Cara Buat Gif WhatsApp

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat percakapan WhatsApp makin berwarna. Menggunakan gif merupakan salah satunya. Terlebih saat ini cara buat gif WhatsApp sudah sangat mudah.

Aktivitas chatting di WhatsApp sepertinya menjadi kegiatan sehari-hari. Entah itu bercakap-cakap dengan teman, keluarga, rekan kerja maupun sekolah. Sampai juga dengan orang tersayang. Agar percakapan semakin seru dan menarik, gif lucu atau bahkan keren bisa digunakan.

Fungsi gif dalam percakapan memang tidak sekedar untuk berbagi gambar. Mengingat gif bisa berupa gambar bergerak, potongan video, sampai juga film. Gif digunakan pula untuk menyampaikan emosi. Sehingga perasaan pengirim, entah itu bahagia, sedih, dan sebagainya bisa disampaikan dengan lebih baik. Tidak sekedar lewat kata-kata.

Inilah yang juga menjadi alasan mengapa gif sering dibuat sendiri. Pengguna akan buat gif WhatsApp dengan potongan gambar maupun video yang menyampaikan perasaan serta emosi mereka.

Hal ini juga sangat mungkin karena cara buat gif WhatsApp yang tidak sulit.

Nah agar semakin jelas, berikut ini merupakan ulasan sekaligus juga bagaimana cara membuat gif di WhatsApp.

Cara Buat Gif WhatsApp

Cara Buat Gif WhatsApp
Cara Buat Gif WhatsApp Dengan 2 Langkah Mudah

Cara membuat gif di WhatsApp memang sangat mudah. Terutama bagi pengguna Android. Tidak diperlukan cara maupun langkah tersendiri untuk memasukkan gif ke dalam percakapan di WhatsApp.

Saat membuat gif, ada beberapa pilihan berbeda. Pengguna bisa mengedit gif dari gambar bergerak yang sudah disediakan di aplikasi. Seperti misalnya menambahkan teks atau emoji ke dalam gif tersebut. Serta bisa juga membuat gif dari video milik sendiri.

Kedua pilihan untuk buat gif WhatsApp tentu bisa dilakukan. Sedangkan untuk cara lain, pengguna pun bisa menginstall aplikasi terpisah di ponsel Android untuk membuat gif sendiri.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini merupakan bagaimana cara buat gif di WhatsApp online.

1. Buat Gif WhatsApp di Google Keyboard

Aplikasi Google Keyboard atau GBoard akan berguna untuk membuat gif WhatsApp. Caranya juga sangat mudah.

Tentu saja untuk menggunakan fitur ini, pastikan lebih dulu sudah menginstall Google Keyboard di ponsel Android. Kemudian atur Google Keyboard sebagai keyboard utama yang digunakan. Sehingga secara otomatis, percakapan di WhatsApp juga akan menggunakan keyboard dari aplikasi GBoard.

Selain memastikan sudah menginstall dan mengatur penggunaan aplikasi keyboard GBoard, berikutnya harus memahami pula bahwa di aplikasi ini tidak bisa membuat gif dari video. Pengguna hanya bisa mengedit gif yang sudah dimiliki di aplikasi GBoard.

Google Keyboard menyediakan berbagai jenis dan macam gif berbeda. Pengguna nantinya bisa mengedit gif yang ada, dengan menambahkan teks, emotikon, dan sebagainya. Sehingga buat gif di WhatsApp online akan menjadi jauh lebih mudah. Gif yang nanti dikirimkan pun akan lebih memiliki ciri khas dari pengirim.

Nah, bila sudah jelas mengenai cara buat gif di WhatsApp online menggunakan Google Keyboard, berikut ini merupakan langkah-langkahnya.

