Ada 5 Cara Menghemat Kuota Indosat, 100% Work!💚

Cara Menghemat Kuota Indosat
Cara Menghemat Kuota Indosat

WIGATOS.com | Ingin tahu, gimana sih cara menghemat kuota Indosat? Indosat termasuk satu dari beberapa deretan provider seluler yang terkemuka dan sudah ada sejak dulu di Indonesia. Menawarkan jaringan internet yang luas, Indosat juga memberikan harga paket internet cukup terjangkau.

Mengingat internet sudah menjadi kebutuhan yang gak bisa ditinggalkan saat ini, maka wajar jika setiap hari kita selalu mengakses internet. Salah satunya dengan memanfaatkan paket data internet dari Indosat. Tapi, mengingat aktivitas multitasking yang sering dilakukan tak heran jika tanpa sadar kuota internet habis begitu saja.

Read More

Nah, saat itulah kita merasa jika pemakaian kuota internet sangat boros. Sebetulnya tiap-tiap provider juga punya trik khusus untuk menghemat kuota data, termasuk Indosat.

Sebelumnya, kamu bisa coba cara hemat kuota Telkomsel jika kamu memakai kartu Telkomsel. Jika kamu mau, bisa coba trik cara menghemat kuota Indosat dengan mudah.

Kenapa Kuota Internet Indosat Cepat Habis?

Berikut ini beberapa alasan kenapa kuota internet Indosat gampang habis yang perlu kamu tahu, antara lain :

  • Akibat aktivitas online yang memerlukan banyak data, seperti melakukan streaming video, musik, atau game online.
  • Aplikasi yang berjalan di latar belakang dan banyak menyedot data tanpa kita sadari, seperti update aplikasi, sinkronisasi data, atau notifikasi aplikasi tertentu.
  • Pengaturan kualitas tampilan yang terlalu tinggi, seperti resolusi layar, ukuran font, atau mode hemat baterai.
  • Penggunaan GPS, Bluetooth, atau hotspot yang tidak perlu yang terus aktif.
  • Kesalahan sistem atau bug yang membuat data terbuang begitu saja.

Cara Menghemat Kuota Indosat

Cara Menghemat Kuota Indosat
Cara Menghemat Kuota Indosat

Sudah tahu, apa saja yang membuat kuota Indosat gampang habis? Sekarang saatnya kamu bisa mengikuti cara menghemat kuota Indosat. Ingin tahu, gimana caranya? Simak panduan berikut :

1. Menghemat Kuota Indosat Pakai Akses Wifi Ketika Tersedia

Cara termudah dan paling efektif buat menghemat kuota internet yaitu dengan memakai akses wifi saat tersedia.  Jika kamu kebetulan berada di tempat yang memiliki WiFi gratis. Misalnya saja, di rumah, kantor, sekolah, atau tempat umum lainnya, maka kamu bisa memanfaatkan wifi buat akses internet.

Tentu saja dengan begitu, kamu gak bakal kehabisan kuota internet Indosat. Belum lagi, jaringan wifi biasanya membuat akses internet lebih stabil.

2. Menghemat Kuota Indosat dengan Membatasi Pemakaian Data di Aplikasi Tertentu

Cara menghemat kuota Indosat selanjutnya yaitu, kamu bisa membatasi pemakaian data pada aplikasi tertentu. Gimana caranya? Kamu bisa masuk ke menu pengaturan, lalu masuk pada aplikasi, dan selanjutnya masuk ke pilihan pemakaian data. 

Di sini kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang paling banyak mengonsumsi data. Setelah mengetahui aplikasinya, kamu tinggal batasi saja aksesnya supaya menghemat kuota Indosat. Kamu juga dapat memilih mematikan data latar belakang, hemat data, atau nonaktifkan data seluruhnya pada aplikasi tertentu.

3. Menghemat Kuota Indosat dengan Aktifkan Fitur Hemat Data Pada Aplikasi Atau Browser

Beberapa aplikasi atau browser memiliki fitur hemat data yang bisa kamu aktifkan, tujuannya agar pemakaian data ketika online bisa berkurang. Misalnya pada aplikasi Instagram, kamu bisa mengikuti cara-caranya berikut ini:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Lalu masuk ke akun penggunaan seluler.
  • Setelah itu tekan opsi hemat data.

Contoh lain jika kamu lebih sering menggunakan browser Chrome, maka kamu bisa mengikut langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke menu pengaturan.
  • Kemudian masuk ke hemat data.
  • Terakhir aktifkan.

Fitur ini bakal membantumu memproses gambar atau video yang kamu putar menjadi lebih ringan. Tentu saja tanpa mengurangi kualitas dari gambar atau video tersebut.

