Cara Menonaktifkan Talkback Samsung

 

Cara menonaktifkan talkback Samsung memang perlu kamu ketahui dan lakukan agar tidak muncul suara dan getaran ketika kamu menyentuh layar Hp Samsungmu. Cara ini, kamu dapat lakukan dengan mudah melalui beberapa metode saja.

Sebenarnya, fitur ini sangat berguna bagi orang yang memiliki keterbatasan penglihatan. Sebab dengan menggunakan fitur ini, akan memudahkan mereka ketika mengalahkan secara detail terkait posisi, jenis, hingga cara menggunakan aplikasi ataupun fitur yang ada di smartphone Samsung. Namun, beberapa pengguna merasa terganggu ketika fitur talkback ini aktif.

Jika kamu adalah salah satu pengguna yang ingin menonaktifkan fitur talkback namun tidak tahu bagaimana caranya, maka bisa langsung menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Mengenal Fitur Talkback Samsung

Mungkin beberapa orang masih belum tahu apa yang dimaksud dengan fitur talkback ini. Maka dari itu, sebelum kita masuk ke pembahasan utamanya akan kami kupas sedikit tentang fitur ini. Bagi yang belum tahu, fitur talkback ini merupakan sebuah software dari google yang sangat berfungsi untuk membaca layar pada android. Cara kerja dari fitur ini adalah dengan mengkonversi perintah tulisan menjadi lisan ataupun teks ke audio.

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal artikel kali ini, fitur ini akan sangat bermanfaat bagi penyandang disabilitas penglihatan yang tidak bisa melihat namun tetap bisa mendengar dan ingin bisa mengoperasikan Smartphone. Dengan menggunakan fitur ini, maka para penyandang tunanetra akan dengan mudah bisa mengoperasikan Smartphone Android.

Terkait:  Cara Menghapus Cache di Hp Samsung

Alasan Talkback Samsung Perlu Dinonaktifkan

Seperti yang sudah kamu singgung pada penjelasan sebelumnya, bahwa ketika fitur talkback ini aktif maka ponsel tidak akan dapat kamu operasikan seperti biasanya, yaitu tidak bisa diklik, digeser, ataupun ditekan dengan menggunakan satu jari atau 1 sentuhan saja. Nah, hal inilah yang kerap menjadi alasan mengapa kamu perlu menonaktifkan fitur talkback ini.

Selain itu terdapat beberapa alasan lainnya yang mendasari penonaktifan fitur ini, yaitu ketika fitur talkback tidak berfungsi secara normal, makansecara otomatis kunci layar dengan pola yang kamu buat tidak akan bisa dibuka karena tidak bisa merespon sehingga perangkat Android Samsungmu selalu mengeluarkan suara. Sehingga melalui alasan ini, banyak sekali pengguna yang ingin menonaktifkannya.

Jadi wajar saja jika ada banyak sekali pengguna android yang memilih untuk menonaktifkan atau mematikan fitur talkback ini. Namun dikarenakan dalam keadaan talkback aktif klkarena disengaja atau tidak, mungkin menekan tombol volume maka fitur ini akan secara otomatis aktif.

Hal inilah yang nantinya akan menyebabkan layar handphone tidak bisa kamu operasikan seperti biasa, sehingga sedikit menyulitkan para penggunanya ketika ingin menonaktifkannya. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan talkback ini? Tenang saja, sebab cara menonaktifkannya sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung
Cara Menonaktifkan Talkback Samsung

Sebenarnya, cara menonaktifkan talkback Samsung ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Terdapat tiga metode yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan menu pengaturan yang ada di menu pengaturan dan melalui tombol yang ada di handphone. Ketiga metode ini sangatlah efektif untuk kamu gunakan ketika menonaktifkan fitur talkback. Jika kamu penasaran bagaimana cara melakukannya, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung Lewat Menu Pengaturan

Metode pertama yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan talkback Samsung, adalah dengan menggunakan menu pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  1. Buka Menu Pengaturan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada metode ini, adalah silahkan kamu menyalakan handphone Samsung milikmu. Setelah itu, silahkan kamu masuk ke menu settings atau pengaturan yang ada.

