetahui dan mengecek nomor Hp sendiri. Cara yang satu ini dapat dilakukan kapanpun karena layanan operator XL beroperasi selama 24 jam. Ini dia layanan yang dapat Kamu gunakan, diantaranya :

5.1. Layanan Call Center XL

Layanan pertama yang dapat Kamu lakukan ialah dengan menghubungi call center. Ada 2 pilihan nomor yang dapat Kamu hubungi, yakni di nomor 817 dan 818.

  • Di nomor 817, Kamu akan terhubung langsung dengan layanan customer service XL yang dapat menjawab semua pertanyaan dan keluhan tentang layanan provider XL. Hanya saja, untuk menghubungi nomor ini Kamu akan dikenakan pulsa sebesar Rp. 350 tiap panggilan.
  • Di nomor 818, Kamu akan terhubung langsung oleh mesin penjawab secara otomatis tanpa pungutan biaya sepeser pun alias gratis. Cukup ikuti panduan yang tersedia saja sampai Kamu diberitahukan nomor XL yang Kamu gunakan.

5.2. Layanan Nomor PSTN dan Faksimile

Jika Kamu enggan menghubungi layanan call center, cara cek nomor XL lainnya yang bisa Kamu gunakan ialah lewat nomor PSTN dan faksimile.

Adapun nomor yang dapat Kamu hubungi, yaitu untuk layanan faksimilie di +6221579559808 dan nomor PSTN di +622157959817.

Sementara untuk tarif melakukan panggilan ke nomor PSTN tersebut menyesuaikan tarif terbaru dari tiap-tiap operator.

5.3. Layanan Email

Kamu juga dapat mengetahui dan mengecek nomor XL-mu sendiri dengan cara melakukan pengiriman pesan via surel atau surat elektronik, yang kita kenal dengan email.

Adapun layanan email yang dapat dituju ialah customerservice@xl.co.id sebagai email dari Customer Service dan untuk alamat email corpcomm@xl.co.id digunakan untuk menghubungi para staff XL lewat corporate communication by email-nya.

6. Cara Cek Nomor XL Dengan SMS dan Telepon ke Nomor Lain

Untuk mengetahui nomor XL terakhir cukup simpel, yaitu menggunakan layanan SMS dan panggilan telepon ke nomor lain. Jika kebetulan Kamu memiliki 2 perangkat HP dengan nomor yang berbeda, tentu lebih mudah menggunakan cara ini.

Sedangkan jika tidak, Kamu bisa menghubungi atau mengirimkan SMS ke nomor Hp temanmu atau keluarga yang sedang ada di dekatmu.

Cukup lakukan panggilan telepon atau kirimkan SMS ke nomor lain (bisa nomor HPmu yang lain atau nomor teman/saudara/keluarga).

Jika sudah, maka nomor Hp XLmu akan tertera di layar ponselmu yang lain atau layar ponsel teman/saudara/keluarga. Silahkan catat dan simpan nomor XL yang Kamu gunakan agar tidak repot lagi mencarinya.

Nah, itulah 6 cara cek nomor XL paling akurat, praktis, mudah dan tentu saja bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019