Cara Cek BI Checking di Hp Android

Tahukah bagaimana cara cek BI Checking di hp android? Ya, BI Checking biasanya menjadi syarat mutlak seseorang untuk mendapatkan dana pinjaman dari Lembaga keuangan resmi, baik perbankan maupun leasing. Namun, tahukah Kamu apa itu BI checking dan apa saja tujuan pengecekannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian dan Tujuan BI Checking

BI checking adalah sebuah layanan yang berguna bagi seorang nasabah untuk melihat informasi mengenai riwayat kredit dari nasabah yang memiliki hubungan keuangan dengan bank. Semua informasi tersebut tercatat dengan rapih didalam Sistem Informasi Debitur (SID).

Tujuan dari BI checking biasanya untuk kepentingan seorang debitur yang memerlukan data keuangan sebagai syarat mengajukan pinjaman. Sebenarnya tak hanya keperluan pinjaman saja yang mengharuskan nasabah untuk melakukan BI Checking. Akan tetapi, pengecekan ini juga berlaku Ketika seseorang yang akan membeli rumah lewat sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KTA (Kredit Tanpa Agunan), dan KKB ( Kredit Kendaraan Bermotor).

Melakukan BI Checking tentunya akan sangat berguna bagi seorang debitur, namun terkadang debitur tidak mengetahui cara melakukannya. Oleh karena itu, wajar jika seringkali debitur tidak menetahui apakah mereka masih bisa melakukan proses pinjaman ataukah tidak.

Sebenarnya ada cara yang paling mudah yang bisa Kamu lakukan untuk melihat BI checking sendiri tanpa bantuan pihak bank. Bahkan Kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan hp android. Jika Kamu penasaran, Kamu bisa simak terus ulasan artikel cara cek BI Checking di hp android di bawah ini!

Terkait:  Cara Cek IMEI Vivo

Informasi dasar SLIK

SLIK adalah singkatan dari Sistem Layanan Informsi Keuangan. Tujuannya adalah untuk melakukan pengawasan mengenai informasi-informasi seputar keuangan yang menggantika sistem BI Checking. Program SLIK itu sendiri merupakan sebuah layanan sistem informasi yang dibina langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Karena hal itu, SLIK OJK bisa terhubung ke BI atau (LPS sehingga dengan mudah berbagi data lintas aplikasi. Adapun informasi yang bisa Kamu dapatkan yaitu dengan mengecek catatan bank, laporan pemeriksaan bank serta informasi lainnya yang dibutuhkan oleh debitur.

Cara Cek BI Checking di Hp Android

Cara Cek BI Checking di Hp Android
Cek BI Checking di Hp Android

Tutorial Cara Mengecek BI Checking di Hp Android

Cara cek BI Checking di hp android adalah cara paling praktis dan mudah yang dapat dilakukan, karena lebih fleksibel dan tak memakan banyak waktu. Adapun hal yang wajib dilakukan ketika akan melakukan BI checking, yaitu harus melalui SLIK online dengan menggunakan hp sendiri.

Penggunaan SLIK akan semakin mempermudahmu untuk meminta informasi dari para debitur untuk membuka webiste resminya, sekaligus bisa melakukan verifikasi untuk melihat kredit secara detil.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan langkah-langkah dalam cara cek BI checking di Hp android melalui SLIK :

1. Persiapkan Dokumen Pendukung

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan menyiapkan dokumen pendukung agar bisa melakukan BI checking dengan cara online.

Apabila Kamu merupakan seorang debitur perseorangan, maka berkas-berkas yang perlu disiapkan diantaranya :

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan aslinya khusus bagi WNI.
  • Bagi Warga Negara Asng (WNA), maka dokumen yang perlu disiapkan adalah fotokopi Paspor dan paspor asli sebgai bukti.
  • Apabila ada surat kuasa, maka siapkan surat kuasa asli untuk ditunjukan sebagai legalitas.

