Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok

Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok
Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Live TikTok ? ada banyak pengguna TikTok yang ingin melakukan live namun masih bingung  karena tidak adanya tombol Live untuk memulai Live diakun TikTok yang mereka miliki. Padahal banya sekali content creator TikTok yang sering melakukan Live.

TikTok telah menjadi aplikasi yang populer dikalangan pengguna smartphone hingga saat ini. Aplikasi ini memeliki banyak fitur didalamnya yang digemari oleh penggunanya salah satunya adalah fitur Live.

Selain pengguna TikTok bisa memposting video yang nantinya bisa dilihat oleh pengguna TikTok lainnya, kamu juga bisa melakukan Live atau siaran langsung untuk berinteraksi secara langsung dengan penonton siarean langsung.

Konten creator TikTok biasanya memanfaatkan fitur Live ini secara beragam, ada yang melakuakn Live untuk mempromosikan produk bisnis mereka, melakukan Live Game, dan lain sebagainya.

Akan tetapi untuk mengaktifkan Live Tikok tidak semudah itu karena pengguna TikTok perlu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak TikTok. Ada beberapa persyaratan seperti jumlah followers, batas minimal usia, dan lain sebagainya.

Dan pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara mengaktifkan fitur Live TikTok khususnya untuk pemula. Selain membahas mengenai langkah-langkah untuk mengaktifkannya, kamu juga bisa mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan Live TikTok. Simak penjelasannya dari awal sampai selesai, lalu praktekan pada aplikasi TikTok milikmu.

Syarat Mengaktifkan Live di TikTok

Seperti yang tela dijelaskan sebelumnya jika melakukan siaran langsung di aplikasi TikTok tidak seperti aplikasi media sosial lainnya yang bisa langsung melakukan Live tanpa ada persyaratan.

Aplikasi TikTok memiliki syarat-syarat sendiri yang harus dipenuhi, jika syarat-syarat untuk mengaktifkan fitur Live sudah terpenuhi maka nantinya fitur Live akan secara otomatis muncul di akun TikTok milikmu.

Berikut ini persyaratan untuk melakukan Live TikTok yang harus kamu penuhi sebelum bisa mengaktifkan Live, simak!.

1. Minimal Usia 16 Tahun Lebih

Syarat pertama yang harus kamu penuhi untuk melakukan Live di aplikasi TikTok adalah terkait dengan batas minimal usia. Pada aplikasi TikTok untuk mengaktifkan Live minimal pengguna harus berusia 16 tahun atau lebih.

Jika kamu berusia dibawah 16 tahun maka fitur Live ini tidak akan bisa kamu aktifkan meskipun kamu memiliki jumlah followers yang mencukupi untuk melakukan Live.

2. Memiliki Aplikasi TikTok Versi Terbaru

Persyaratan berikutnya supaya kamu bisa melakukan Live di aplikasi TikTok maka kamu harus sudah menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru, sebab hal ini berguna supaya kamu bisa melakukan Live dengan lancer dan nyaman.

3. Identitas di Profil Akun TikTok Lengkap

Berikutnya hal yang juga penting untuk kamu penuhi sebelum kamu bisa mengaktifkan fitur Live, adalah identitas diri pada profil akun TikTok milikmu harus sudah lengkap. Identitas ini meliputi nomor handphone, alamat email, serta informasi-informasi lain yang ada diprofil TikTok.

4. Memiliki 1000 Followers Pada Akun TikTok

Selanjutnya syarat ini sangat penting untuk kamu penuhi sebelum kamu bisa melakukan Live di akun TikTok milikmu yaitu kamu harus sudah memiliki followers minimal 1000 followers. Karena jika jumlah followers kurang maka fitur Live TikTok tidak akan bisa aktif.

Itulah syarat-syarat supaya kamu bisa melakuakan Live di aplikasi TikTok yang wajib kamu penuhi, sebab jika salah satu peryaratan diatas ada yang belum terpenuhi maka fitur Live diakun TikTok milikmu tidak bisa aktif.

Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok

Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok
Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok

Apabila kamu sudah memenuhi syarat-syarat diatas, biasanya fitur Live akan secara otomatis aktif di aplikasi TikTok milikmu. Dan jika kamu merasa sudah memenuhi persyaratan melakukan Live namun akun TikTok milikmu masih belum ada tombol Live kamu bisa menginstal ulang aplikasi atau melaporkan permasalahan yang kamu hadapi pada bantuan TikTok.

Selanjutnya jika fitur Live sudah aktif maka kamu bisa mengikuti cara-cara berikut untuk melakukan Live TikTok baik menggunakan perangkat smartphone maupun -cara dengan laptop. Simak cara-cara berikut ini :

1. Live TikTok Melalui Laptop

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengaktifkan Live atau memulai siaran langsung di aplikasi TikTok adalah dengan melakukan Live menggunakan perangkat laptop. Ada banyak pengguna TikTok yang belum tahu jika siaran langsung TikTok dapat dilakukan melalui laptop.

Untuk itu simak langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya :

  • Langkah pertama adalah buka aplikasi TikTok yang ada dilaptop atau PC terlebih dahulu.
  • Jika sudah maka kamu bisa menekan tombol (+).
  • Setelah itu untuk melakukan siaran langsung tekan Go Live.
  • Langkah berikutnya adalah pilih Setting (Pengaturan).
  • Lalu kamu bisa copy server URL serta streaming key.
  • Kemudian buka aplikasi OBS.
  • Setelahnya masuk ke menu Setting.
  • Berikutnya klik tombol Stream.
  • Jika sudah kamu bisa memiluh Stream Type, dan pilih Custom Streaming Server.
  • Setelah itu klik Apply, dan langkah terakhir adalah klik Start Streaming.
  • Selesai.

Itu cara untuk mengaktifkan Live TikTok menggunakan laptop ataupun PC, cukup mudah untuk diikuti bukan ?.

2. Live TikTok Dengan Menggunakan Smartphone

Selanjutnya adalah cara kedua untuk melakukan Live TikTok dengan menggunakan smartphone. Banyak konten kreator TikTok yang melakukan Live menggunakan smartphone mereka, cara untuk memulai Live menggunakan smartphone sangatlah mudah jika sebelumnya fitur TikTok di smartphone kamu sudah aktif.

Akan tetapi jika fitur Live di akun TikTok milikmu belum ada maka kamu bisa mengaktifkannya dengan memenuhi persyaratan yang telah dijelaskan diatas. Berikut ini langkah-langkah untuk mulai melakukan Live TikTok dengan menggunakan smartphone :

  • Pertama-tama buka aplikasi TikTok yang sudah ada di smartphone kamu.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi TikTok maka kamu bisa klik tanda (+).
  • Dan langkah berikutnya untuk melakukan Live kamu bisa menekan tombol Live.
  • Kemudian klik tombol Go Live.
  • Selesai.

Itu dia langkah-langkah untuk memulai Live TikTok menggunakan perangkat smartphone, yang bisa kamu ikuti dan praktekan di handphone kamu.

3. Live TikTok Tanpa 1000 Followers

Seperti yang kita ketahui bersama jika syarat untuk mengaktifkan fitur Live di TikTok adalah harus memiliki followers akun TikTok minimal 1000 followers. Berikut ini langkah-langkah untuk memulai Live tanpa harus memiliki jumlah followers 1000. Simak penjelasannya !.

  • Langkah pertama adalah buka aplikasi TikTok yang ada dismartphone kamu.
  • Jika sudah kamu bisa masuk ke halaman profil.
  • Setelah itu klik ikon titik tiga.
  • Langkah berikutnya tekan opsi Pengaturan.
  • Lalu kamu bisa scroll kebawah dan pilih opsi Report a problem.
  • Apabila kamu klik Report a problem maka kamu akan diarahkan ke menu Live/payment dan reward.
  • Kemudian kamu bisa pilih Live Host.
  • Langkah selanjutnya klik opsi I can’t start live.
  • Selesai.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengaktifkan fitur live TikTok yang dapat kamu ikuti langkah-langkahnya. Selamat mencoba.

 

Related posts