Cara Cek No XL

Sebagai provider telekomunikasi yang sudah terkenal di Indonesia, XL Axiata tentu selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Salah satunya dalam urusan cara cek no XL yang sangat mempermudah para pengguna atau pelanggan XL itu sendiri.

Jaringan XL yang kuat dan telah tersebar hingga di berbagai pelosok tanah air, belum lagi palayanan terbaik yang diberikan, tentu saja membuat XL menjadi provider yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Akan tetapi tak sedikit para pelanggan XL Axiata yang tidak ingat nomor XL mereka karena cukup dengan menyimpannya saja di daftar kontak. Namun hal ini justru membuat Kamu kesulitan dan repot untuk mencarinya saat lupa namanya di daftar kontak telepon.

Oleh karenanya, menghafal nomor XL sendiri menjadi hal yang cukup penting karena bisa berguna saat dibutuhkan dalam keadaan mendesak. Akan tetapi, walaupun telah menghafalnya, tak jarang Kamu mungkin sering lupa, belum lagi dengan banyaknya nomor HP yang Kamu miliki, membuatmu kelabakan saat melupakan nomor XL sendiri ketika benar-benar dibutuhkan.

Tapi, adakah cara cek no Xl dengan cepat yang bisa dilakukan saat urgent? Tentu XL sudah menyediakan berbagai macam cara yang bisa Kamu pakai untuk mendapatkan nomor Hpmu sendiri saat sedang terdesak. Langsung saja, simak ulasannya di bawah ini!

Panduan Cara Cek No XL Sendiri

Cara Cek No XL
Mengecek No XL

Mempunyai nomor ponsel memang sudah sebaiknya Kamu mengetahui bahkan menghafal nomor tersebut saat melakukan registrasi apapun yang memerlukan nomor ponsel atau saat hendak mengisi ulang pulsa serta paket data.

Jika Kamu benar-benar tidak ingat dengan nomor XLmu sendiri, berikut cara cek no XL dengan cepat yang bisa Kamu pilih :

Cara Cek No XL dengan Memakai Kode Dial Up

Cara yang dapat dilakukan saat Kamu lupa nomor XLmu sendiri ialah dengan menggunakan kode dial up atau panggilan.

Cara ini termasuk cara paling mudah dan standar, serta dilakukan tanpa menyedot pulsa reguler XLmu sama sekali. Adapun langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka opsi dial atau phone di HP yang Kamu gunakan. Sama halnya seperti Kamu akan melakukan panggilan telepon.
  • Setelah itu, silahkan tekan *123# dan tekan Yes/Call/OK.
  • Jika sudah, di layar akan muncul menu pop up  dan Kamu tinggal pilih nomor/angka yang menampilkan opsi MyInfo. Misalnya ada di nomor 7, jadi Kamu bisa langsung ketikkan angka 7 lalu KIRIM/OK.
  • Langkah selanjutnya, pilih angka tertentu yang menampilkan Info Kartu XL di nomor 3, Kamu bisa pilih nomor tersebut dan tekan Yes atau OK.
  • Di halaman selanjutnya, Kamu bisa pilih angka 1 untuk Cek Profil, kemudian tekan OK atau Yes.
  • Setelah itu silahkan pilih nomor 1 lagi untuk melanjutkan ke opsi Info Nomor, dan pilih OK atau Yes.
  • Nah, sampai di sini Kamu pun akan melihat tampilan mengenai info no XL-mu.

Cara Cek No XL Menggunakan Aplikasi MyXL

Kamu juga bisa menggunakan cara cek no XL via aplikasi MyXL. Namun aplikasi ini harus Kamu download terlebih dahulu, baik di App Store ataupun Play Store tergantung tipe ponsel yang Kamu pakai.

Selain itu, cara ini juga mengharuskanmu untuk menghubungkan nomor XLmu ke aplikasi MyXL terlebih dahulu.

Sebab jika Kamu tidak ingat nomor XL yang kamu gunakan, maka cara ini akan sulit dilakukan.

