Cara Baca Manga

Cara baca manga sudah menjadi sangat mudah saat ini. Selain membaca secara buku fisik, baca manga online juga menjadi pilihan. Bahkan ada berbagai aplikasi yang tersedia untuk semakin memudahkan membaca manga.

Manga memang semakin menjadi favorit. Ada berbagai judul manga populer yang terus dinanti-nantikan update terbarunya. Popularitas manga didukung dengan banyaknya versi terjemahan manga populer dalam bahasa Indonesia. Semakin memudahkan pembaca untuk baca manga populer.

Meski sudah tidak asing, masih banyak yang belum memahami perbedaan antara manga dan komik. Padahal sebelum mencari bagaimana cara baca manga, tentu harus dipahami dulu apa perbedaan keduanya.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai apa itu manga dan perbedaannya dengan komik. Sekaligus juga bagaimana cara baca manga online. Baik itu melalui situs maupun aplikasi.

Perbedaan Manga dan Komik

Secara selintas, manga dan komik memang sepertinya sama. Keduanya merupakan cerita yang disajikan dalam bentuk gambar. Perbedaan terbesar antara manga dan komik terletak pada asal usul, genre, cerita, sampai gaya penggambaran karakter di dalamnya.

Manga dikembangkan di abad ke-19 di Jepang. Umumnya, manga memang dibuat dalam bahasa Jepang. Genre untuk manga mulai dari action, horror, romance fantasy, dan sebagainya.

Penggambaran karakter di manga memiliki ciri khas dan gaya tersendiri. Seringnya karakter di manga digambarkan mirip dengan orang sesungguhnya. Namun memiliki ciri khas seperti mata yang lebih besar serta hidung dan mulut yang kecil.

Cara baca manga juga dari arah kiri ke kanan. Seperti halnya bagaimana cara membaca teks di bahasa Jepang. Bahkan ketika sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sekalipun, manga kerap kali dicetak dengan cara baca kiri ke kanan.

Pengertian komik sendiri berdasarkan Franz & Meier merupakan cerita dengan gerakan dan tindakan dalam bentuk gambar, dengan perpaduan kata-kata berurut yang dibuat khas.

Seperti juga manga, komik hadir dalam berbagai genre berbeda. Hanya saja, komik tidak hanya berasal dan dibuat dalam bahasa Jepang. Ada berbagai komik yang dibuat dari negara-negara lain. Seperti Korea Selatan, Amerika Serikat, Cina, dan sebagainya. Komik dari negara-negara tersebut tidak bisa disebut dengan manga.

Jadi kesimpulannya, manga adalah komik. Namun komik belum tentu sebuah manga.

Cara Baca Manga

Cara Baca Manga
Cara Baca Manga Online di 10 Situs dan Aplikasi Gratis

Setelah memahami perbedaan antara komik dan manga di atas. Berikutnya di bawah ini merupakan bagaimana cara baca manga online. Baik itu melalui situs website maupun aplikasi.

Situs Baca Manga Online

1. Mangashiro

Situs baca manga online satu ini sudah cukup dikenal. Salah satunya karena koleksi manga yang dimiliki.

Mangashiro memiliki ribuan judul manga populer. Di situs ini terdapat berbagai genre manga berbeda. Bahkan bisa dikatakan koleksi manga di Mangashiro juga lebih banyak dibandingkan situs lain. Secara judul maupun genre.

Selain itu koleksi manga yang dimiliki situs mereka juga up to date. Pembaca tidak perlu takut ketinggalan chapter terbaru dari manga favorite mereka.

Keunggulan lain, untuk baca manga online di Mangashiro tidak perlu mendaftar lebih dulu. Tidak ada biaya berlangganan yang dibebankan situs ini kepada pembacanya.

2. KlikManga

Satu lagi situs baca manga online yang memiliki koleksi lengkap dan gratis. Hanya saja bila dibandingkan dengan Mangashiro, KlikManga tidak cukup rutin memperbaharui koleksi maupun update manga yang ada.

Di situs ini juga ada banyak iklan yang cukup mengganggu ketika membaca.

