Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

  • Whatsapp

WhatsApp adalah jembatan penghubung antar manusia dari seluruh dunia lewat aplikasi percakapan, cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari bisa dipahami untuk meningkatkan kerahasiaan data pribadi kamu di dalamnya.

WhatsApp telah menjadi platform digital nomor satu di dunia yang sudah diunduh hingga 2 miliar kali di Google Play Store. Hal ini membuat popularitasnya semakin di depan dan belum dikalahkan aplikasi percakapan serupa lainnya.

Read More

Tak bisa dipungkiri bahwa kamu bukan hanya terhubung dengan sesama nomor telepon dari Indonesia saja, tetapi mancanegara. Kalian bakal terhubung bila mengetahui kode negara dan nomor telepon dari keluarga atau kerabat yang sedang tinggal di luar negeri.

Namun, data pribadi yang kalian miliki seperti riwayat panggilan atau pesan harus dijaga lewat cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari terbaru untuk merahasiakannya dari siapa saja yang meminjam ponsel kalian.

Sementara itu, WhatsApp bisa diunduh semua merek smartphone berbasis android atau iOS dengan ruang penyimpanan yang rendah. Kalian perlu memperhatikan bahwa aplikasi ini tidak selalu mendukung pemindai sidik jari terhadap smartphone yang kalian pakai lantaran tidak semua ponsel punya sensor fingerprint.

Pembahasan selanjutnya akan menjelaskan bagaimana menjaga aplikasi WhatsApp pada ponsel kamu dengan sidik jari yang aman dan terpercaya.

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari
Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari | tech-mag.net

Bagaimana Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari Lewat Aplikasi Resmi?

Seperti kalian tahu bahwa aplikasi WhatsApp masih menjadi platform sosial media terbesar di dunia sampai sekarang. Tak menutup kemungkinan jumlah penggunanya semakin bertambah karena penggunaannya cepat dan mudah.

Terkait:  Cara Cek RAM Hp Xiaomi

Kamu harus memperhatikan bahwa WhatsApp adalah aplikasi percakapan yang bersifat user friendly. Wajar saja bila tampilannya unik dan kalian juga bisa mengirim pesan teks dalam bentuk stiker lewat android atau iOS.

Pembahasan kali ini akan menjelaskan soal mengunci aplikasi resminya lewat unduhan asli bagi smartphone berbasis android atau iOS seperti berikut :

1. Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari di Android

  • Buka aplikasi WhatsApp dari smartphone android kalian.
  • Tekan tombol “Opsi Lainnya” berupa icon tiga titik di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Setelan” dan lanjutkan dengan pilih sub menu “Akun”, tekan opsi “Privasi”.
  • Geser layar ke bawah dan tekan tombol “Kunci Sidik Jari”.
  • Aktifkan fitur “Buka Kunci dengan Sidik Jari”.
  • Kalian bisa menyentuh sensor sidik jari untuk memverifikasi sidik jarinya.
  • Hidupkan fitur “Tampilkan Konten di Notifikasi” bila ingin melihat pesan pada pemberitahuan pesan teks baru.
  • Selesai.

2. Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari di iPhone

  • Pilih menu “Setting” atau “Pengaturan” di bagian kanan bawah.
  • Tekan sub menu “Account” alias “Akun”.
  • Pilihlah opsi “Privacy” atau “Privasi” untuk melihat sistem keamanan akunnya.
  • Kalian bisa memilih fitur “Screen Lock” atau “Kunci Layar”.
  • Tekan tombol geser untuk menghidupkan layanan Touch ID.
  • Kamu bisa membuka WhatsApp lewat sidik jari yang telah diregistrasi via Touch ID.
  • Kalian dapat memilih berapa lama batas kunci bakal diaktifkan. WhatsApp iOS memberikan tiga pilihan berbeda mulai dari 1 menit, 15 menit bahkan 30 menit sesuai kebutuhanmu.
  • Selesai.

Kalian tidak bisa menggunakan layanan finger print (sidik jari) sembarangan. Hal ini dikarenakan fitur tersebut hanya dapat diterapkan pada smartphone android atau iOS yang sudah dibekali sensor sidik jari.

Sementara itu, WhatsApp yang terpasang juga harus versi terbaru alias V.2.19.308 yang bisa didapatkan via Google Play Store (android) maupun App Store (iOS) agar kalian dapat menikmati salah satu pelayanan keamanan terbaru dari WhatsApp.

