Cara Extract File ZIP

  • Whatsapp

Sebenarnya cara extract file ZIP sangat mudah di PC atau Windows. Kita tahu bahwa aplikasi atau software arsip sangat berguna karena bisa memudahkan banyak orang untuk mengkompres file, entah itu bagi para pengguna ataupun bagi produsen. Sudah banyak orang memakai ekstensi .ZIP atau .RAR mengingat kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkannya.

Namun bagaimana jika file ZIP yang akan Kamu buka atau extract ternyata memiliki password? Tentu saja, Kamu harus membobol password file ZIP-nya terlebih dahulu. Akan tetapi untuk membobol password  ZIP sebenarnya tidaklah mudah. Karena Kamu memerlukan beberapa tool atau aplikasi untuk bisa mengekstrak file ZIP.

Cara Extract File ZIP

Cara Extract File ZIP
Membuka Password File ZIP

Mengekstrak File ZIP Dengan Password

Bagaimana cara extract file ZIP dengan password? Sebelum mengekstrak berkas ZIP maka Kamu harus membobol password ZIP-nya terlebih dahulu. Untuk melakukan cara ini memang membutuhkan kesabaran.

Hal ini dikarenakan Kamu harus mengandalkan beberapa program dengan menebak satu per satu karakter sampai membentuk pola password dengan benar. Jadi semakin rumit dan panjang password yang digunakan, akan semakin lama pula Kamu memerlukan proses pembobolan password tersebut.

Cara Membuka Password File ZIP di PC

Berikut beberapa membuka password file ZIP dengan password yang bisa Kamu coba :

1. Menggunakan iSumsoft RAR Password Refixer

Untuk mengekstrak file ZIP di PC dengan password, Kamu bisa membukanya dengan menggunakan aplikasi iSumsoft RAR Password Refixer. Adapun cara extract file ZIP menggunakan software ini diantaranya sebagai berikut :

  • Silahkan ungguh iSumsost RAR password Refixer di komputer, lalu install aplikasinya.
  • Sesudah terpasang, tinggal buka dan jalankan aplikasi dengan klik “Open”.
  • Setelah itu, temukan dan pilih berkas ZIP yang telah terkunci password, kemudian tekan “Open”.
  • Lalu di menu “Type of Attack” kemudian pilih opsi “Brute Force.
  • selanjutnya tekan Start.
  • Lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Dalam RAR Password selanjutnya tinggal pilih “Copy” kemudian tekan “Ok”.
  • Sesudah berhasil menyalin password-nya, Kamu bisa memasukkan password ke dalam file ZIP tadi.
  • Setelah selesai, tinggal buka file ZIP tersebut.
Terkait:  Cara Extract File Rar di Android

2. Menggunakan Appnimi ZIP Password Unlocker

Aplikasi Appnimi ZIP Password Unlocker merupakan software gratis untuk menemukan password pada berkas ZIP. Program ini bahkan menjamin tingkat kesuksesan mampu memecahkan password ZIP yang rumit. Bahkan metode Brute Force pada program ini bisa dikatakan lebih cepat dan fleksibel untuk membuka pasword ZIP.

Kamu bisa mengikuti cara extract file ZIP dengan password melalui software ini seperti cara yang pertama. Namun sebelumnya, unduh aplikasinya di link berikut!

3. Menggunakan ZIP Password Cracker Pro

Walaupun ada embel-embel Pro-nya, tapi software ini sebenarnya tidak berbayar ailias gratis. Zip Password Cracker Pro memungkinkanmu untuk mendapatkan password berkas ZIP yang dilindungi. Pada beberapa kasus, cara membuka password ZIP dengan cracker Pro memerlukan waktu cukup lama. Karena itulah ada tambahan automatic shutdown saat proses gagal.

4. Menggunakan ZIP Password Recovery

Teknik Brute Force juga berlaku bagi software ZIP password Recovery. Adapun salah satu keunggulan cara mengekstrak file ZIP dengan Password Recovery adalah bisa dijalankan dalam program background. Di samping itu, sistem resume atau pause sangat berguna apabila proses peretasan password terlalu lama dilakukan.

Semua software untuk membuka password ZIP di atas berfungsi untuk menemukan password file ZIP yang diproteksi. Hanya saja memang memerlukan waktu cukup lama, tergantung pada tingkat kerumitan sandi yang digunakan. Jika Kamu sudah menemukan password. Selanjutnya tinggal buka file ZIP tersebut di komputer.

