Cara Ekstrak File RAR di Android

Format Rar cukup sering kita jumpai dalam penyimpanan file. RAR adalah kependekan dari Roshal Archive. Pengambilan nama awalnya sendiri diadaptasi dari nama pengembangnya yang tak lain ialah software engineer dari Rusia dengan nama lengkap Eugene Roshal. Membuka format Rar di komputer atau PC mungkin tidak masalah karena cukup mudah dan sering kita lakukan , tapi bagaimana dengan cara ekstrak file Rar di android? Sudah pasti banyak pengguna yang masih kebingungan.

Melalui file Rar sebenarnya bisa membantu kita untuk merapikan file yang kita milliki dalam satu folder. Selain mengumpulkan file dalam satu folder, Rar memugkinkan ukuran filenya diperkecil terlebih dahulu dengan cara di kompres. Inilah yang membuatnya menjadi lebih ringan dan mudah dibagikan. Hanya saja, file Rar ini memerlukan software tertentu untuk mengekstrak atau membuka file yang ada didalamnya. Begitupun dengan cara ekstrak Rar di android.

Apa Sih Kegunaan File Rar?

Biasanya ketika kita mengunduh software, ada beberapa pilihan cara untuk mengunduh file Rar-nya. Seringkali file Rar ini dipakai oleh situs web file sharing atau distributor software. Sebab software berukuran besar umumnya dapat dikompres ke dalam file Rar, karena itu membuat ukurannya lebih kecil.Bellum lagi, terkadang file tersebut dipecah ke dalam beberapa bagian.

Mengingat ukuran filenya lebih kecil, Kamu pun lebih mudah dan cepat mengunduh file tersebut. Jadi penting sekali ketika Kamu harus mengunduh software dengan ukuran cukup besar, apalagi jika akses internetmu kurang stabil.

Di samping bisa lebih menghemat waktu untuk mendownload, ada kelebihan lainnya yang dimiliki oleh file Rar itu sendiri. Adapun salah satunya ialah file tersebut bisa dilindungi keamanannya menggunakan kata sandi atau password. Sehingga Kamu tidak bisa langsung melihat isi filenya, karena harus mengakses kata sandi terlebih dahulu agar file tersebu terbuka. Walaupun demikian, jarang sekali Rar yang menggunakan kata sandi.

Jika Kamu ingin berbagi file dengan orang lain, maka file Rar akan sangat berguna. Karena bisa memasukan banyak file, baik berbentuk dokumen, gambar maupun foto ke dalam satu file Rar saja. Kamu juga bisa melakukan cara kompres file PDF untuk disimpan ke Rar. Sehingga temanmu bisa mengunduh file Rar dengan mudah secara langsung dari media cloud storage. Hal ini tentu saja lebih mudah dan pratkis jika dibandingkan harus mengunduh berkasnya satu demi satu.

Selain itu, file Rar juga cukup membantu ketika komputer atau PC-mu sedang terserang virus. Umumnya file yang mudah terserang virus ialah berfomat exe. File ini ibarat software yang langsung terserang virus sampai habis. Namun jika file exe tersebut dimasukkan ke dalam Rar, biasanya akan tetap aman dari virus.

Cara Ekstrak File Rar di Android

Cara Ekstrak File Rar di Android
Mengekstrak File Rar di Android

Mengekstrak File Rar di Android

Untuk bisa mengekstrak file Rar di android sendiri, tentu saja Kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan berikut ini :

1. Cara Mengekstrak File Rar di Android Dengan Aplikasi Rar

Cara ekstrak file Rar di android yang pertama ialah dengan menggunakan aplikasi Rar. Selain bisa mengekstrak file Rar, aplikasi Rar pun bisa dipakai mengekstrak file menggunakan format lainnya. Diantaranya yaitu file Gz, Tar, Iso, Arj, 7Z, Bz2 dan lainnya. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuka file Rar yang telah diberi password.