4. Turunkan Kualitas Tampilan Pada Video Atau Musik

Ketika kamu melakukan streaming video atau memainkan musik secara online, kamu bisa menurunkan kualitas tampilannya supaya tak menghabiskan banyak data. Misalnya saja, jika kamu menggunakan YouTube bisa coba langkah-langkah berikut :

  • Masuk terlebih dahulu pada menu Pengaturan.
  • Selanjutnya pilih kualitas.
  • Lalu pilih resolusi yang lebih rendah.

5. Nonaktifkan GPS, Bluetooth, atau Hotspot Jika Tidak Digunakan

Cara menghemat kuota Indosat selanjutnya yaitu menonaktifkan perangkat yang bisa memakan banyak data. Seperti GPS, bluetooth hingga hotspot. Sebab semua fitur tersebut bisa menyedot kuota indosat jika kamu membiarkannya menyala terus-terusan.

GPS akan terus memperbarui lokasi kamu secara real time menggunakan internet, bluetooth akan terus mencari perangkat lain yang bisa terhubung. Sementara itu, hotspot akan membagi koneksi internet yang kamu gunakan dengan perangkat lainnya yang terhubung. Dengan begitu, kamu sebaiknya kamu menonaktifkan ketiga fitur tersbuet bila tak diperlukan lagi.

Cara Mengecek Sisa Kuota Indosat

Sebagai bentuk kewaspadaan, sebaiknya kamu rutin mengecek sisa kuota Indosat, supaya bisa mengendalikan penggunaan kuota internet biar lebih awet. Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui sisa kuota internet Indosat, diantaranya:

1. Cek Sisa Kuota Indosat Lewat Melalui SMS

Kamu bisa mengirim SMS dengan format “Usage” ke nomor 363. Selanjutnya kamu akan mendapatkan balasan SMS dari nomor tersebut yang isinya memuat informasi sisa kuota internet Indosat berikut masa berlakunya.

2. Melalui Kode Dial USSD

Cara kedua, cukup dengan menekan *123# atau *363# pada menu Panggilan. Nantinya kamu akan mendapatkan menu informasi Indosat Ooredoo. Silakan pilih menu “Cek Kuota” dan “Paket Internet”. Tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan SMS yang berisi informasi mengenai sisa kuota internet Indosat yang sedang digunakan.

3. Melalui Aplikasi MyIM3

Untuk cara ini, kamu tinggal download aplikasi myIM3 dari Google Play Store atau App Store terlebih dahulu. Selanjutnya login dengan menggunakan nomor Indosatmu.

Pada menu utama silakan pilih menu “Kuota” atau “Data” yang berada di bagian atas atau bawah aplikasi. Maka kamu akan melihat informasi sisa kuota internet Indosat kamu berikut masa berlakunya.

4. Melalui Google Android

Jika Kamu menggunakan ponsel Android, maka kamu Kamu bisa mengecek sisa kuota internet Indosat melalui fitur Google Android. Caranya cukup buka menu pengaturan, lalu masuk ke jaringan & internet, kemudian pilih penggunaan data, pilih penggunaan data seluler dan teakhir pilih kartu SIM Indosat Kamu.

Nantinya kamu akan melihat grafik penggunaan data seluler yang digunakan berikut sisa kuota internet Indosat kamu saat ini.

Itulah beberapa cara mengecek sisa kuota Indosat yang bisa Kamu coba. Selanjutnya kamu tinggal memilih akan menggunakan metode mana untuk mengecek sisa kuota Indosat milikmu.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk memperpanjang masa aktif kartu SIM Indosat, yaitu:

1. Isi Ulang Pulsa

Kamu bisa membeli pulsa melalui berbagai macam cara yang dapat dilakukan, seperti melalui aplikasi MyIM3, melalui ATM, melalui Mobile Banking, marketplace, atau melalui layanan lainnya.

Kunci dari pembelian pulsa yaitu setiap nominal pulsa yang kamu beli akan memberikan tambahan masa aktif kartu Indosat kamu.

 Nominal Pulsa Masa Aktif Kartu
Rp.5.000 7 hari
Rp.10.000 15 hari
Rp.25.000 30 hari
Rp.50.000 40 hari
Rp.75.000 45 hari
Rp.100.000 60 hari
Rp.150.000 90 hari

2. Membeli Paket Atau Kuota Internet

Selain mengisi ulang pulsa, Kamu juga bisa memperpanjang masa aktif Indosat dengan cara membeli paket atau kuota internet yang tersedia.

Kamu bisa memilih paket internet berdasarkan kebutuhan dan angaran yang kamu miliki. Cukup masuk menggunakan kode UMB di nomor *123#, aplikasi MyIM3, mobile banking, marketplace, atau layanan lainnya.

Cara menghemat kuota Indosat tentu saja mudah dilakukan, dengan begitu kamu gak bakal boros memakai kuota untuk internetan. Semoga bermanfaat!

Related posts