Terkait:  Cara Copy Link Shopee

Kamu juga harus tahu bahwa sebelumnya WhatsApp sempat dilaporkan sudah melakukan percobaan sensor sidik jari bagi perangkat android untuk aplikasi beta versi terbaru. Aplikasi milik Facebook tersebut menghadirkan layanan fingerprint lantaran permintaan dari penggunanya.

Meski begitu, fiturnya telah diluncurkan untuk perangkat iOS (iPhone) dan sensor sidik jari sudah dicoba pada aplikasi WhatsApp untuk Android Beta V2.19.221 beberapa waktu lalu.

Cara Mematikan Fingerprint (Sidik Jari) WhatsApp

Bagaimana Mematikan Sensor Sidik Jari WhatsApp yang Benar dan Cepat? Tidak semua pengguna WhatsApp merasa nyaman saat menggunakan sensor sidik jari untuk mengunci aplikasinya.

Kalian bisa mematikan layanan keamanan tersebut tanpa mengunduh aplikasi ketiga karena dapat dilakukan lewat WhatsApp secara langsung.

Fingerprint yang digunakan bersifat sensitif lantaran tangan kalian harus kering dan menutup permukaan sensor secara menyeluruh. Di bawah ini adalah langkah cepat mematikan fitur fingerprint WhatsApp, yakni :

  • Buka aplikasi WhatsApp lewat smartphone kalian.
  • Tekan tombol “Opsi Lainnya”, pilih menu “Setelan”.
  • Pilih sub menu “Akun” dan lanjutkan dengan menekan tombol “Privasi”.
  • Geser layar ke bawah dan tekan tombol “Kunci Sidik Jari”.
  • Kalian bisa menekan menu “Buka Kunci dengan Sidik Jari” untuk mematikan penguncian aplikasi dengan fingerprint.
  • Selesai.

WhatsApp punya suatu kelebihan yang belum tentu dimiliki aplikasi sosial media lainnya. Hal ini dikarenakan platform percakapan yang dirilis beberapa tahun silam tersebut dapat dikunci dengan tiga metode berbeda, yaitu password, PIN sampai fingerprint yang semakin canggih.

Meski begitu, penguncian aplikasi dengan PIN dan password masih dianggap efektif walaupun sensor sidik jari lebih aman dan signifikan (tanpa menghafal kode rahasia).

Hal Penting Sebelum Pakai Kunci Sidik Jari WhatsApp yang Harus Diketahui

Untuk menggunakan layanan sensor sidik jari dalam mengunci aplikasi WhatsApp, kalian tidak bisa langsung menerapkannya begitu saja. Pasalnya, WhatsApp punya informasi penting yang harus kalian tahu sebelum memastikan ponsel kamu berhak memakai fitur tersebut atau tidak.

Terkait:  Cara Hapus Akun Gmail

WhatsApp sudah merilis informasi resmi lewat alamat website resminya seputar masalah ini yang harus diketahui semua pengguna setianya seperti berikut, yaitu :

  • Sensor sidik jari hanya bisa digunakan pada perangkat android yang didukung fitur tersebut, serta menjalankan sistem operasi Android 6.0+ yang telah dibekali API sidik jari Google.
  • Fitur tersebut tidak mendukung smartphone tertentu seperti Samsung Galaxy Note 4, Samsung Galaxy Note 8 dan Samsung Galaxy S5.
  • Pengguna WhatsApp harus menghidupkan layanan sidik jari lewat pengaturan telepon kalian.
  • Kamu bisa menerima panggilan telepon saat aplikasinya terkunci.
  • Selesai.

Untuk menggunakan fitur sidik jari supaya aplikasi WhatsApp bisa terkunci otomatis, pastikan empat poin di atas sudah dimiliki smartphone kalian. Maka dari itu, ketiga merek smartphone yang disebutkan sebelumnya masih belum didukung layanan tersebut walaupun berbasis android dengan kualitas yang bagus.

Hal ini dikarenakan perangkat android harus mendukung sistem operasi 6.0+ yang didukung API fingerprint resmi di bawah naungan raksasa search engine Google.

Demikian penjelasan lengkap dan ringkas seputar cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari yang bisa diterapkan untuk smartphone android atau iOS. Kamu bisa mengikuti salah satu panduan di atas sesuai gadget yang digunakan saat ini.

Kalian dapat memastikan aplikasi WhatsApp akan sulit dibuka orang lain karena sensor fingerprint sulit membaca identitas pemilik aslinya, sedangkan tingkat keamanannya lebih tinggi daripada memakai PIN atau pola.

Related posts