Sedangkan, jika Kamu termasuk debitur usaha, berikut berkas-berkas dokumen yang harus dipersiapkan :

  • Akta pendirian badan usaha.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Apabila ada perubahan anggaran, persiapkan berkas-berkas yang didalamnya terdapat struktur dan yuridiksi pengurus ataupun identitas asli dari kepengurusan. Dokumen tersebut agar di fotokopi dan di legalisir kepada pihak terkait.
  • Membawa surat kuasa asli.
  • Fotokopi identitas usaha beserta salinannya.
Terkait:  Cara Cek Kuota IM3 Yellow

2. Mengisi Form Antrian BI Checking

Cara cek BI checking di hp android berikutnya ialah mengisi form antrian BI checking secara online , caranya dengan mengakses link khusus pengisian form antrian OJK online. Adapun cara-caranya bisa Kamu ikuti dibawah ini :

  • Buka browser yang ada pada hp android milikmu.
  • Masukkan link berikut ini ke kolom pencarian : konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi. Klik ok atau enter agar bisa mengakses alamat tersebut.
  • Setelah masuk ke halaman utama, isilah formulir yang telah disediakan sebagai dasar peromohanan agar bisa mengakses BI checking.
  • Berikutnya pilih antrian berupa jadwal tertentu seperti waktu yang diinginkan untuk proses ini.

pada laman tersebut, Kamu pun bisa mendapatkan keterangan berupa sisa slot antrian agar bisa cek BI checking.

3. Jam Antrian Online

Untuk melakukan cara cek BI Checking di hp android, maka Kamu perlu megetahui jam layanan untuk antrian online. OJK akan membuka layaanan operasional untuk memudahkan  nasabah melakukan BI checking via online.

Adapun rincian jadwalnya akan dibagi kedalam 6 sesi, diantaranya :

  • Sesi satu, mulai jam 08.00 hingga jam 09.00 WIB.
  • Sesi dua, mulai jam 09.00 hingga jam 10.00 WIB.
  • Sesi tiga, mulai jam 10.00 hingga jam 11.00 WIB.
  • Sesi empat, mulai jam 11.00 hingga jam 12.00 WIB.
  • Sesi lima, mulai jam 13.00 hingga jam 14.00 WIB.
  • Sesi enam, mulai jam 14.00 hngga jam 15.00 WIB.

Apabila Kamu hanya ingin mengetahui informasi yang terdapat pada deibutr SLIK, waktu operasional yang disediakan yaitu mulai hari senin hingga hari jumat. Jika diluar jam kerja maka tidak akan dilayani.

4. Melakukan Verifikasi Data

Apabila Kamu sudah menyiapkan seluruh dokumentasi yang dijelaskan di atas. sekaligus melakukan pengecekan sesi layanan online untuk cek BI checking di hp android, maka kini tinggal verifikasi data.

Terkait:  Cara Cek Ongkir di Tokopedia

Setelah mengisi formulir online, Kamu akan mendapatkan email pemberitahuan dari pihak OJK, dimana Kamu harus melengkapi beberapa tahapan dalam proses verifikasi data. Untuk selanjutnya Kamu diminta menghubungi nomor whatsapp OJK SLIK yang sudah dikirimkan via email ke akun emailmu yang terdaftar

Silahkan baca keseluruhan email dengan seksama sebelum menghubungi layanan WhatsApp disediakan. Jika sudah memahaminya, selanjutnya Kamu tinggal menghubungi nomor whatsapp tersebut.

5. Cek Informasi BI Checking

Langkah terakhir cara cek BI Checking di hp android yaitu mengecek alamat email sekali lagi untuk melihat balasan yang dikirimkan oleh SLIK OJK.

Isi email tersebut biasanya menjelaskan tentang detil informasi pribadi pihak debitur, isian dari informasi BI checking yang diminta, juga beberapa petunjuk teknis dalam membaca konten yang disajikan.

Silahkan cek dan catat, atau bila perlu data tersebut Kamu simpan jika sewaktu-waktu Kamu membutuhkannya. Seandainya Kamu mengalami kendala terknis, maka bisa menghubungi customer care yang siap memberimu arahan.

Skor Kredit Pada BI checking

Bagi Kamu yang melakukan BI checking, maka Kamu bisa memperoleh sejumlah manfaat yang memungkinkan pihak bank melihat skor dari kolektibilitas calon debitur. Skor kredit ini bisa diukur dengan menggunakan skala berupa angka mulai dari nilai satu hingga nilai lima. Adapun penjelasnnya adalah :

  • Nilai satu, kredit berjalan lancar.
  • Nilai dua, debitur pernah menunggak kreditnya hingga 90 hari.
  • Nilai tiga, debitur terlambat membayar tagihan kredit antara 90 hingga 120 hari.
  • Nilai empat, debitur terlambat membayar kredit antara 121 hari hingga 180 har.
  • Nilai lima, kredit berjalan buruk.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara cek BI checking di hp android dan memahami skor kredit dalam BI checking sebagai indikator kelayakan dana pinjaman ke pihak debitur. Semoga bermanfaat!

 

Related posts