Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku Update Desember 2023

Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku
Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku

WIGATOS.com | Cara menaikan kredit poin Akulaku ternyata gampang-gampang susah. Sebenarnya skor tersebut dapat meningkat jika kamu memiliki record peminjaman yang bagus di Akulaku. Selain itu, melengkapi data diri juga menjadi salah satu caranya. 

Kredit poin sendiri jadi salah satu faktor penting pengajuan pinjaman lancar atau tidak. Jika punya skor yang bagus, maka pengajuan juga lebih mudah kamu lakukan. Sebaliknya, kalau buruk, besar kemungkinan ke depannya mendapatkan limit kecil atau bahkan tidak sama sekali. Karenanya, simak bagaimana cara menaikkannya berikut ini:

Read More

Apa Itu Kredit Poin Akulaku? 

Kredit poin Akulaku adalah angka yang memperkirakan kemampuan pengguna dalam melunasi hutang di Akulaku secara tepat waktu. Umumnya, skor tersebut berada di tentang angka 250—900. Semakin tinggi nilainya, berarti kemampuan membayar utang juga lebih baik. 

Kredit poin yang bagus ternyata juga membantumu dalam mendapatkan pinjaman. Meskipun sistemnya online, Akulaku tidak serta merta menyetujui permintaan yang masuk. Lewat penelitian itulah, pihaknya dapat memastikan besarnya pinjaman yang mampu pengguna kembalikan agar kredit tidak macet. 

Nilai dari kredit poin ini bisa berubah tergantung oleh berbagai faktor. Beberapa hal yang mempengaruhi kredit poin Akulaku antara lain yaitu:

  • Riwayat utang. Dalam hal ini melihat pernah tidaknya telat membayar cicilan. Kalaupun telat, berapa hari keterlambatannya atau kapan waktu terakhir kali telat bayar sampai jatuh tempo. 
  • Besar utang. Pinjaman di Akulaku itu ada yang namanya limit dan berbeda untuk masing-masing pengguna. Kalau jatah tersebut masih ada, maka mungkin bagi pihak Akulaku untuk mempertimbangkan pengajuanmu. 
  • Periode riwayat hutang. Seberapa lama mengambil pinjaman juga menjadi faktor lain yang mempengaruhi kredit poin. Biasanya, semakin lama akan semakin bagus. 
  • Banyaknya jumlah hutang. Mungkin ini jadi pertimbangan sendiri bagi pihak Akulaku untuk menilai berapa skormu. Biasanya, banyaknya kredit yang kamu lakukan turut mempengaruhi kredit skor. Karena jika terlalu sering, kamu terindikasi memiliki masalah cash flow pribadi dan memaksamu mencari hutang. 

Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku

Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku
Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku

Kamu sudah tahu apa itu kredit poin dan apa saja faktor yang mempengaruhinya. Lalu, apa tindakan selanjutnya jika skornya rendah dan membuatmu kesulitan untuk mendapatkan pinjaman? Jangan khawatir, lakukan saja beberapa cara berikut ini:

1. Membayar Hutang Tepat Waktu

Cara menaikan kredit poin Akulaku yang pertama yaitu dengan membayar hutang tepat waktu. Ini merupakan cara yang paling utama. Setidaknya, jaga riwayat pinjamanmu selama enam bulan terakhir ini. Jangan sampai ada tunggakan yang melewati batas jatuh tempo. 

2. Membeli Barang di Akulaku Secara Tunai

Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku

Daya beli di Akulaku ternyata juga bisa mempengaruhi kredit poin. Jadi, jika kamu ingin nilainya bagus, usahakan membeli sesuatu secara cash atau tunai. Beli produk di luar kebutuhan pokok dan harganya tinggi, seperti laptop, HP, atau pakaian. 

3. Melengkapi Data Pekerjaan

 

Cara selanjutnya yaitu dengan melengkapi data pekerjaan. Mengapa ini menjadi metode yang penting? Seperti yang kamu paham, bahwa pekerjaan itu berhubungan dengan penghasilan. Logikanya, kalau pendapatanmu tinggi, maka besar pula kemampuanmu dalam membayar cicilan. 

4. Melengkapi Informasi Diri

Banyak pengguna yang menganggap langkah ini tidak penting. Padahal, data diri menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak Akulaku untuk memberikan skor yang bagus. Pastikan kamu memasukkan data yang lengkap terkait alamat, kontak, dan lainnya. 

5. Menautkan Akun Facebook

Cara Menaikan Kredit Poin Akulaku

Cara menaikan kredit poin Akulaku yang kelima yaitu dengan menautkan akun Facebook. Proses autentikasi ini akan menjadi faktor penting lainnya. Pasalnya, pihak Akulaku dapat menilai keaktifan di sosial media dan asli tidaknya akun tersebut untuk meyakinkan Akulaku. 

6. Menggunakan Fitur Kredit Akulaku Secara Rutin

Jika kamu rutin menggunakan fitur kredit yang ada di Akulaku, ini akan sangat membantu untuk menaikkan kredit poin. Di aplikasi tersebut ada dua fitur kredit, yaitu KTA Asetku dan Dana Cicil. Namun yang paling penting, tetap kamu harus berusaha untuk membayarnya tepat waktu. 

7. Aktif Menggunakan Aplikasi

Berikut ini cara menaikan kredit poin Akulaku yang harus kamu perhatikan. Jika ingin nilainya bagus, usahakan untuk aktif dalam menggunakan aplikasi, contohnya untuk berbelanja. Hal tersebut akan jadi pertimbangan yang bagus bagi pihak Akulaku. 

Seperti itulah cara menaikan kredit poin Akulaku. Melunasi hutang sebelum tenggat menjadi cara paling penting agar skor lebih cepat naik dan mendapatkan kemudahan untuk mengajukan pinjaman selanjutnya. Dengan demikian, pastikan meningkatkan kredit poin dengan gara-gara di atas. 

Related posts