Oke, untuk mempermudah silahkan ikuti panduannya berikut ini :

  • Langkah pertama, silahkan unduh dan pasang aplikasi Rar langsung di Play Store. Lalu buka dan jalankan aplikasi Rar dengan mencari file di android yang akan diekstrak.
  • Setelah mendapatkan file Rar yang akan diekstrak di android, selanjutnya tekan Ekstrak di tab bagian atas tepat di samping ikon gambar tong sampah.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan notifikasi atau pemberitahuan, untuk melanjutkan prosesnya silahkan tekan Ok.
  • Silahkan tunggu ekstrak file hingga selesai. Setelah proses ekstrak selesai, Kamu bisa membuka file yang sudah diekstrak sebelumnya.

Kamu tidak perlu khawatir untuk soal perbedaan tipe smartphone android yang digunakan. Sebab cara ekstrak file Rar di android yang sudah Kami jelaskan di atas dapat diikuti di seluruh perangkat android. Selain itu, Kamu juga tak perlu lagi harus akses root.

2.  Cara Mengekstrak File Rar di Android Dengan Aplikasi ZArchiver

Mengekstrak file Rar di android lainnya bisa menggunakan aplikasi ZArchiver. Aplikasi ini termasuk archive management dan bisa dipakai untuk mengekstrak file ZIP dan Rar lebih cepat. Kamu juga dapat mengompres file, dan memproteksi file tersebut supaya lebih aman.

Aplikasi ZArchiver sangat kompatibel dan mudah digunakan di seluruh perangkat android. Perangkat lunak ini bisa Kamu dapatkan dengan mengunduhnya di Play Store. Selain itu, Kamu bisa mengaksesnya secara gratis.

Aplikasi ini juga memungkinkan Kamu untuk dapat mengarsipkan ile berformat file TAR, Zip, dan 7Zip. Kamu juga bisa memilih tingkat kompresinya, seperti Ultra, Maximum, Normal, Dast, dan Fastest.

Ada beberapa langkah cara ekstrak file Rar di android dengan aplikasi ZArchiver, berikut ulasannya :

  • Langkah pertama, silahkan buka folder Rar yang akan diekstrak.
  • Silahkan klik folder terkompresi tersebut, dan Kamu akan melihat beberapa pilihan.
  • Biasanya ada 3 pilihan yang bisa Kamu gunakan untuk membuka file Rar di ponsel. Diantarnya Extract here, pada opsi ini seluruh file pada folder Rar yang sama diekstrak lagi ke folder serupa. Extract to, ketika Kamu memilihnya folder biasanya dibuat menggunakan nama dari file Rar-mu. Dan satu lagi Extract yang memungkinkan Kamu untuk memilih folder sebagai tempat Kamu akan mengekstrak file tersebut.

Kamu bisa mencobanya dengan mendownload aplikasi ZArchiver di Play Store sekarang juga!

3. 7Zipper 2.0

Aplikasi lainnya yang bisa dipakai untuk menyimpan dan mengekstrak file Rar, Zip dan 7Zip ialah 7Zipper 2.0. Aplikasi yang satu ini bahkan bisa mengekstrak beberapa file lainnya yang berformat jar, bz2, gz, alz, egg, tar.bz2, dan Izh. Di samping itu, aplikasi yang tersedia di android ini juga bisa mengekstrak file berbentuk split zip.

Kamu bisa membuat file dalam format Zip/Rar dari Dropbox, Google Drive atau One Drive. Sehingga Kamu tak peru lagi repot-repot untuk mengambil file lewat Cloud Storage dan mengekstraknya pada file di ponsel. Silahkan unduh aplikasinya sekarang juga di Play Store!

4. Simple Unrar

Cara ekstrak file  Rar di android selanjutnya bisa menggunakan aplikasi Simple Unrar. Aplikasi ini memang menawarkan fitur yang lengkap untuk memudahkan para penggunanya mengekstrak file Rar.

Adapun fitur tersebut diantaranya dapat mengecek informasi detail mengenai file Rar, mengamankan file tersebut menggunakan password dan bisa mengekstrak beberapa file Rar sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Ya, itulah beberapa cara ekstrak file Rar di android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga di Google Play Store yang bisa kamu unduh. Silahkan cek dan praktekkan tutorialnya sekarang juga!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019