3. Kissmanga

Kissmanga tidak hanya menjadi situs untuk baca manga online. Di situs ini juga bisa menonton berbagai judul anime. Terutama judul-judul anime populer.

Koleksi manga yang lengkap, ter-update dan baru menjadi keunggulan lain dari Kissmanga. Walau sayangnya manga di situs ini diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Bukannya bahasa Indonesia. Ini bisa menjadi latihan cara baca bahasa Inggris agar lebih cepat menjadi lancar.

4. MangaID

Situs satu ini bisa dikatakan favorit untuk membaca manga sekaligus juga menonton anime. Tidak hanya menjadi favorit, MangaID juga salah satu situs paling populer.

MangaID memiliki koleksi judul manga yang lengkap, dari berbagai genre berbeda. Situs ini juga memberikan update terbaru hampir setiap hari. Baik itu untuk chapter maupun judul-judul manga baru. Pembaca dipastikan tidak akan bosan saat mengunjungi situs MangaID.

Di situs ini, manga yang ada sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Bahkan subtitle anime juga dalam bahasa Indonesia. Pengunjung situs bisa membaca sekaligus mengunduh manga maupun anime.

5. Komikid

Situs Komikid juga tidak kalah populer dengan lainnya. Menariknya selain manga, di situs ini juga ada berbagai judul komik dari Korea, Cina, dan sebagainya. Pembaca jadi memiliki berbagai pilihan komik dan manga berbeda untuk dibaca.

Manga yang ada di situs ini dihadirkan setiap halaman. Sehingga memudahkan untuk pembaca.

Aplikasi Baca Manga Online

1. MangaToon

Bila mencari aplikasi baca manga online, MangaToon wajib diunduh. Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah dibaca. Serta genre manga yang cukup lengkap. Ada juga sederet judul webtoon berbeda yang bisa dinikmati.

2. Crunchyroll Manga

Situs baca manga online Crunchyroll tentu tidak asing lagi. Saat ini situs ini menyediakan alternatif lain untuk cara baca manga yang semakin mudah. Melalui aplikasi.

Sayangnya aplikasi Crunchyroll Manga tidak gratis. Meski pembaca bisa menikmati free trial selama satu bulan lebih dulu.

3. Manga Geek

Demi pengalaman baca manga online yang lebih menarik, tampilan halaman harus jadi pertimbangan utama. Untungnya Manga Geek memiliki tampilan UI yang mudah dioperasikan dan cukup ramah untuk mata pembaca.

Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis. Koleksi manga yang ada di Manga Geek terbilang lengkap. Terjemahan yang diberikan bukan hanya di bahasa Indonesia saja. Melainkan juga dalam bahasa Inggris dan lainnya.

4. MANGA Plus by SHUEISHA

MANGA Plus by SHUEISHA menjadi aplikasi baca manga online yang bisa diakses dengan mudah dan gratis. Koleksi manga yang ada di situs ini terbilang lengkap. Serta ada update judul dan chapter baru setiap minggu. Jadi jangan khawatir akan kekurangan judul manga untuk dibaca.

Manga di aplikasi ini sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa berbeda. Pembaca bisa memilih terjemahan dalam bahasa Inggris, Indonesia, bahkan juga Spanyol dan Jepang. Bila mencari untuk baca manga online seperti Naruto, Dragon Ball, One Piece, dan lainnya, aplikasi MANGA Plus by SHUEISHA bisa jadi pilihan tepat.

5. WeComics

Aplikasi baca manga online ini tidak hanya memiliki koleksi yang lengkap dan terupdate. Melainkan juga memudahkan pembaca untuk mengunduh manga yang ada. Tidak perlu khawatir tidak bisa membaca berbagai judul manga yang ada bila tidak memiliki koneksi internet.

Sederet situs dan aplikasi di atas menjadi berbagai cara baca manga. Saat ini untuk baca manga online, baik itu untuk judul populer maupun yang terbaru, sudah semakin mudah. Tidak hanya pilihan situs dan aplikasi baca manga online yang beragam. Koleksi manga yang lengkap jadi keuntungan lain. Selain juga pilihan terjemahan berbeda untuk judul manga yang ada.

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while