5. Menggunakan ZIP Password Finder

Kamu juga bisa menjebol berkas ZIP yang berpassword menggunakan ZIP password Finder. Memiliki ukuran yang sangat kecil hanya 483 kb. Kamu bisa langsung mengunduhnya.

  • Silahkan buka aplikasi atau software tersebut.
  • Kemudian jalankan program, kemudian pilih “Open” kemudian pilih berkas ZIP yang terkunci.
  • Jika sudah, dalam pilihan “Char Type Property” pilih Alpha (lower)(dari a-z). Kamu tinggal mencari-cari password yang tepat untuk membuka file ZIP. JIka sudah, tekan Start dan untuk menampilkan pencarian password, tinggal klik “Display On”.
  • Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menebak-nebak password file ZIP yang digunakan, jadi cukup menghabiskan waktu dan membutuhkan kesabaran.
Terkait:  Cara Ekstrak File Zip di Android

6. Menggunakan CMD dengan Aplikasi 7zcracker

Cara mengekstrak file ZIP dengan password berikutnya ialah dengan membukanya lewat CMD. Kamu bisa mengandalkan aplikasi 7zcracker untuk membuka password file ZIP-nya.

Oke langsung saja, Kamu bisa membuka file ZIP yang diproteksi menggunakan password melalui 7zcracker berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan unduh aplikasi 7cracker terlebih dahulu.
  • Kamu bisa mengekstrak berkas 7zcracker.zip.
  • Cara selanjutnya ekstrak berkas 7za910.zip kemudian buka foldernya, lalu copy file yang  bernama 7za.exe dan pastekan ke dalam folder 7zcracker. Agar aplikasi dapat bekerja, Kamu memerlukan aplikasi 7za.exe.
  • Silahkan salin lalu tempelkan file ZIP yang akan dibuka.
  • Tinggal jalankan software 7zcracker.exe lalu ketikkan nama berkas ZIP yang akan dibuka, lalu tekan enter dan setelah tekan enter kembali.
  • Selanjutnya hasil ekstrak bisa muncul pada folder yang  bernama est pada folder 7zcracker. Silahkan cek berkasnyaterlebih dahulu.

Sebenarnya cara mengekstrak file ZIP dengan password ini tidka selalu bisa bekerja 100%, bahkan tidak jarang file ZIP yang sudah diekstrak tidak dapat dibuka dan mengalami corrupt, selain itu, terkadang hanya berbentuk file kosong saja.

Selain itu, file ZIP yang dienkripsi tak bisa dibuka melalui cara ini, maka file-nya perlu dideskripsi lebih dahulu. Cara ini dapat digunakan baik di perangkat PC untuk OS Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

7. Cara Membuka Password File ZIP di Android

Jika Kamu memakai android, maka Kamu bisa melakukan cara extract file ZIP di android yang terkunci memakai aplikasi tambahan sama seperti cara di atas. Cara ini juga bekerja untuk ekstrak file RAR di android.

Adapun aplikasi yang digunakan untuk membuka file ZIP di android adalah ArchiDroid dan Kamu bisa mengunduhnya di perangkat android tapi bukan menggunakan Google Play Store. Untuk itu, simak ulasannya di bawah :

  • Langkah pertama, silahkan unduh dan pasang aplikasi bernama ArchiDroid di perangkat androidmu.
  • Silahkan buka dna jalankan aplikasi Archidroid yang sudah diunduh, lalu pilih opsi “Unpack Archive”.
  • Di dalam “Archive File Path” silahkan pilih tanda titik tiga, selanjutnya cari arsip ZIP yang di password.
  • Lalu di menu “Our Path”, Kamu  bisa memilih tempat penyimpanan.
  • Tekan ikon kunci dan inputkan password secara bebas.
  • Selanjutnya tingal centang pilihan Use Password dan tekan Ok.
  • Setelah itu, tekan ikon mata dan centang file ZIP yang sudah dipilih.
  • Tekan Unpack dan inputkan password yang sudah dibuat.
  • Selanjutnya tekan Ok kemudian lihat hasilnya.
Terkait:  Cara Extract File Rar di Android

Jika cara extract file ZIP yang terkunci password di atas tidak bekerja atau file ZIP-nya tetap tidak bisa terbuka. Sebaiknya cek kembali website tampat Kamu men-download file ZIP. Sebab biasanya website atau situs yang menyediakan URL atau link download berkas memakai format RAR atau ZIP yang dikunci akan mencantumkan kata sandi atau password di konten artikel web tersebut. Oleh karena itu, pastikan Kembali Kamu mengeceknya.

 

Related posts