  1. Pilih Opsi Accesibility

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah silahkan kamu menyecroll ke bawah menu pengaturan sehingga kamu menemukan menu accesbility. Kemudian, silahkan kamu menekan opsi ini.

  1. Pilih Menu Vision

Setelah kamu berhasil menemukan menu tersebut, maka langkah berikutnya, kamu akan ditunjukkan dengan beberapa pilihan menu di dalamnya. Pada bagian ini, maka silahkan kamu memilih menu vision.

  1. Pilih Talkback

Langkah selanjutnya, pada halaman visoon ini, kamu harus memilih dan mengkil bagian voice assistant atau talkback

  1. Nonaktifkan Talkback

Kemudian agar kamu bisa menonaktifkan fitur talkback di Samsung ini, maka kamu cukup mengetap tombol slinder ke posisi off di sebelah kanan.

  1. Talkback Berhasil Dinonaktifkan

Setelah kamu menonaktifkan tombol talkback, maka akan segera muncul sebuah pop-up. Lalu kemudian, kamu harus menekan turn off maka talback ini akan berhasil dinonaktifkan.

Terkait:  Cara Cek Samsung A10S

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung Lewat Tombol Fisik

Selain menggunakan metode di atas, tenang saja sebab masih ada metode lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan talkback yang terkunci atau aktif. Langkah-langkah yang kamu lakukannya adalah sangat mudah seperti metode di atas, yaitu kamu bisa menggunakan tombol.

Kamu bisa menggunakan metode pintasan tombol volume untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur talkback ini. Gunakan pintasan tombol ini sama seperti kamu pertama kali mengaktifkan dan menyiapkan perangkat.

Metode ini juga merupakan metode yang efektif dan sederhana. Dengan menggunakan metode ini, makankamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan ataupun reset Hp Samsungmu. Berikut adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah silahkan kamu mencari kedua tombol volume yang ada pada bagian samping Hp Samsung
  • Kemudian, silahkan kamu menekan dan menahan kedua tombol volume (bawah dan atas) secara bersamaan selama 3 detik
  • Untuk dapat mengkonfirmasi bahwa kamu ingin menonaktifkan talkback ini, maka silahkan kamu menekan lagi kedua tombol tersebut selama 3 detik

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung Dengan Menggunakan Asisten Google

Metode terakhir yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan talkback Samsung ini, adalah dengan memanfaatkan fitur Asistan Google yang tentunya sudah ada dan disematkan di semua merk smartphone android. Metode ini adalah metode yang paling simpel dan praktis di bandingkan dengan menggunakan kedua metode sebelumnya.

Mengapa demikian? Sebab kamu cukup masuk ke fitur asistan dan mengatakan oke google. Lalu kemudian, kamu tinggal mengucapakan nonaktifkan talkback, maka talkback akan secara otomatis dinonaktifkan.

Kesimpulan

Akan ada banyak keuntungan jika kamu menonaktifkan fitur talkback, yaitu smartphone Samsungmu akan kembali beroperasi seperti semula. Kamu tidak perlu mengetuk atau menekan dua kali setiap menu ataupun aplikasi yang ingin kamu buka. Namun jika kamu adalah tipe pengguna yang benar-benar membutuhkan fitur talkback ini, maka tidak ada salahnya jika kamu tetap mengaktifkannya

Terkait:  Cara Menonaktifkan Paket Indosat

Pilihlah salah satu dari ketiga metode yang sudah dijelaskan di atas yang menurutmu paling mudah, praktis, dan tidak ribet. Asalkan, kamu sudah benar-benar paham dan melakukannya sesuai dengan panduan serta langkah-langkah di atas.

Demikian, penjelasan cara menonaktifkan talkback Samsung yang dapat kamu lakukan dan praktekkan di rumah secara mandiri. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menambah wawasanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Related posts