Adapun langkah-langkah pengecekan nomor XL sendiri via aplikasi MyXL ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, Kamu harus download  aplikasi MyXl terlebih dahulu, kemudian install aplikasi tersebut di ponselmu. Bagi pengguna android, Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store, sedangkan pengguna iPhone bisa melalui App Store.
  • Setelah diunduh dan aplikasi sudah berhasil terpasang di Hp, Kamu bisa langsung membuka aplikasi MyXL. Pastikan pula Kamu memakai jaringan data XL ketika melakukan cara ini.
  • Setela sukses, Kamu pun bisa langsung melihat nomor operator XLmu di tampilan halaman utama aplikasi. Sangat mudah, kan?

Cara Cek No XL Menggunakan Website MyXL

Jika merasa ribet dengan cara kedua, karena harus mengunduh dan menginstall aplikasi MyXL terlebih dahulu, Kamu juga bisa menggunakan alternatif lainnya. Caranya ialah dengan mengunjungi website resmi https://my.xl.co.id/pre/index1.html.

Selanjutnya, Kamu cukup mengikuti beberapa langkah cara di bawah ini :

  • Sesudah mengunjungi halaman website MyXL, maka Kamu akan ditampilkan 2 pilihan untuk login, yakni dengan menggunakan akun Facebook dan nomor telepon.
  • Dari sini Kamu bisa memilih opsi “Butuh Bantuan?” yang ada di menu paling bawah.
  • Setelah itu, di halaman bantuan ini Kamu bisa langsung memilih login memakai Facebook jika tidak ingat nomor Hpmu sendiri.

Sebagai catatan, sama seperti cara cek no XL via aplikasi Kamu juga harus mengkoneksikan akun Facebookmu dengan no operator XL yang digunakan terlebih dahulu.

Cara Cek No XL Menggunakan Nomor PSTN

Cara cek selanjutnya mungkin jarang sekali diketahui oleh para pengguna XL, tapi jika Kamu ingin memakai cara ini sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Kamu hanya perlu melakukan panggilan ke no. +6221-579-59817 saja untuk mengecek nomor XL sendiri.

Adapun langkah selanjutnya, silahkan ikuti instruksi yang tersedia jika Kamu sudah terhubung.

Cara Cek No XL dengan Menghubungi Customer Service

Ada 2 nomor Customer Service atau Call Center operator XL yang dapat dihubungi langsung menggunakan nomor XL-mu, diantaranya ke nomor 817 dan 818.

Nomor 818 sendiri nantinya akan menghubungkanmu dengan mesin penjawab secara otoamtis atau mesin IVR,  interactive Voice Response. Kamu cukup mengikuti perintah/petunjuk yang dberikan untuk bisa mengecek nomor operator XL yang kamu gunakan. Cara ini juga bebas biaya!

Jika Kamu melakukan panggilan telepon ke 817, maka Kamu akan disambungkan ke Customer Service secara langsung. Hanya saja untuk melakukan pangilan ini, harus memotong pulsamu hingga Rp. 350 untuk tiap panggilan.

Cara Cek No XL via Website dan Customer Service

Jika di cara sebelumnya, Kamu memerlukan pulsa reguler XL untuk menelepon, maka ada alternatif lain yang bisa dilakukan dengan menelpon Customer Service XL, karena lebih irit.

Cara ini yaitu cukup menghubungi customer service via website dan email. Kamu bisa langsung mengirimkan email ke customerservice@xl.co.id.

Di samping itu, bisa juga melakukan live chat secara langsung dengan pihak customer service di situs resmi XL di xl.co.id.

Cara Cek No XL via SMS/Telepon

Cara pengecekan nomor XL terakhir yang dapat Kamu coba ialah dengan mengirimkan SMS atau panggilan telepon ke teman atau keluarga. Kamu bisa telepon atau SMS orang terdekat, lalu minta mereka untuk mengirimkan nomor XLmu.

Atau jika Kamu tidak memiliki pulsa untuk menggunakan cara ini, Kamu juga dapat menggunakan aplikasi chatting di WA untuk mengirimkan chat ke seseorang.

Lalu, Kamu cukup meminta bantuan kepada orang tersebut agar mengirimkan nomor XL-mu.

Diantara ke-7 cara cek no XL di atas, kamu bisa memilih cara paling mudah, praktis dan hemat tentunya. Semoga membantu!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019