Cara Hapus Channel Youtube

Cara Hapus Channel Youtube
Hapus Channel Youtube

Cara hapus channel Youtube sebenarnya kerap dilakukan para content creator, ketika mungkin channel yang mereka miliki sudah terlalu banyak, atau juga memiliki pelanggaran atau violation dari Youtube, sehingga mereka harus menghapus channel tersebut, karena sudah tak lagi bisa untuk dimonetisasi dan juga digunakan untuk mengupload video akibat pelanggaran yang dilakukan.

Sebagaimana kita tau, saat ini Youtube sudah menjadi salah satu platform video paling besar yang banyak digunakan untuk para penonton ataupun konten kreator mengupload video didalamnya. Ada banyak sekali orang orang yang memilih jadi konten kreator karena beragam alasan.

Read More

Mungkin saja karena mereka senang mendokumentasikan suatu kegiatan ataupun aktivitas, sekedar ingin berbagi video, atau bahkan mereka bisa mendapatkan uang dari Youtube, melalui Google adsense yang mana baru bisa diaktifkan ketika konten kreator mendapatkan 1000 subscribers dan juga memiliki setidaknya 4000 jam tayang atau bahkan lebih dalam 12 bulan terakhir.

Maka dari itu tak heran jika saat ini ada banyak sekali ragam jenis video yang bisa kita temukan dan tonton di Youtube. Mulai dari eksperimen, prank, hiburan, konspirasi, listicle, dan lain lain. Hal ini pula didorong oleh banyaknya konten kreator yang berlomba untuk mendapatkan banyak subscribers, agar video mereka lebih banyak ditonton dan dibagikan oleh pengguna.

Ditambah lagi dengan kita bisa menggunakan satu email yang mana bisa digunakan untuk membuat lebih dari 1 channel Youtube. Tentunya, hal ini bisa menjadi batu pijakan atau bahkan sistem ternak yang mana nantinya konten kreator bisa melihat, kira kira dari sekian banyak channel yang dimiliki dalam 1 akun, mana yang paling berpotensi menghasilkan pundi pundi rupiah.

Barulah ketika sudah dirasa menemukan channel yang paling potensial, konten kreator bisa menggunakan cara hapus channel Youtube, untuk menghilangkan atau membuang channel yang sekiranya kurang potensial dalam mendatangkan pundi pundi rupiah dari Youtube.

Hanya saja, masih banyak para konten kreator yang tidak memahami betul tentang cara hapus channel Youtube dari akun yang mereka miliki. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, dengan beragam metode.

Cara Hapus Channel Youtube

Cara Hapus Channel Youtube
Hapus Channel Youtube

Cara Hapus Channel Youtube Secara Permanen Lewat Youtube Studio

Pada cara pertama ini, kita akan menghapus channel Youtube secara permanen. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kamu sudah mengetahui konsekuensi dari menggunakan cara ini ya. Karena, kemungkinan besar kamu akan kehilangan jumlah subscribers dan juga video video yang ada di channel tersebut.

  • Kunjungi terlebih dahulu Youtube Studio melalui link http://studio.youtube.com/ dan kemudian login dengan menggunakan email yang memiliki channel lebih dari satu didalamnya
  • Jika sudah, maka kamu bisa langsung untuk mengklik pada menu setelan atau settings yang memiliki icon ‘gear’ dibagian kiri
  • Kemudian, pilih channel mana yang sekiranya akan kamu hapus secara permanen, lalu klik pada ‘setelah lanjutan’ atau ‘advanced’
  • Lalu, scroll kebagian agak bawah sampai kamu menemukan opsi ‘hapus konten Youtube’ dan setelah itu kamu mungkin akan diminta untuk melakukan login ulang untuk verifikasi
  • Dan jika sudah, kamu bisa menceklis pada opsi ‘saya ingin menghapus konten secara permanen’ dan juga ‘hapus konten Youtube’
  • Terakhir, kamu tinggal mengklik pada tombol ‘hapus konten saya’

Setelah itu, maka selanjutnya Youtube akan memprosess permintaan kalian, dan biasanya prosess ini akan memakan waktu agak lama. Bisa jadi sektiar 1 – 2 hari, atau bahkan lebih. Nantinya, jika channel sudah berhasil dihapus, biasanya kamu akan menerima email dari Youtube, jika prosess penghapusan channel sudah berhasil dilakukan.