1. Pastikan sudah menginstall aplikasi Google Keyboard dan menggunakan sebagai keyboard utama
2. Setelah itu buka aplikasi WhatsApp
3. Pilih percakapan dengan teman yang akan dikirimkan gif
4. Klik pada kolom percakapan hingga keluar keyboard GBoard di bagian bawah
5. Di bagian atas keyboard akan ada tombol GIF
6. Klik pada tombol tersebut untuk membuka deretan pilihan gif yang bisa digunakan
7. Lakukan pencarian gif yang ingin digunakan
8. Pencarian gif bisa melalui pilihan kata kunci tertentu maupun dengan mencari gif yang sedang populer
9. Bisa juga memilih gif berdasarkan pada kategori tertentu, seperti HIGH FIVE, CLAPPING, WHAT, SLEEPY dan sebagainya
10. Setelah memilih gif, klik pada gambar
11. Pengguna bisa mengedit gif yang diinginkan untuk buat gif WhatsApp lebih personal
12. Untuk menambahkan teks pada gif, klik pada simbol huruf T
13. Simbol emotikon dan pena bisa digunakan untuk menambahkan emoji atau menggambar secara langsung di gif
14. Tambahkan caption sesuai keinginan
15. Setelah selesai, klik pada tombol Send

Gif pun akan terkirim ke penerima. Memodifikasi tampilan gambar bergerak menjadi salah satu cara buat gif WhatsApp yang sangat mudah. Terutama aplikasi Google Keyboard memiliki berbagai pilihan berbeda untuk gif yang bisa digunakan. Bahkan bisa dikatakan, pengguna tidak akan kekurangan gambar bergerak yang akan dikirimkan sebagai gif dengan menggunakan aplikasi Google Keyboard ini.

2. Cara Membuat Gif di WhatsApp Dari Video

Meskipun Google Keyboard memiliki banyak koleksi gif. Pengguna juga bisa memodifikasi untuk menjadikan buat gif di WhatsApp online lebih personal. Namun ada cara lain.

Bila ingin membuat gif sendiri dari potongan video atau foto juga bisa. Cara membuat gif di WhatsApp dari video sendiri ini pun tidak kalah mudah. Bahkan, tidak perlu menginstall aplikasi terpisah untuk membuat gif. Cukup aplikasi WhatsApp yang pastinya sudah terinstall di ponsel.

Berikut ini cara membuat gif di WhatsApp dari video sendiri.

1. Siapkan gambar, foto, atau video yang ingin digunakan sebagai gif
2. Selanjutnya, buka aplikasi percakapan WhatsApp
3. Klik logo Attachment yang terdapat di sisi kolom percakapan
4. Lalu klik di tombol Gallery
5. Setelah halaman Gallery ponsel terbuka, pilih gambar maupun video yang akan buat gif WhatsApp
6. Tidak perlu khawatir dengan panjang video, nantinya akan bisa di-crop langsung di aplikasi percakapan ini
7. Untuk cara membuat gif di WhatsApp, cukup drag slide video yang ada di sisi atas
8. Durasi yang dipilih tersebutlah yang nantinya akan dipotong sebagai gif
9. Selanjutnya tinggal klik pada tombol gif yang ada di bagian bawah slide
10. Gif yang dibuat sudah akan langsung bisa dikirimkan

Ketika buat gif di WhatsApp online, ada beberapa hal penting yang patut dipahami. Pertama, gif yang dibuat memang memiliki durasi sangat pendek. Jangan heran bila dari video, durasi untuk gif hanya sepanjang 2-3 detik saja. Tidak bisa lebih dari durasi tersebut. Ketahui juga bagaimana cara download video di WhatsApp.

Kemudian, untuk menjadi gif pengguna harus klik pada tombol GIF yang terlihat di bawah slide di atas video. Bila tombol tersebut tidak tertekan, maka yang dikirimkan masih akan berupa format video. Bukan gif.

Membuat gif di WhatsApp memang sangat mudah. Tidak diperlukan aplikasi terpisah untuk membuat gif dari video sendiri. Caranya juga mudah. Tinggal membuka video di WhatsApp kemudian memilih durasi yang akan dibuat gif. Sangat mudah dengan proses tidak kalah cepat.

Adanya cara buat gif WhatsApp di atas akan membuat percakapan lebih bermakna. Terlebih pengguna bisa mengedit gif yang mereka buat dengan kata-kata, gambar, dan emotikon berbeda. Sehingga semakin mudah menyampaikan perasaan serta emosi dalam percakapan.

Dari cara di atas, untuk buat gif di WhatsApp online pun hanya membutuhkan satu aplikasi saya. Google Keyboard atau GBoard yang diperlukan sebagai cara membuat gif WhatsApp. Selain itu, bisa langsung menggunakan aplikasi WhatsApp saja.

Nah, sudah siap membuat percakapan WhatsApp lebih berwarna dengan gif?

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while