Perlu dicatat ya sob. Cara ini hanya digunakan untuk menghapus channel Youtube saja. Untuk data login, email, dan juga akun Youtube, tidak akan berpengaruh. Kamu masih bisa kok membuat channel baru jika dibutuhkan, atau jika kamu hanya senang menonton video Youtube saja, kamu tidak harus membuat channel Youtube.

Dan untuk memastikan apakah channel youtubemu tadi sudah benar benar terhapus, kamu bisa menggunakan pencarian di Youtube, dengan menuliskan nama channel yang sudah kamu hapus tadi. Adapun untuk menggunakan cara ini, kamu bisa melakukannya baik dari komputer, laptop, atau bahkan menggunakan hp kalian masing masing. Tapi, jangan lupa untuk mengubah viewnya menjadi dekstop mode ya.

Cara Hapus Channel Youtube Sementara

Kemudian pada cara selanjutnya, kita juga bisa menghapus channel Youtube secara temporer atau sementara, dengan sistem menyembunyikan channel. Nah, cara ini memang tidak benar benar menghapus channel Youtube kalian. Hanya saja, semua data seperti Channel Youtube, video, jumlah subscribers, dan juga jumlah likes serta komentar pada video akan disembunyikan.

Meskipun begitu, cara ini kerap dipakai oleh konten kreator ketika mereka ingin vakum sementara waktu, dan kemudian mengaktifkan kembali channel mereka agar bisa mengupload video. Caranya

  • Silahkan kamu login terlebih dahulu kedalam situs https://youtube.com dan kemudian login seperti biasa menggunakan email dan password yang memiliki channel didalamnya
  • Kemudian, setelah login kamu bisa mengklik pada foto profil kalian yang ada dibagian kanan dan klik pada menu ‘settings’ atau ‘pengaturan’
  • Setelah itu, pada bagan ‘Channel Anda’, kamu bisa mengklik pada ‘setelan lanjutan’ atau ‘advanced’
  • Lalu, scroll kebagian agak bawah dan klik pada ‘hapus channel’ dan nantinya kamu akan diminta untuk login ulang menggunakan data yang sama
  • Jika sudah, maka selanjutnya kamu akan melihat 3 opsi yang bisa kamu ceklis. Seperti
    • Penghapusan Channel Sementara (private channel)
    • Penghapusan Channel Permanent (permanently deleted)
    • Dan Your data on other Google Will Not Be Deleted
  • Pada tahap ini, kamu bisa mengklik pada opsi yang pertama, yakni private channel. Karena nantinya, akan ada penjelasan dari opsi tersebut, tentang apa saja yang akan disembunyikan, dan kamu juga akan diberikan link untuk melakukan re-activation channel atau pengaktifan ulang channel
  • Terakhir, kamu tinggal mengklik pada tombol ‘Hide My Channel’ dan nantinya Youtube akan memprosess permintaanmu untuk menyembunyikan channel Youtube.

Walaupun cara ini bersifat sementara dalam menyembunyikan channel, tentunya ketika pengguna lain mencari channel kalian, maka secara otomatis channel yang disembunyikan tadi tidak akan muncul. Dan apabila mungkin kamu berubah fikiran dan ingin kembali mengupload video kedalam channel tadi, maka kamu bisa mengaktifkan kembali channelmu dengan cara mempublikasikan kembali channel yang sebelumnya kamu hide.

Perbedaan ini jelas sangat signifikan. Karena jumlah subscribers ataupun video yang ada tidak akan hilang. Dan kamu selaku konten kreator, masih bisa melihat channelmu jika masuk ke Youtube menggunakan akun tadi.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara hapus channel Youtube yang bisa kamu coba. silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan selamat mencoba.

Related posts